Apa Perbedaan Home dan House? Cek Penggunaan & Contoh Kalimatnya

perbedaan-house-dan-home

Home sweet home” atau “House sweet house”? Menurutmu, mana yang paling tepat digunakan? Hem, berbicara tentang home dan house, kedua kosakata ini seringkali dianggap dapat digunakan dalam situasi yang sama. Padahal di antara keduanya terdapat sebuah perbedaan penggunaan yang cukup jelas. Lantas, apa sih perbedaan house dan home?

Tenang, di artikel ini akan dijelaskan secara tuntas tentang perbedaan house dan home. So, stay tuned and check this article out!

Table of Contents

Penggunaan Kata House

House adalah kosakata bahasa Inggris yang berarti “rumah” dalam arti fisik sesungguhnya atau konkret. Dalam hal ini, kata house digunakan untuk berbicara tentang bangunan yang dibuat untuk orang atau keluarga. Kata rumah di sini, meliputi struktur bangunan, besar, kecil, terbuat dari kayu, dan berbagai macam bentuk fisik lainnya yang dapat disebutkan.

Karena kata house hanya mengacu pada wujud konkret bangunan, maka penggunaanya jauh dari makna emosional. Hanya menggambarkan bangunan, baik yang ditinggali maupun yang tidak ditinggali.

Contoh penggunaan kata house:

  • Joglo is very popular traditional house in the Centre of Java.
    (Joglo adalah rumah adat yang sangat terkenal di daerah Jawa Tengah).
  • I have a new house at Bali
    (Saya punya rumah baru di Bali).


Penggunaan Kata Home

Sementara itu, kata home juga berarti “rumah”. Namun, home merujuk pada bangunan atau lokasi mana pun yang dianggap seseorang sebagai tempat tinggalnya dan miliknya. “Home” tidak hanya dapat berupa rumah atau apartemen yang berupa bangunan beton/kayu, tapi merupakan tempat bagi keluarga yang dipenuhi dengan cinta, ikatan, kasih sayang, dan saling menjaga satu sama lain dalam satu “rumah”.

Home merupakan kata yang memiliki ikatan emosional, di mana ketika orang menggunakan kata tersebut, mereka menganggap bahwa “home” adalah tempat pulang yang layak, yang membuat mereka merasa nyaman.

Kata “home” juga dapat merujuk pada hal yang abstrak. Contohnya, ketika ada seseorang yang mengatakan “Let’s go home”, orang tersebut tidak mengacu pada “home” secara fisik yang berupa tempat tinggal saja, tapi bisa juga merujuk pada tempat spesial di mana kamu merasa bahagia di sana.

Contoh penggunaan kata home:

  • That song reminds me of my home.
    (Lagu itu mengingatkanku pada rumahku).
  • It feels like I just came back home.
    (Rasanya seperti aku baru saja kembali ke rumah).

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Perbedaan House dan Home

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa ada tiga perbedaan dasar dalam penggunaan house dan home. Berikut ulasannya:

(1) Dictionary Meaning

Dictionary meaning atau arti dalam kamus bahasa Inggris menjadi salah satu perbedaan utama di antara house dan home. House is “a boulding for human habitation.” (sebuah bangunan untuk tempat tinggal manusia). Whereas a home is “the place where one lives, especially as a member of family or household.” (tempat di mana seseorang tinggal, sebagai anggota keluarga atau rumah tangga).

(2) Konteks

Ketika kamu merujuk suatu tempat sebagai “house”, berarti kamu berbicara tentang konteks sebuah bangunan dan strukturnya. Akan tetapi, saat kamu menyebut suatu tempat sebagai “home”, berarti kamu sedang berbicara tentang di mana kamu dan keluargamu tinggal.

(3) Emotional Gaps

Jika dilihat dari artinya secara faktual, perbedaan house dan home sangatlah sederhana. Namun, secara filosofis ada perbedaan yang sangat besar di antara kedua kata tersebut. “House” bisa memiliki berbagai bentuk dan ukuran, tapi “home” bisa dibilang merupakan perasaan yang kamu dapatkan ketika kamu tinggal di dalamnya. Makanya ada istilah “Makes your house a home”.

Pelajari juga perbedaan have, has, dan, had di sini: Perbedaan Have, Has, & Had Lengkap dengan Contohnya

Contoh Kalimat dari Kata House dan Home

Biar makin jelas dan makin paham tentang perbedaan house dan home, yuk simak contoh kalimat berikut ini!

  • My house is the blue one on Sudirman Street.
    (Rumah saya yang berwarna biru di Jalan Sudirman).
  • Bian wants to buy a house next month.
    (Bian ingin membeli rumah bulan depan).
  • We have a happy home.
    (Kami memiliki rumah yang bahagia).
  • Deren welcomed my friends into his home with open arms.
    (Deren menyambut teman-temanku di rumahnya dengan tangan terbuka).
  • Home is where there is love and warmth.
    (Rumah adalah di mana ada cinta dan kehangatan).


Berdasarkan penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu dong ya perbedaan house dan home serta bagaimana penggunaannya yang tepat? Eits, tapi jangan puas sampai di situ saja, yuk gali lebih dalam materi bahasa Inggris lainnya dengan mengikuti
kursus bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-britannica.com
-psgorup.in
-dictionary.cambridge.org

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat