Apa Itu Surname? Ini Arti, Jenis, Contoh, dan Cara Menulisnya

surname adalah
Image by azerbaijan_stockers on Freepik

Surname adalah istilah bahasa Inggris yang sering kita temukan di dalam formulir atau isian untuk nama. Dalam isian seperti ini biasanya akan ada name, surname, dan juga middle name yang tidak jarang membuat bingung. Lantas apa sih beda surname dan name? Cari tahu jawaban dan penjelasannya dalam artikel berikut ini, yuk! 

Table of Contents

Apa Itu Surname

Surname adalah bagian dari nama seseorang yang dimiliki bersama dengan anggota keluarga lainnya. Penulisan nama dengan menggunakan surname berlaku di banyak negara di dunia, terutama di negara berbahasa Inggris. 

Istilah lain untuk surname adalah family name karena berhubungan dengan keturunan atau keluarga seseorang. Sebutan lainnya untuk surname adalah last name karena umumnya ditulis setelah given name atau nama yang diberikan. 

Dalam bahasa Indonesia, surname artinya “nama belakang”, meskipun kita tidak menganut konsep surname sebagai nama keluarga atau identitas keturunan. Sebagian besar dari kita memiliki nama belakang yang juga bagian dari nama yang diberikan oleh orang tua, bukan nama keluarga. 

Jenis-jenis Surname 

Pemberian dan penggunaan surname adalah hal yang penting bagi banyak negara dan kebudayaan di dunia karena menjadi indikasi keluarga atau asal-usul seseorang. Sementara itu, ada beberapa jenis surname berdasarkan asal-usulnya, yaitu: 

  1. Surname asli atau nama keluarga yang diwariskan dari generasi ke generasi.
  2. Nama tempat atau geografis seperti Williams (dari wilayah William)
  3. Profesi atau pekerjaan seperti Smith (pengrajin besi)
  4. Peristiwa sejarah atau mitos seperti Armstrong (kekuatan)
  5. Agama atau kepercayaan seperti Patel (pemimpin keagamaan dari Hindu)
  6. Ras atau etnis seperti Kim (marga Korea)
  7. Nama orang yang dihormati seperti Johnson (anak dari John)
  8. Nama binatang atau tumbuhan seperti Bear (beruang).

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Contoh Surname yang Umum Digunakan

Popularitas surname berbeda di setiap negara. Berikut adalah daftar surname terpopuler dari beberapa negara dunia:

  • Amerika Serikat: Smith, Johnson, dan Williams
  • Inggris: Smith, Jones, dan Taylor
  • Brazilia: Silva, Santos, dan Oliveira
  • Italia: Rossi, Ferrari, dan Esposito
  • Spanyol: Garcia, Fernandez, dan Lopez
  • Rusia: Ivanov, Smirnov, dan Kovalev
  • Tiongkok: Wang, Li, dan Zhang
  • Korea: Kim, Lee, dan Park
  • Jepang: Sato, Takahashi, dan Suzuki
  • India: Devi, Sharma, dan Patel.
beda surname dengan name
Photo by Karolina Grabowska

Penulisan Name, Middle Name, dan Surname

Secara umum, penulisan surname adalah di belakang atau setelah nama seseorang. Oleh karena itulah surname juga disebut sebagai last name atau nama belakang. Meski demikian, ada pula beberapa negara di dunia yang menuliskan surname atau family name mereka di depan, seperti pada negara-negara di Asia Timur. 

Penulisan surname secara umum (di belakang)

First/Given/Forename
(Nama depan)
Middle name 
(Nama tengah)
Last/Family/Surname
(Nama belakang)

Contoh: James Gordon Brown atau Taylor Alison Swift 

Penulisan surname lainnya (di depan)

Last/Family/Surname
(Nama belakang)
Middle name
(Nama tengah)
First/Given/Forename
(Nama depan)

Contoh: 高橋 みなみ (Takahashi Minami)

Sebagai catatan, middle name umum digunakan di negara berbahasa Inggris, meskipun biasanya seseorang hanya menggunakan nama depan dan nama belakangnya. Misalnya, Taylor Alison Swift yang lebih kita kenal sebagai Taylor Swift. 

Namun, ada banyak negara di dunia di mana nama tengah atau middle name tidak umum penggunaannya. Misalnya nama-nama di Jepang dan Korea yang umumnya hanya terdiri dari nama dan nama keluarga. 

Sementara itu, orang Indonesia umumnya memiliki bagian nama depan, tengah, dan belakang yang semuanya adalah nama pemberian. Meski demikian, ada juga beberapa kebudayaan tertentu yang menyisipkan marga atau suku mereka pada nama misalnya pada suku Batak. 

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Cara Mengisi Kolom Nama Bahasa Inggris

Jadi, kalau ada kolom nama dalam bahasa Inggris, surname diisi apa dong untuk orang Indonesia? Bagi kamu yang masih bingung dengan penjelasan di atas, berikut cara mengisi kolom nama untuk masing-masingnya:

  • Name/First Name/Given Name/Forename: Diisi dengan nama depan atau nama yang diberikan kepada seseorang. Misalnya “Cacha Aulia Kurniawan”, maka “Cacha” adalah given name.  
  • Middle Name: Diisi dengan nama tengah, kalau ada. Pada “Cacha Aulia Kurniawan”, maka “Aulia” adalah middle name
  • Last Name/Family Name/Surname: Diisi dengan nama keluarga atau atau belakang. Pada “Cacha Aulia Kurniawan”, maka Kurniawan adalah last name

Bagaimana jika kolomnya hanya terdiri dari name dan surname, tetapi namamu terdiri dari tiga kata? Jika demikian, maka kamu bisa memasukkan nama tengahmu pada kolom name maupun surname

Dari penjelasan di atas, kamu sudah tahu bahwa surname bahasa Indonesianya adalah nama belakang. Dengan demikian, ketika kamu sedang mengisi data bahasa Inggris, isian untuk kolom surname adalah nama belakangmu. Semoga membantu! 

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris, saat ini kamu bisa belajar online tanpa harus datang ke lokasi kursus, lho. Kelas Bahasa Inggris di Cakap cocok untuk kamu yang banyak kegiatan karena kamu bisa atur sendiri jadwal belajarmu. Daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • merriam-webster.com
  • familyeducation.com
  • dictionary.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat