Apa Itu HSK? Cek Jadwal Ujian, Level, dan Syarat Tes Terbaru

hsk-adalah

Salah satu unsur penting yang harus dipenuhi jika kamu berencana untuk belajar, bekerja, atau tinggal di Tiongkok adalah memiliki sertifikat HSK. Sama seperti TOEFL, IELTS, TOPIK, dan JLPT, HSK adalah tes keterampilan standar internasional untuk menguji kemahiran berbahasa asing bagi penutur asing, dalam hal ini keterampilan bahasa yang diuji adalah bahasa Mandarin.

Selain HSK, beberapa tes yang bisa diambil untuk menguji kemampuan berbahasa Mandarin adalah TOCFL, YCT, dan BCT. Namun, di artikel ini kamu akan diajak untuk fokus dan lebih mendalami tes yang paling umum digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Mandarin penutur asing, yaitu HSK. Yuk, pelajari apa itu HSK, jadwal ujian HSK, dan levelnya!

Table of Contents

Apa Itu HSK?

Kepanjangan HSK adalah Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì, yang dalam huruf Hanzi dikenal dengan tulisan 汉语水平考试. HSK merupakan ujian bahasa Mandarin resmi yang pertama kali dikembangkan oleh Beijing Language and Culture University pada tahun 1984. Tes HSK ini menilai kemampuan penutur bahasa Mandarin non-pribumi dalam menggunakan bahasa Mandarin di kehidupan sehari-hari, akademik, dan profesi mereka.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat jika kamu memiliki sertifikat HSK dengan skor yang baik adalah memperluas peluang bisnis, bisa bekerja di perusahaan multinasional (khususnya perusahaan Tiongkok), peluang diterima di universitas Tiongkok terbuka lebar, dan bisa mendapatkan beasiswa kuliah di China.

Level dan Tingkatan Tes HSK

Ujian HSK terdiri dari dua bagian terpisah; ujian tertulis dan ujian lisan. Masing-masing bagian memiliki level atau tingkatan yang berbeda.

Level untuk Ujian Tertulis HSK

Level HSK ujian tertulis

Tes HSK tertulis sampai level berapa sih? Level atau tingkatan tes HSK untuk ujian tertulis terdiri dari 6 level, yaitu level 1 hingga level 6. Perhatikan poin-poin berikut untuk rincian yang lebih jelas;

(1) HSK Tingkat 1

HSK tingkat 1 ditujukan untuk para pemula. Tes ini mengharuskan peserta tes untuk memahami dan menggunakan frasa bahasa Mandarin yang paling sederhana untuk berkomunikasi. Minimal kosakata yang harus dikuasai adalah 150 kosakata bahasa Mandarin sehari-hari.

(2) HSK Tingkat 2

Sedikit naik dari tingkat 1, HSK level 2 ini mengharuskan peserta tes untuk menggunakan bahasa Mandarin dasar dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menerapkannya secara langsung. Jumlah kosakata minimal yang harus dikuasai adalah 300 kata.

(3) HSK Tingkat 3

Level 3 tes HSK biasanya untuk para pemula hingga menengah yang dapat menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari, akademik, dan profesional mereka. Jumlah kosakata minimal yang harus dikuasai adalah 600 kata.

Baca juga : Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?

Belajar Materi dan Tips HSK Lengkap di Kelas Persiapan Tes Cakap

(4) HSK Tingkat 4

Tingkat 4 merupakan tes HSK menengah yang ditujukan pada peserta yang dapat berbicara bahasa Mandarin dalam topik yang relatif luas serta mampu berkomunikasi dengan lancar dengan penutur asli bahasa Mandarin. Jumlah kosakata minimal yang harus dikuasai adalah 1200 kata.

(5) HSK Tingkat 5

Pada level ini, peserta yang mengikuti tes sudah mampu membaca surat kabar dan majalah berbahasa Mandarin, menulis, serta menonton film berbahasa Mandarin tanpa takarir. Jumlah kosakata minimal yang harus dikuasai adalah 2500 kata.

(6) HSK Tingkat 6

Level tertinggi dari tes HSK tertulis adalah level 6. Ini ditujukan untuk mereka yang sudah mendekati kefasihan penutur asli. Peserta tes yang lulus di level ini biasanya telah memahami informasi apa pun dalam bahasa Mandarin dengan mudah. Serta dapat berekspresi dengan lancar dan efektif. Jumlah kosakata minimal yang harus dikuasai adalah 5000 kata.

Level untuk Ujian Lisan HSK

Level HSK ujian lisan

Ujian Lisan HSK juga di sebut sebagai HSKK(Hanyu Shuiping Kouyu Kaoshi). Jika ujian tertulis memiliki 6 tingkatan, maka ujian lisan hanya memiliki 3 tingkatan/tahapan, yaitu HSK Basic, HSK Intermediate, dan HSK Advance. Berikut penjelasannya.

(1) HSK Basic/Beginner Level

Pada level ini, peserta telah mempelajari Mandarin selama setengah – 1 tahun  dengan 200 kosakata umum yang dikuasai. Untuk dapat lulus HSK Speaking Test level 1 ini, peserta diharapkan dapat memahami dan menggunakan ungkapan sehari-hari yang familiar guna memenuhi kebutuhan komunikasi basic yang spesifik.

(2) HSK Intermediate Level

Pada level ini, peserta telah mempelajari Bahasa Mandarin selama 1-2 tahun dengan 900 kosakata yang sudah dikuasai. HSK level intermediate menilai kemampuan peserta untuk dapat berbicara bahasa Mandarin di tingkat menengah dan lancar berkomunikasi bersama dengan penutur asli bahasa Mandarin.

(3) HSK Advanced Level

Untuk lulus HSK Speaking Test level terakhir ini,  peserta telah mempelajari Mandarin selama lebih dari 2 tahun (200 jam pelajaran) dengan 3000 kosakata yang dikuasai. Peserta tes diharuskan mampu memahami bahasa Mandarin lisan dengan lancar dan dapat mengungkapkan gagasannya dalam bahasa Mandarin.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kursus Bahasa Mandarin GRATIS

Jadwal Ujian dan Biaya Tes HSK

Berikut ini jadwal lengkap ujian HSK online dan tertulis di tahun 2024

Waktu Ujian

Batas Pendaftaran

Pengumuman Hasil Ujian

Ujian Kertas

Ujian Online

Ujian Kertas

Ujian Online

13 Jan

17/12/2023

03 January

20 February

29 January

16 March

18 February

06 March

16 April

1 April

21 April

25 March

11 April

28 May

13 May

19 May

22 April

09 May

19 June

3 June

22 June

26 May

12 June

22 July

8 July

21 July

24 June

11 July

21 August

5 August

18 August

22 July

8 August

18 Sept

2 Sept

8 Sept

12 August

29 August

15 Oct

23 Sept

19 Oct

22 Sept

9 Oct

19 Nov

4 Nov

16 Nov

20 Oct

06 Nov

16 Dec

2 Dec

8 Dec

11 Nov

28 Nov

08-01-2025

23 Dec

 

Biaya tes HSK untuk setiap level, dari level 1 sampai level 6:

Level HSK

Biaya Tes HSK

HSK Level 1

Rp.286.000

HSK Level 2

Rp.364.000

HSK Level 3

Rp.580.000

HSK Level 4

Rp.780.000

HSK Level 5

Rp.950.000

HSK Level 6

Rp.1.050.000

Notes: biaya yang tercantum di atas merupakan daftar biaya tes HSK terbaru. Biaya tes HSK dapat berubah sewaktu-waktu.

Syarat Tes HSK

Apa saja sih syarat yang harus dipenuhi jika kamu ingin mengikuti tes HSK? Yuk, cek satu persatu syarat pendaftaran yang harus kamu lengkapi!

Syarat mendaftar HSK sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan dua hal ini, yaitu:

  • Fotocopy KTP/paspor 
  • Pas foto dengan ukuran 3×4

Jika kamu sudah mendaftar dan membayar biaya HSK sesuai level ujian yang dituju, nantinya kamu akan mendapatkan kartu ujian yang berisi nomor ujian, identitas peserta, lokasi ujian, tanggal ujian, dan ruangan ujian. Sebelum ujian berlangsung kamu harus benar-benar memperhatikan hal-hal tersebut agar ujianmu semakin lancar. Usahakan juga untuk datang 30-60 menit sebelum ujian dimulai untuk menghindari keterlambatan dan rasa panik atau terburu-buru.

Contoh Soal HSK

Sebelum mengikuti tes, tentunya kamu perlu bekal belajar materi-materi bahasa Mandarin dan perbanyak latihan soal HSK. 

Agar tes HSK-mu makin lancar dan kamu bisa pede saat mengerjakan soal-soalnya, yuk coba kerjakan contoh soal HSK dari Cakap berikut:

Atau kamu juga bisa banget lho mengikuti kelas pembahasan dan simulasi HSK GRATIS hanya di Cakap!

So, sekarang kamu sudah tahukan kalau HSK adalah tes kemampuan bahasa Mandarin untuk non penutur asli. Untuk mengikuti tes HSK, pastikan kamu memilih level tes yang tepat dan memperhatikan jadwal tes HSK dengan benar.

Buat kamu yang ingin mempersiapkan tes HSK dengan lebih matang, yuk ikut persiapan tes HSK dan ikuti kursus bahasa Mandarin online di Cakap! Di sana kamu akan belajar banyak materi dan bisa berinteraksi langsung bersama teacher menggunakan bahasa Mandarin. Tunggu apa lagi? Cek kelasnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.