Perbedaan Mrs dan Ms serta Cara Menggunakannya

perbedan mrs dan ms

Ketika kamu belajar bahasa Inggris, pasti kamu familiar dengan Mr, Ms, dan Mrs. Ketiga kata itu adalah honorifik atau ungkapan penghormatan untuk menyapa seseorang dalam Bahasa Inggris. Meskipun begitu, masih banyak yang salah ketika menggunakan ketiga ungkapan itu.

Kesalahan yang paling sering ditemui adalah tidak mengetahui perbedaan Mrs dan Ms. Padahal, kedua ungkapan itu jelas berbeda. Bahkan lawan bicara bisa baper kalau kamu salah sebut. Oleh karena itu, berikut perbedaan Mrs dan Ms serta cara menggunakannya!

Perbedaan Mrs dan Ms

Mrs

Mrs adalah singkatan dari Mistress yang artinya Nyonya dalam bahasa Inggris. Panggilan ini digunakan untuk menyapa wanita yang telah menikah. Namun terkadang, Mrs atau Mistress digunakan pula untuk menyapa wanita yang sudah berumur tapi belum menikah.

Jika atasan kamu memperkenalkan istrinya, maka kamu menyapanya menggunakan Mrs. Contohnya seperti ini:

Ollie Kendal: Let me introduce you to my wife. This is Lizzie.
Josh Carrot:  Hello, Mrs. Kendal. Nice to meet you!

Kamu juga bisa langsung menyapa namanya tanpa menggunakan Mrs jika umur kamu dengan istri sebaya atau lebih tua. Namun, lebih baik kamu gunakan Mrs agar terkesan sopan pada pertemuan pertama.

Ms

Ms adalah singkatan dari Miss yang artinya Nona dalam bahasa Inggris yang bersifat formal. Panggilan ini digunakan untuk menyapa perempuan yang kamu tidak ketahui statusnya, apakah sudah menikah atau belum. Daripada membuatnya baper, mending kamu pakai sebutan ini.

Selain itu, panggilan ini juga sering dipakai di lingkungan kerja. Contohnya seperti mengirim email lamaran kerja, kamu bisa pakai Ms untuk menyapa HRD yang menerima surat lamaran kerjamu. Berikut contohnya:

Ms. Lizzie Kendal
Standard Chartered
404 Bronx St
London, UK

Miss

Miss adalah bentuk sapaan pada seorang perempuan yang biasanya tidak diikuti nama di belakangnya. Misal kamu pergi ke restoran, kamu bisa memanggil pelayan perempuan dengan sebutan Miss.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan Miss:

  • Excuse me, Miss. Where is the toilet?
  • Miss, is this seat taken?
  • Thank you for the meal, Miss

Nah, pasti sekarang kamu udah paham perbedaan Mrs dan Ms. Lalu, kalau Mr bagaimana? Penggunaan Mr lebih simple dibandingkan ketiga honorifik di atas. Kamu bisa menggunakan Mr baik untuk laki-laki yang sudah menikah maupun belum.

Kesalahan dalam berbahasa Inggris biasanya disebabkan karena jarangnya latihan. Oleh karena itu, kamu harus sering-sering berlatih supaya engga salah lagi. Kamu bisa daftar grup bahasa Inggris buat latihan bareng teman baru. Ayo #MakinCakap berbahasa Inggris!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google