Perbedaan Manajer dan Leader serta Persamaan yang Belum Diketahui

persamaan-manajer-dan-leader

Manajer dan leader adalah dua posisi yang cukup penting dalam sebuah tim dan perusahaan. Banyak masyarakat yang memiliki anggapan keliru tentang jabatan manajer dan leader. Meskipun keduanya sama-sama menjabat sebagai seorang atasan, namun ada perbedaan yang cukup banyak dan sangat jelas lho  antara manajer dan leader. Kira-kira, apa saja sih perbedaan manajer dan leader?

Di artikel ini akan dibahas tuntas mengenai perbedaan manajer dan leader. Tidak hanya itu, kalian juga akan diberikan gambaran lengkap tentang persamaan manajer dan leader. Let’s check this out!

Table of Contents

Apa Itu Manajer?

Sebelum mencari tahu lebih dalam perbedaan manajer dan leader, baiknya kalian mengetahui dulu apa pengertian dari manajer. 

Manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberi arahan, mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk dapat mencapai sasaran. So, singkatnya seorang manajer bekerja mengawasi sebuah tim.

Manajer termasuk ke dalam struktur manajemen menengah dalam organisasi/perusahaan. Bisa dibilang posisi manajer itu di antara top management dan low-level management.

Apa Itu Leader?

Leader atau pemimpin adalah orang yang memimpin anggota tim untuk dapat bekerja dengan efektif dan mampu mencapai tujuan. Untuk itu, seorang leader juga harus mampu untuk menciptakan lingkaran pengaruh dan menginspirasi timnya untuk dapat bekerja sama dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Leader mengacu pada orang yang memimpin orang lain dalam situasi dan keadaan tertentu. Kemampuan pemimpin untuk menciptakan pengaruh terhadap karyawannya menjadi salah satu alasan mengapa seorang pemimpin dapat menjalankan kekuasaan atas karyawannya.

Perbedaan Manajer dan Leader

Perbedaan antara manajer dan leader bisa dilihat dari beberapa aspek, tentunya yang paling menonjol adalah peran dan job desc yang diemban. Berikut ini beberapa perbedaan manajer dan leader yang perlu kalian tahu!

(1) Fungsi

Jika dilihat dari fungsinya, ada perbedaan mendasar di antara manajer dan leader. Manajer memiliki empat fungsi utama, yaitu:

  • Fungsi instruktif (sebagai komunikator)
  • Konsultatif (sebagai penasehat)
  • Partisipasi (ikut serta dan berpartisipasi)
  • Pengendalian (mengontrol anggota tim)

Sedangkan fungsi untuk manajer sendiri ada tiga, yaitu:

  • Perencanaan (menentukan tujuan atas program yang dijalankan, menyusun rencana, dll)
  • Pengorganisasian (menyusun struktur dalam organisasi)
  • Pelaksanaan (melaksanakan program yang sudah disusun dan turut memberikan pengawasan)

(2) Tugas dan Tanggung Jawab

Dari segi tanggung jawab, leader mengambil tugas untuk memimpin para anggotanya agar bekerja sesuai dengan job desc yang diberikan. Mendorong seluruh tim untuk bekerja sama dan memberikan dukungan pada mereka. 

Untuk manajer sendiri, tugas mereka lebih pada arah perumusan struktur organisasi dan menentukan siapa anggota tim yang akan mengerjakan tugas. Manajer juga bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan/informasi dari atasan atau tim lainnya kepada bawahan. Serta tentunya, manajer menjadi tonggak pengatur alur dan beban kerja anggotanya.

(3) Gaya Kepemimpinan

Leader memberikan gambaran tentang bagaimana cara mengubah visi menjadi kenyataan melalui sebuah proses. Leder berpikir melampaui apa yang dilakukan oleh individu. Inilah yang menjadi ciri gaya kepemimpinan seorang leader, yaitu bersifat transformasional. 

Lalu, kalau manajer gaya kepemimpinannya seperti apa ya? Gaya kepemimpinan manajer bersifat transaksional. Manajer berfokus pada goals dan pencapaian tujuan. Mereka mengandalkan situasi apa pun untuk dapat mencapai dan melampaui goals yang dibuat. 

(4) Orientasi dan Tujuan

Berbicara tentang orientasi dan tujuan, mengerucut pada tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Nah, antara manajer dan leader memiliki orientasi dan tujuan yang berbeda.

Manajer memiliki tujuan jangka pendek, yang artinya berfokus pada tujuan dan hal yang bisa diraih dalam waktu singkat. Sedangkan leader memiliki tujuan jangka panjang. Mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan dalam durasi waktu jangka panjang ke depannya agar perusahaan mendapatkan goals dan tetap bisa maju.

(5) Risiko yang Dihadapi

Perbedaan manajer dan leader selanjutnya bisa dilihat dari risiko yang dihadapi. Seorang leader harus siap dan bersedia untuk mengambil risiko dalam mencoba hal-hal baru yang bahkan memiliki kemungkinan untuk gagal total. Mereka berpegang teguh bahwa mengambil risiko juga merupakan sebuah peluang menuju kesuksesan.

Nah kalau manajer, mereka bekerja untuk meminimalkan risiko yang mungkin ada dan terjadi. Manajer harus berusaha menghindari dan mengendalikan masalah.

(6) Leader Coach, Manager Direct

Para leader mengetahui dengan pasti bahwa karyawan yang bekerja untuknya memiliki kompetensi yang tinggi. Para leader optimis bahwa karyawannya mampu mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga, tidak perlu lagi memberitahu pada karyawan apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukanya.

Berbeda dengan leader, manajer adalah seorang direct yang memberikan tugas dan panduan bagaimana sih cara melakukan dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut.

Tingkatkan Kualitas Karyawan dengan Pelatihan Leadership di Cakap​

Persamaan Manajer dan Leader

Di samping memiliki perbedaan, manajer dan leader juga memiliki beberapa persamaan dalam berbagai titik temu. Berikut ini persamaan manajer dan leader yang mesti kalian tahu!

(1) Melakukan Kontrol dan Pengawasan

Baik manajer maupun leader, keduanya sama-sama melakukan kontrol dan pengawasan terhadap anggota timnya. Setelah memberikan perintah berupa tugas dan kerjaan, manajer dan leader harus terus memberikan pengawasan dan arahan yang sesuai dan tepat kepada bawahannya.

(2) Mengadakan Evaluasi

Memberikan evaluasi atau penilaian terhadap kinerja anggotanya merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh manajer dan leader secara rutin. Setelah karyawannya menyelesaikan tugas yang diberikan, manajer dan leader melakukan evaluasi apakah yang dikerjakan sudah sesuai. Di dalam proses evaluasi ini juga nantinya akan ditemukan apa saja yang harus ditingkatkan dan dibutuhkan dan agar kinerja ke depannya lebih baik.

(3) Mencapai Visi Misi Perusahaan

Persamaan manajer dan leader selanjutnya adalah untuk mencapai visi misi perusahaan. Meskipun manajer dan leader memiliki tujuan yang berbeda dalam hal jangka pendek dan jangka panjang, namun keduanya sama-sama memiliki visi dan misi yang sama untuk mencapai goals-goals dan kepentingan perusahaan.

Mereka sama-sama mengarahkan para anggotanya untuk tetap fokus dan berada di jalur pekerjaan yang tepat untuk mencapai visi misi perusahaan.

(4) Memiliki Skill Kepemimpinan

Sebagai salah satu atasan atau pemimpin dalam sebuah tim, tentu manajer dan leader harus memiliki skill kepemimpinan atau leadership yang baik. Hal ini sangat dibutuhkan terutama untuk mengatur sebuah tim yang solid.

Manajer dan leader harus bisa menimbulkan rasa segan dan hormat dari anggota timnya. Hal tersebut tentu bertujuan agar mereka lebih mudah untuk mengatur anggota timnya.

Itu dia Sobat Cakap perbedaan manajer dan leader yang dilengkapi juga dengan persamaan di antara keduanya. Buat kalian yang baru pertama kali berpengalaman sebagai manajer dan leader, yuk coba ikutan pelatihan kepemimpinan bagi manager baru! Ada banyak ilmu dan hal seru yang bisa kalian pelajari di sana!

Referensi:
-forbes.com
-emeritus.org
-ruangpns.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.