Arti So dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Penggunaannya

so-adalah

So adalah kosakata bahasa Inggris yang memiliki beberapa kedudukan dan fungsi yang berbeda bergantung pada konteks kalimat yang berlaku. Untuk dapat mengartikannya dengan benar, kamu perlu melihat terlebih dahulu keseluruhan kalimat dan jenis kelas katanya. Agar lebih jelas, yuk simak penjelasan mengenai arti so dan penggunaannya yang tepat dalam kalimat!

Table of Contents

Arti “So”

Sebagai salah satu kata yang paling sering ditemukan dan digunakan dalam percakapan bahasa Inggris, kamu perlu tahu arti “so” dalam setiap kedudukan kelas katanya. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, “so” adalah kata yang dapat jadi, sangat, sehingga, agar.

Dilihat dari arti katanya, maka sudah jelas bahwa so memiliki jenis kelas kata yang sangat fleksibel, bisa menjadi conjunction dan juga pronoun. Lalu, apakah so termasuk adverb? Jawabannya, iya! So termasuk dalam adverb ketika ia berfungsi untuk menjelaskan atau memberikan keterangan pada adjective.

Baca juga: Mengenal Penggunaan Temporal Conjunction dan Contohnya

Contoh Penggunaan “So” dalam Bahasa Inggris

Kapan sih harus pakai “so” dalam percakapan bahasa Inggris? Tidak hanya satu, so memiliki beberapa penggunaan yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh penggunaan so dalam kalimat bahasa Inggris:

(1) So Digunakan dengan Kata Sifat

So sangat sering digunakan berdampingan dengan kata sifat atau adjective. Dalam hal ini, so berarti “sangat” dan berfungsi sebagai adverb yang memberikan penjelasan tentang kata sifat.

Contoh:

  • She is so beautiful.

Catatan: So tidak dapat digunakan pada kata sifat yang diikuti dengan kata benda.

Contoh:

  • She reads so a thick novel. (bentuk kalimat yang salah)
  • She reads such a thick novel. (bentuk kalimat yang benar)


(2) Menunjukkan Hasil

Ketika akan menunjukkan akibat atau hasil dari sebuah situasi, kamu juga bisa menggunakan kata “so” yang berarti jadi/sehingga. Jenis kelas kata  so di sini tergolong ke dalam conjunction atau kata hubung.

Contoh:

  • It was a long journey, so I’m really tired. 


(3) Mengatakan Tujuan

So yang digunakan untuk menyatakan tujuan, biasanya selalu diikuti oleh “that”, sehingga menjadi “so that”. 

Contoh:

  • I put my glasses on so that I could read the book better.


(4) So sebagai Keterangan

So juga bisa digunakan untuk memperjelas keterangan. Peletakkan so ditulis sebelum kata keterangan. 

Contoh:

  • Gina sings so loudly.


(5) Menunjukkan Jumlah

Penggunaan so yang terakhir adalah  untuk menunjukkan jumlah. Dalam situasi ini, kata so selalu diikuti beberapa kosakata, seperti much, many, few, little, dan lain-lain.

Contoh:

  • He has so many friends.
  • She loves him so much.


(6) So as Substitute

Dengan menambahkan beberapa verbs, kata so juga sering digunakan sebagai jawaban alih-alih mengulangi klausa objek. Hal ini berlaku ketika akan memberikan jawaban yang cukup singkat. 

Contoh:

A: Will Sinta be at the meeting today?

B: I think so.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Perbedaan “So” dan “Too”

So dan too dalam bahasa Inggris dapat berarti sangat, amat, dan terlalu. Seringkali dikaitkan memiliki arti yang sama, kedua kata tersebut ternyata memiliki sudut pandang yang berbeda. Kata “do” digunakan sebagai “a surprising or happy description” (menyatakan sesuatu baik yang positif maupun negatif). Sedangkan “too” biasanya digunakan sebagai “a negative description” (menyatakan sesuatu yang negatif, namun demikian bukan berarti “too” tidak dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang positif). 

Selain memiliki arti sangat/amat, so dan too juga dapat berarti “juga”. Kendati demikian keduanya memiliki perbedaan penggunaan. Ketika kamu menggunakan kata “so” yang berarti “juga”, maka “so” harus diletakkan di depan kalimat atau tepat di belakang kata sambung. Sedangkan “too” yang berarti “juga” penulisannya selalu di akhir atau di ujung kalimat.

Contoh:

  • Dina lives in London and so does Lani.
  • Dina lives in London and Lani does, too.


Contoh Kalimat “So” dalam Bahasa Inggris

So adalah kata yang memiliki banyak penggunaan. Agar semakin mudah memahami penggunaanya, yuk cermati contoh-contoh kalimat so dalam bahasa Inggris berikut ini:

  • Denis looks so much cooler in the clothes.
    (Denis terlihat jauh lebih keren dengan pakaian itu.)

  • The food’s wonderful, but it’s so expensive.
    (Makanannya enak, tapi harganya sangat mahal).

  • I bought some vegetables so that I can cook soup.
    (Saya membeli beberapa sayuran sehingga saya bisa memasak sup).

  • You’ve eaten so little.
    (Anda sudah makan sangat sedikit).

  • So far the preparation is already done.
    (Sejauh ini persiapan sudah dilakukan).

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian so dan penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris. Agar nggak ketinggalan materi bahasa Inggris lainnya, pastikan kamu terus update artikel terbaru di blog Cakap ya! Atau kalau kamu mau lebih jago dan memahami materi lainnya secara lebih terarah, yuk segera daftarkan dirimu di kursus bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-dictionary.cambridge.org
-englishstudypage.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat