Ini Pentingnya Bahasa Mandarin dalam Dunia Kerja dan Bisnis!

pentingnya bahasa mandarin dalam dunia kerja

Tahukah Sobat Cakap bahwa baru-baru ini bahasa Mandarin jadi salah satu poin penting dalam penerimaan pramugari Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB)? Dari sekitar 6.000 pelamar, hanya 12 orang yang diterima dan kemampuan bahasa Mandarin adalah salah satu kemampuan yang dipertimbangkan. 

Hal ini karena PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bekerja sama dengan tenaga ahli dari Tiongkok dalam mengelola proyek tersebut. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Mandarin sendiri dibutuhkan untuk komunikasi dan koordinasi, termasuk dalam pelatihan pramugari. 

Berita tersebut tentunya menyadarkan kita akan pentingnya bahasa Mandarin dalam dunia kerja, Sobat Cakap. Hal ini tidak hanya berlaku di perusahaan swasta, tetapi juga pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT KCIC. Kira-kira apa sih yang membuat bahasa Mandarin begitu penting dalam dunia kerja? Yuk, cari tahu! 

Pentingnya Bahasa Mandarin dalam Dunia Pekerjaan

Berikut adalah manfaat bahasa Mandarin dan alasan mengapa ia sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. 

1. Tiongkok Berperan Besar dalam Perekonomian Dunia

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, Tiongkok adalah salah satu negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Hal ini tentunya didukung oleh perkembangan teknologi, infrastruktur, dan juga sumber daya manusia. 

Kemajuan pesat perekonomian Tiongkok terlihat dalam berbagai aspek dan bidang industri yang semakin meluas ke berbagai negara dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Mandarin pun semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja dan bisnis. 

2. Memperluas Peluang Pekerjaan

Sobat Cakap yang memiliki kemampuan bahasa Mandarin memiliki peluang dan pilihan yang lebih banyak untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak terbatas pada perusahaan dalam negeri, kamu juga bisa mencoba untuk melamar di perusahaan asal Tiongkok, lho. 

Selain itu, ada banyak sekali posisi di perusahaan swasta maupun BUMN yang membutuhkan kemampuan bahasa Mandarin. Dengan menguasai bahasa Mandarin, Sobat Cakap tentunya akan lebih dipertimbangkan dibanding kandidat yang hanya menguasai bahasa Inggris. 

3. Meningkatkan Value dalam Berkarier

Menguasai bahasa asing tentunya dapat menjadi salah satu poin tambahan dalam daftar kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Saat ini bahasa Inggris saja seringkali tidak cukup, terutama jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional. 

Kamu dapat meraih peluan karier yang lebih luas dengan menguasai bahasa Mandarin.  Terutama jika perusahaan tempatmu bekerja merupakan perusahaan asal Tiongkok atau memiliki kerja sama dengan pihak dari Tiongkok. 

4. Potensi Sektor Pariwisata

Dengan jumlah masyarakat yang banyak, turis dari Tiongkok termasuk yang terbanyak mengunjungi Indonesia. Sobat Cakap yang saat ini bekerja di bidang hospitality tentunya akan dapat mengembangkan keterampilan kerja dengan menguasai bahasa Mandarin. 

Jika kamu tinggal dekat dengan destinasi wisata, maka kemampuan bahasa Mandarin juga sangat bermanfaat ketika ada kunjungan turis dari Tiongkok, lho. Kamu bisa menawarkan jasa untuk menjadi pemandu wisata atau tour guide kepada mereka. 

5. Memperluas Jaringan

Meskipun bahasa Mandarin tidak secara langsung digunakan dalam pekerjaanmu, kamu masih bisa menggunakannya untuk membangun koneksi dan memperluas jaringan. Hal ini tentunya berguna baik dalam bidang bisnis maupun pekerjaan. 

Dengan menguasai bahasa Mandarin, kamu mungkin terhubung dengan orang-orang atau pihak-pihak yang nantinya dapat menawarkan berbagai kesempatan. Tidak ada salahnya membiarkan kesempatan terus terbuka untuk berbagai kemungkinan, bukan? 

Nah, siapa di sini yang semakin yakin untuk mulai belajar bahasa Mandarin setelah mengetahui manfaat dan pentingnya bahasa Mandarin di atas? Pastikan kamu mengambil kelas bahasa Mandarin di Cakap, ya!

Kamu bisa mulai perjalanan belajar bahasa Mandarinmu di Cakap dengan mengambil Placement Test, lho. Sobat Cakap yang masih awam dengan bahasa Mandarin bisa mengambil Live Speaking Test untuk ngobrol langsung dengan laoshi Cakap. Sementara kamu yang sudah bisa bahasa Mandarin sedikit-sedikit bisa mencoba tes tertulis atau Self-assessment Test. Yuk, daftar Placement Test sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

#SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat