Project Manager: Pengertian, Skill, Job Desc, Rentang Gaji

project manager adalah

PM adalah singkatan dari project manager. Sedangkan definisi project manager adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola, merencanakan, melaksanakan, mengawasi, dan menyelesaikan proyek dengan memastikan bahwa semua sumber daya proyek seperti waktu, anggaran, dan tenaga kerja digunakan secara efektif dan efisien.

Project manager harus memastikan bahwa proyek tersebut dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi, jadwal, dan anggaran yang telah ditetapkan serta menjaga komunikasi yang baik dengan stakeholder proyek.

Selain itu, project manager juga harus memimpin tim proyek dan mengambil keputusan penting dalam proyek, serta memastikan bahwa proyek tersebut dapat diimplementasikan dengan sukses.

Pengertian Project Manager

Project manager adalah orang yang memiliki peran penting dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, kepemimpinan dan juga pengambilan keputusan suatu proyek. Jadi, tanggung jawabnya mulai dari awal hingga akhir proyek.

Posisi ini pastinya akan bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan proyek. Jika proyek berhasil dilaksanakan, perusahaan akan menerima keuntungan. Sebaliknya, jika proyek gagal, terjadi kerugian. Nah, peran project manager adalah menerima dan juga mengantisipasinya.

Macam-Macam Project Manager Berdasarkan Industri

Meskipun tugas inti atau tanggung jawab seorang project manager sebagian besar sama, namun perannya mencakup banyak industri yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa industri yang sering membutuhkan project manager untuk mencapai tujuannya:

1. Konstruksi

Project manager konstruksi mengelola tim dan sumber daya untuk mengawasi proses konstruksi struktur seperti pembangunan rumah, jalan, gedung perkantoran, taman, dan sebagainya. Project manager di bidang ini biasanya bekerja sama dengan arsitek dan engineer.

2. Teknologi Informasi

Project manager TI (Teknologi Informasi) bekerja sebagai tim untuk memecahkan masalah terkait TI di perusahaan. Beberapa hal yang dilakukan seperti menginstal software baru, meng-update jaringan, dan lain-lain.

3. Marketing

Seorang project manager marketing dapat bekerja di berbagai bidang, mulai dari teknologi, periklanan, atau di sejumlah perusahaan lain yang bertujuan untuk memasarkan barang atau jasa. Tugas project manager marketing adalah melakukan kampanye pemasaran, meluncurkan produk baru, dan lain-lain.

4. Kesehatan

Project manager kesehatan mengelola tugas di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Dalam hal ini, peran project manager adalah mengawasi proyek perawatan kesehatan dari awal hingga akhir, serta melacak dan mengkomunikasikan kemajuan kepada pemangku kepentingan selama proses berlangsung.

5. Pengembangan Perangkat Lunak

Project manager ini bertanggung jawab atas software baru dan melakukan pembaruan software. Posisi ini menggabungkan pengalaman teknis dan manajemen dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi untuk perusahaan.

Baca juga : Perbedaan Manajer dan Leader serta Persamaan yang Belum Diketahui

Skill Project Manager

Syarat menjadi project manager salah satunya adalah memiliki hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dalam pengerjaan proyek, berikut masing-masing penjelasannya:

Hard Skill yang Dibutuhkan Project Manager

1. Planning and Forecasting Skill

Seorang project manager adalah profesi yang membutuhkan keterampilan perencanaan berskala besar dan membuat estimasi jadwal dan sumber daya yang dibutuhkan. Project manager perlu menggunakan berbagai informasi untuk membuat perkiraan dan prediksi. Melalui perencanaan dan evaluasi yang tepat,  project manager dapat memastikan proyek yang sedang berjalan aman dari keterlambatan dan terhindar dari kekurangan anggaran.

2. Writing and Reading Skill

Keterampilan ini penting untuk dimiliki karena project manager harus dapat membaca dan menginterpretasikan berbagai dokumen teknis dan mengubahnya menjadi dokumen yang lebih pendek (ringkas) sehingga semua peserta proyek dapat dengan mudah memahaminya.

3. Cost and Budgeting Skill

Salah satu keterampilan penting dari seorang project manager adalah kemampuan untuk memastikan  anggaran proyek tetap realistis dan mampu menutupi berbagai kebutuhan keuangan proyek hingga akhir penutupan proyek. Manajemen biaya yang tepat memungkinkan untuk menghindari munculnya berbagai kendala yang  menghambat  proyek.

4. Scheduling Skill

Keterampilan penting berikutnya adalah perencanaan proyek. Project manager harus mengalokasikan sumber daya manusia yang tersedia antara peran, tugas, dan tanggung jawab agar mereka tepat waktu untuk menyelesaikan proyek. 

5. Risk Management Skill

Risiko proyek tidak dapat dihindari, betapapun sederhananya proyek tersebut. Mungkin proyek yang sudah selesai terlihat mudah, tetapi kamu juga tidak tahu bahwa mungkin ada masalah besar di masa depan. Dalam hal ini, tugas project manager adalah mengurangi potensi risiko dan membuat rencana yang efektif jika terjadi kendala selama proyek berlangsung.

Soft Skill yang Dibutuhkan Project Manager

1. Komunikasi

Sejalan dengan keterampilan manajemen, komunikasi juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan proyek, di mana kamu juga harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan kelompok kepentingan terkait proyek dan menengahi konflik.

2. Kepemimpinan

Kepemimpinan atau leadership adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki  setiap project manager. Dengan  sikap manajemen yang baik,  anggota tim akan termotivasi sehingga proyek dapat berjalan dengan baik.

3. Berpikir Kritis

Bekerja sebagai project manager membutuhkan kemampuan untuk membuat keputusan yang benar dan cepat dalam situasi terbatas. Oleh karena itu, berpikir kritis diperlukan untuk menghasilkan ide-ide kreatif agar dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat.

4. Kemampuan Berorganisasi

Profesi seorang project manager adalah pekerjaan yang cukup sulit, dan tentunya tantangan tersebut tidak dapat kamu atasi sendirian. Di sini, project manager dapat mendorong tim untuk bekerja sama dan  berkoordinasi dengan baik satu sama lain.

5. Mengatur Waktu

Waktu  sangat penting untuk keberhasilan  proyek. Setiap waktu kerja dari semua kegiatan proyek dikendalikan oleh project manager. Agar Manajemen Waktu dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin, project manager menentukan tugas mana yang dapat dikerjakan secara tim dan  mana yang dapat dikerjakan secara individu. Dengan adanya pembagian kerja ini maka efisiensi kerja team lebih efisien dan waktu dapat digunakan lebih efisien.

Belajar Berbagai Skill Baru bareng Expert di Upskill Sekarang

Tanggung Jawab dan Tugas Project Manager

Seorang project manager memiliki prinsip-prinsip manajemen proyek, yang mencakup sejumlah tanggung jawab utama seperti perencanaan proyek, organisasi, pengawasan, dan lainnya. Selain itu, project manager bertanggung jawab penuh dan mengesahkan pelaksanaan semua proyek yang dipesan oleh perusahaan.

Adapun beberapa job description project manager adalah:

  • Membuat proyek dimulai dengan pemeriksaan kelayakan, penganggaran, tim sukses, dan manajemen sumber daya.
  • Melaksanakan berbagai rencana yang menentukan tujuan utama dari proyek yang akan dilaksanakan.
  • Rencanakan tugas sesuai dengan tujuan yang diperlukan
  • Memastikan proyek berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan klien.
  • Identifikasi dan kelola risiko untuk memastikan proyek berjalan tepat waktu.
  • Secara teratur melaporkan proyek yang telah selesai kepada manajemen perusahaan dan klien.

Kualifikasi Project Manager

Beberapa kualifikasi yang setidaknya perlu dimasukkan dalam CV project manager adalah sebagai berikut: 

1. Pendidikan

Dalam hal pendidikan, sebenarnya tidak ada jurusan khusus yang harus kamu tempuh untuk menjadi project manager. Kualifikasi pendidikan juga tergantung pada bidang atau industri perusahaan yang kamu lamar.

Misalnya, jika kamu melamar ke perusahaan konstruksi, ada kemungkinan perusahaan tersebut mencari kandidat dengan gelar sarjana teknik sipil. Namun, perusahaan biasanya mencari gelar sarjana atau magister untuk mengisi posisi ini.

2. Sertifikasi

Sertifikasi adalah salah satu cara memperoleh sertifikat profesional yang nantinya dapat memberikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kualifikasi seorang project manager. Beberapa sertifikasi manajemen proyek terkenal meliputi:

  • Profesional Manajemen Proyek (PMP).
  • Kesiapan Manajemen Proyek (PMR).

3. Pengalaman Kerja

Ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mendapatkan pengalaman kerja yang signifikan di bidang manajemen proyek, seperti: 

  • Berpartisipasi dalam program sukarela baik di dalam maupun di luar lingkungan kerja atau universitas. 
  • Mencari peluang magang, paruh waktu atau berbasis proyek. 
  • Melamar posisi entry level. 
  • Seiring bertambahnya pengalaman kerja, semakin banyak peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi sebagai project manager.

Prospek Kerja Project Manager

Hampir setiap bisnis pasti memiliki proyek. Dengan kata lain, hampir semua perusahaan dapat menggunakan keahlian seorang project manager. Pasalnya,  pemberi kerja atau bisnis akan membutuhkan sekitar 2,2 juta manajemen proyek atau peran terkait manajemen proyek setiap tahun pada tahun 2027.

Pertumbuhan manajemen proyek yang paling besar diprediksi ada pada bidang atau industri perawatan kesehatan, manufaktur dan konstruksi, layanan informasi, keuangan dan asuransi, serta layanan manajemen.

Gaji Project Manager

Setelah mengetahui apa itu project manager dan tugas apa yang dilakukan. Sobat Cakap mungkin juga bertanya-tanya berapa gaji seorang project manager? Kisaran gaji project manager adalah Rp 8 juta per bulan.  Sementara itu, gaji potensial project manager pemula adalah Rp 4-5 juta per bulan. Namun, jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman, pasti bisa naik di atas 8 juta per bulan.

Itulah penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang project manager. Seperti yang sudah kita bahas, posisi ini memang membutuhkan berbagai skill, terutama dalam kepemimpinan. Itulah mengapa, kemampuan leadership seorang manajer harus selalu ditingkatkan.

Memiliki jiwa leadership yang baik akan membuat kerja sama tim semakin solid. Nah, jika ingin meningkatkan kemampuan dalam memimpin dan memahami lebih dalam mengenai peran pemimpin, ikuti saja kursus online bersertifikat mengenai konsep kepemimpinan efektif di Cakap Upskill. Gabung sekarang juga yuk! #SiapaCakapDiaDapat!

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.