Simbol Semicolon: Ini Arti, Penggunaan, dan Contoh Kalimatnya

apa-itu-semicolon

Setiap bahasa, terutama dalam tradisi tulis, pasti memiliki yang namanya tanda baca atau tanda yang dipakai dalam sistem ejaan. Beberapa tanda baca yang paling familiar dan hampir selalu ada dalam setiap tulisan adalah (.), (,), (?), dan (!). Kalian juga pasti sudah paham betul mengenai keempat tanda baca tersebut. Namun, pernahkah kalian mendengar yang namanya “semicolon” dan mengetahui apa itu semicolon

Untuk mengetahui apa itu semicolon, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu arti semicolon. Persingkat rasa penasaranmu dan langsung simak penjelasan berikut, yuk!

Apa Itu Semicolon?

arti-semicolon
Photo from Freepik

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, semicolon adalah tanda baca berupa “titik koma”, (;). Semicolon atau titik koma biasanya digunakan untuk menandai bagian kalimat yang sejenis dan setara, juga untuk memisahkan kalimat yang setara dalam kalimat majemuk.

Hal penting yang harus kamu tahu, yaitu jika di antara dua independent clause sudah memiliki kata sambung, seperti and, or, but, nor, for, dan yet, maka kamu tidak perlu menggunakan tanda (;) lagi.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Penggunaan & Contoh Kalimat Semicolon

semicolon-meaning
Photo from Pexels

Pemaparan di atas sudah sedikit menyinggung tentang apa itu semicolon dan basic function-nya. Nah, sebelum berlanjut pada penggunaan semicolon, kamu harus tahu bahwa ada aturan dalam penulisan semicolon. Dalam penulisannya, tidak ada spasi sebelum semicolon. Spasi hanya digunakan setelah semicolon. Pada dasarnya, semicolon juga bisa diganti dengan tanda titik dua, (:).

Lanjut pada penggunaan semicolon, berikut tiga poin penting penggunaan semicolon.

Menghubungkan Dua Independent Clause

Semicolon digunakan untuk menghubungkan dua independent clause yang saling berhubungan menjadi satu kalimat.

Contoh:
This novel’s mine; not yours.
(Novel ini milikku; bukan milikmu).

Memisahkan Rincian

Biasanya, semicolon juga digunakan untuk memisah serangkaian rincian jika koma telah digunakan.

Contoh:
You have to buy some ingredients, such as flour, sugar, butter, and milk; as well as several cooking utensils, such as pots, spatulas, and ovens.
(Kamu harus membeli beberapa bahan, seperti tepung, gula, mentega, dan susu; serta beberapa alat memasak, seperti panci, spatula, dan oven.)

Digunakan Sebelum Coordinate Conjunction

Semicolon juga bisa digunakan sebelum coordinate conjunction atau jika kamu mendapati suatu kalimat terlalu panjang.

Contoh:
If I could go on vacation to any country, I’d like to go to Holland, Germany, Belgium, and Paris; or countries in the Americas, such as Canada, Mexico, and Venezuela.
(Jika aku bisa berlibur ke negara apa pun, aku ingin pergi ke Belanda, Jerman, Belgia, dan Paris; atau negara-negara di benua Amerika, seperti Kanda, Mexico, dan Venezuela.)

Tingkatkan Peluang Kuliah di Eropa dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu bukan apa itu semicolon dan penggunaanya? Ternyata semicolon bukan hanya digunakan sebagai tanda baca dalam ejaan ya, tetapi juga digunakan sebagai simbol kesehatan mental.

Masih ingin belajar materi bahasa Inggris lainnya? Tenang, di blog Cakap, kamu bisa menemukan banyak artikel dengan berbagai kategori, khususnya bahasa. Nah, buat kamu yang tidak hanya ingin sekedar membaca, tapi juga ingin belajar bahasa Inggris lebih dalam, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online Cakap. Yuk, buruan daftarkan dirimu di Cakap!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat