Penggunaan Who, Whom, Whose: Ini Arti, Contoh dan Perbedaanya

who-whom-whose

Dalam bahasa Inggris, kamu pasti akan banyak menemukan beberapa kata yang memiliki arti sama, namun digunakan dalam konteks yang berbeda. Hal tersebut juga berlaku pada kata who, whom, dan whose. Seperti yang kamu tahu bahwa who artinya dalam bahasa Indonesia adalah “siapa”, kata ini sering muncul dalam kalimat-kalimat berita 5W + 1H. Lalu bagaimana dengan whom dan whose?

Untuk lebih jelasnya, mari bahas satu persatu mengenai arti, penggunaan, dan perbedaan ketiga kata tanya tersebut. Check it out!

Who

who dalam bahasa inggris
Photo from Pexels

Secara umum, kata who artinya dalam bahasa Indonesia adalah “siapa”. Kata tanya yang satu ini digunakan untuk menanyakan orang bukan benda, seperti contoh “Who are you?” yang artinya “Siapa kamu?”. Kata kamu di sini menunjuk “orang” bukan benda. Who juga berfungsi sebagai kata hubung dari independent dan dependent clause. Peran who di sini ialah sebagai kata hubung yang menggantikan subjek. Perlu diingat bahwa subjek yang digantikan oleh “who” adalah orang, bukan benda. Penggunaan who sebagai kata hubung yang menggantikan subjek bertujuan untuk menyederhanakan kalimat dan membuatnya lebih mudah dipahami.

Selain berperan sebagai kata tanya dan kata hubung pengganti subjek, who juga dapat digunakan untuk menjelaskan kepemilikan objek. Kata who yang menjelaskan kepemilikan objek biasanya selalu diikuti oleh is dan has, sehingga penulisannya menjadi who is atau  who’s.

Contoh Kalimat Who:

  • Lina is the girl who drove you home last night. (Lina adalah perempuan yang mengantarmu pulang tadi malam.)
  • Who else will be your partner? (Siapa lagi yang akan jadi pasanganmu?)

Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap? Yuk Bikin Akun Sekarang!

Whom

who-whom-whose

Setelah mengetahui who dan artinya, maka berpindah pada kata selanjutnya yaitu whom. Kata whom memiliki arti yang sama dengan who, yaitu “siapa”. 

Namun, ada perbedaan who dan whom yang perlu kamu kenali. Jika kata who digunakan sebagai kata tanya, lain halnya dengan whom yang hanya dapat digunakan sebagai kata ganti bagi objek (object pronoun).

Di dalam kalimat, kata whom bisa didahului oleh auxiliary verb. Whom juga memiliki kedudukan yang setara dengan kata ganti, seperti me, us, you, him.

Contoh Kalimat Penggunaan Whom:

  • Rangga is to whom Jennie moved to Roma
    (Rangga adalah seseorang yang membuat Jennie pindah ke Roma.)
  • Rosa is someone whom most people need.
    (Rosa adalah seseorang yang dibutuhkan banyak orang.)

Les Bahasa Inggris Private atau Grup? Pilih Versimu Sendiri!

Whose

whose

Untuk membahas penggunaan kata whose, kamu harus mengetahui terlebih dahulu konteks dan isi kalimatnya. Kata whose ini merupakan kata ganti yang digunakan untuk menanyakan kepemilikan. Dalam penggunaanya, kata whose selalu diikuti oleh kata benda.

So, jika ada seseorang yang bertanya dengan menggunakan kata “whose”, berarti orang itu ingin mengetahui siapa pemilik benda atau barang tersebut.

Contoh Kalimat Whose:

  • Whose hair tie is this? (Ikat rambut siapa ini?)
  • Whose bag are you wearing? (Tas siapa yang kamu pakai?)

Dari ketiga penjelasan kata tanya who, whom, dan whose di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ketiganya menduduki peran dan fungsi masing-masing. Who yang berperan sebagai kata tanya dan kata hubung pengganti subjek (orang), whom yang berfungsi sebagai kata ganti objek, dan whose yang berfungsi sebagai kata ganti untuk menanyakan kepemilikan.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang memiliki banyak bahan materi yang dapat dipelajari. Jika kamu tertarik belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi, kamu bisa bergabung di kursus bahasa Inggris online Cakap. Yuk, lebih mahir dan jago berbahasa Inggris bersama Cakap!

Baca Juga:

 

Kuis Pronoun Bahasa Inggris

Kata ganti dalam bahasa Inggris itu punya banyak jenisnya. Jangan cuma tahu I, we, they, you aja. Tes kemampuanmu di sini.


Nama
Email
Phone
Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat