Parentheses (Tanda Kurung): Ini Arti, Penggunaan, dan Contohnya!

parentheses-adalah

Parentheses, salah satu nama tanda baca dalam bahasa Inggris yang cukup sering digunakan dalam beberapa konteks kalimat. Seperti yang berlaku pada tanda baca lainnya, parentheses juga memiliki aturan penggunaan dan definisi yang cukup spesifik. Selengkapnya tentang parentheses bisa kamu temukan lewat artikel berikut.

Table of Contents

Parentheses

Parentheses adalah nama tanda baca bahasa Inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti tanda kurung. Dalam bahasa Inggris, istilah parentheses juga dikenal dengan round brackets.

Tanda kurung () sendiri merupakan tanda baca berpasangan yang biasanya digunakan untuk mengapit kalimat sebagai keterangan tambahan, seperti singkatan atau padanan istilah asing. Dua buah sisi pasangan tanda kurung disebut dengan kurung buka dan kurung tutup. Oleh karena itu, tanda kurung tidak boleh dipisahkan, harus selalu ditulis berpasangan.

Kata parentheses sendiri berasal dari bahasa Yunani “parentithenai”, yang berarti menyisipkan atau meletakkan di samping. Sama halnya seperti namanya, tanda kurung selalu digunakan untuk menyisipkan teks dalam tulisan di samping sisa kalimat.

Aturan dasar dalam penggunaannya adalah materi atau teks dalam parentheses tidak diawali dengan huruf kapital (meskipun teks tersebut berada dalam sebuah kalimat lengkap).

Fungsi dan Kegunaan Parentheses

Kapan sih kamu perlu menggunakan parentheses? Ada beberapa cara untuk menggunakan tanda kurung dalam sebuah kalimat atau tulisan. Selengkapnya, lihat penjelasan di bawah ini!

(1) Untuk Menambahkan Informasi Tambahan

Bisa dibilang, ini adalah fungsi dan kegunaan paling umum dari parentheses atau tanda kurung. Meskipun penggunaannya tidak diwajibkan, namun dengan adanya informasi tambahan, dapat memperjelas maksud yang ditujukan oleh kalimat.

(2) Mendefinisikan Akronim

Kamu pasti sudah nggak asing ya kalau lihat tanda kurung disebelah akronim atau singkatan. Fungsi parentheses di situ adalah menjelaskan dan mendefinisikan akronim. Atau bisa juga sebaliknya, menggunakan tanda kurung untuk menunjukkan versi singkat dari akronim. Misalnya, CEO (chief executive officer), atau bisa juga Department of Labor (DOL)

(3) Tanda Kurung Disandingkan dengan Angka

Tanda kurung juga bisa digunakan untuk mengapit daftar penomoran dalam sebuah kalimat. Daftar penomoran tersebut biasanya disebut dengan daftar horizontal. Contoh: This recipe requires three ingredients: (1) chicken, (2) flour, and (3) salt.

(4) Menandakan Kode Wilayah

Satu lagi nih fungsi dan kegunaan parentheses, yaitu menandakan kode wilayah. Kamu pasti sering melihat atau bahkan menggunakannya. Contoh yang paling sering ditemukan adalah tanda kurung pada nomor telepon, seperti (+62) 8788….

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Contoh Penggunaan Parentheses

Biar kamu makin paham dengan materi parentheses, yuk simak contoh penggunaan parentheses dalam kalimat berikut:

  • FIFA (Federation Internationale de Football Association) has successfully completed hosting the 2023 world cup.
    FIFA telah selesai menyelenggarakan world cup 2023 dengan sukses.

  • Daniel got a big promotion (senior manager).
    Daniel mendapat promosi besar (manajer senior).

  • I will be visiting four different California cities, in order from: (1) Los Angeles, (2) San Jose, (3) Stockton), and (4) Anaheim.
    Saya akan mengunjungi empat kota California yang berbeda, secara berurutan dari: (1) Los Angeles, (2) San Jose, (3) Stockton), dan (4) Anaheim.

  • He finally answered (after taking one hours to think).
    Dia akhirnya menjawab (setelah mengambil satu jam untuk berpikir).

  • My customer gave me a big bonus ($1000).
    Pelangganku memberikanku bonus besar ($1000).

Demikianlah materi bahasa Inggris seputar parentheses dan penggunaanya. Gimana, sekarang kamu udah paham dong gimana cara yang tepat untuk menggunakan parentheses atau tanda kurung? Yuk, belajar materi bahasa Inggris lebih banyak lagi melalui kursus bahasa Inggris bersertifikat  Cakap! Dengan mengikuti kursus di Cakap, dijamin deh kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat drastis! Let’s improve your English together!

Referensi:
-grammar.yourdictionary.com
-grammarbook.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat