30 Contoh Soal HSK 3 dan Jawabannya Lengkap Terbaru

contoh-soal-hsk-3

HSK adalah ujian bahasa Mandarin resmi yang pertama kali dikembangkan oleh Beijing Language and Culture University pada tahun 1984. Tes ini memiliki 6 level, di mana level 1 adalah level beginner dan level 6 adalah level advance. Buat kamu yang dalam waktu dekat ini akan mengikuti tes HSK level 3, yuk merapat! Di sini kamu bisa melakukan simulasi dengan menjawab contoh soal HSK 3! Ada kunci jawabannya juga, kok!

Table of Contents

Mengenal HSK Level 3

Tes HSK ini menilai kemampuan penutur bahasa Mandarin non-pribumi dalam menggunakan bahasa Mandarin di kehidupan sehari-hari, akademik, dan profesi mereka.

Level 3 tes HSK biasanya ditujukan untuk pemula hingga menengah yang dapat menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari, akademik, dan profesional mereka. Jumlah kosakata minimal yang harus dikuasai adalah 600 kata.

Dalam tes level ini, kamu akan diuji materi seputar cara berkomunikasi yang paling basic dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga akan diuji untuk memahami kalimat-kalimat sederhana. Kamu akan mengerjakan 40 soal listening, 30 soal reading, dan 10 soal writing.

Contoh Soal HSK 3

Di bawah ini ada 30 contoh soal HSK yang masing-masing terdiri dari soal listening, reading, dan writing. Untuk soal listening, kamu bisa membuka tautan/link yang tersedia dalam soal. Yuk, mulai mengerjakan! Jangan lupa hitung score-mu, ya!

(Contoh Soal HSK 3 Tipe Soal Listening 听 力)

第 1-5 题

Dengarkan audio yang tersedia melalui link berikut untuk dapat menjawab soal 1-5
https://youtu.be/NtK6ly1Du94

Setelah mendengarkan audio, selanjutnya perhatikan gambar di bawah ini. Setiap gambar akan diberi label huruf untuk menandai jawaban yang akan kamu pilih.

A B
C D
E F

Contoh: 

例如: 男:喂,请问张经理在吗?
女:他正在开会,您过半个小时再打吧。(D) 

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seseorang yang sedang menelpon untuk menanyakan manager Zhang. Gambar yang sesuai dengan percakapan tersebut adalah gambar (D).

  1. (女:服务员,能把菜单再给我看一下吗? 

     男:好的,给您。) 

Jawaban →  B
Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seseorang yang ingin menanyakan menu di restoran. Gambar yang sesuai dengan percakapan tersebut adalah gambar B.

  1. (男:这是我昨天刚买的衬衫,你觉得怎么样?

     女:不错,在哪儿买的?我也很想买一件。)

Jawaban →  E
Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seseorang yang menanyakan pendapat tentang kemeja baru yang ia beli. Gambar yang sesuai dengan percakapan tersebut adalah gambar E.

  1. (男:你在那儿做什么呢?

    女:我在打扫呢。) 

Jawaban →  F
Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seseorang yang menjawab bahwa ia sedang melakukan kegiatan bersih-bersih. Gambar yang sesuai dengan percakapan tersebut adalah gambar F.

  1. (男:坐了 5个小时飞机累不累?

     女:还好,不太累。我吃了一点儿东西,还听了一会儿音乐。) 

Jawaban →  A
Pembahasan → topik percakapan di atas berkaitan dengan pesawat. Gambar yang sesuai dengan percakapan tersebut adalah gambar A.

  1. (女:香蕉多少钱一斤?

    男:一斤六块,两斤十块。) 

Jawaban →  C
Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seseorang yang menanyakan harga pisang. Gambar yang sesuai dengan percakapan tersebut adalah gambar C.

第 6-10 题 

Dengarkan audio yang tersedia melalui link berikut untuk dapat menjawab soal 6-5

https://youtu.be/ASjqcpGoXc8

Petunjuk mengerjakan soal → kamu akan menyematkan tanda X apabila pernyataan dari kalimat tersebut tidak sesuai dan menyematkan tanda benar.

  1. Point of View: (你的房子不错,就是洗手间小了一点儿。我再看看,晚上给你打电话吧。)

    Kalimat pernyataan: *他对这个房子非常满意。(

Jawaban →  (×)
Pembahasan → Kalimat di atas berisi tentang topik yang membicarakan rumah dengan kamar mandi yang kecil. Sedangkan kalimat pernyataannya bertuliskan *Dia sangat puas dengan rumahnya*, sehingga jawaban untuk soal nomor 6 adalah (×).

  1. Point of View: (新的一年快到了,我想给我的汉语老师发个电子邮件,希望他新年快乐。)

Kalimat pernyataan: *他已经给老师发了电子邮件。(

Jawaban →  (×)
Pembahasan → Kalimat di atas berisi topik yang membicarakan rencana seseorang yang akan mengirim email ucapan tahun baru pada gurunya. Sedangkan kalimat pernyataannya bertuliskan *Dia telah mengirim email ke guru*, sehingga jawaban untuk soal nomor 7 adalah (×) karena dia belum mengirim ucapan, baru “akan” mengirimnya nanti. 

  1. Point of View: (我跟中国人一样喜欢喝茶,但是,我喜欢甜的茶。)

Kalimat pernyataan: *他喝茶的习惯跟中国人一样。(

Jawaban →  (×)
Pembahasan → Kalimat di atas berisi topik yang membicarakan tentang seseorang yang suka minum teh, seperti orang Tiongkok, tapi teh yang diminum adalah teh manis. Sedangkan kalimat pernyataannya bertuliskan *Kebiasaan minum tehnya seperti orang Tiongkok* , sehingga jawaban untuk soal nomor 8 adalah (×) karena kebiasaannya tidak sama dengan tradisi minum teh orang Tionghoa.

  1. Point of View: (我家后面有一个小公园,每天早上我爷爷都在那里锻炼身体。)

Kalimat pernyataan: *他爷爷经常去公园锻炼身体。(

Jawaban →  (√)
Pembahasan → Kalimat di atas berisi topik yang membicarakan tentang taman kecil tempat kakeknya berolahraga setiap hari. Kalimat pernyataannya bertuliskan *Kakek sering ke taman untuk berolahraga*, sehingga jawaban untuk soal nomor 8 adalah (√).

  1. Point of View: (我妹妹很喜欢小动物,特别是小狗。)

Kalimat Pernyataan: *我很喜欢小狗。(

Jawaban →  (×)
Pembahasan → Kalimat di atas berisi topik tentang seseorang yang membicarakan betapa adiknya menyukai anjing. Sedangkan kalimat pernyataannya bertuliskan *Saya sangat menyukai anjing*, sehingga jawaban untuk soal nomor 8 adalah (×) karena yang menyukai anjing adalah adiknya. 

(Contoh Soal HSK 3 Tipe Soal Reading 阅读)

第 11-15 题

Kalimat A-F adalah jawaban untuk pertanyaan nomor 11 sampai 15. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah jawaban yang paling tepat.

A 哪里哪里
B 不用着急,还有半个小时呢
C 我们先坐公共汽车,然后又换了地铁。
D 都不近
E 好啊,我最喜欢小动物,特别是熊猫。
F 我哪儿知道啊,你自己的东西总是不知道放在哪儿。

  1. 看见我的手表没有( )

Jawaban → F
Pembahasan → kalimat di atas menanyakan tentang apakah seseorang melihat arloji atau jam tangannya. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal nomor 11 adalah F yang mengatakan bahwa seseorang tidak tahu di mana jamnya berada.

  1. 已经十点了,你还不快点儿( )

Jawaban → B
Pembahasan →  kalimat di atas menanyakan tentang kenapa seseorang tidak cepat datang, padahal sudah pukul 10. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal nomor 12 adalah B yang berisi pernyataan “masih ada waktu setengah jam lagi”.

  1. 你的汉语越来越好了。( )

Jawaban → A
Pembahasan → kalimat di atas berisi pujian tentang kemampuan bahasa Mandarin seseorang yang makin meningkat. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal nomor 13 adalah A.

  1. 你是怎么来这儿的?( )

Jawaban → C
Pembahasan → kalimat di atas merupakan kalimat tanya yang menanyakan bagaimana seseorang bisa sampai di sini. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal nomor 14 adalah C yang menjelaskan bahwa ia naik bus dan kereta bawah tanah.

  1. 星期六我们去动物园吧。( )

Jawaban → E
Pembahasan → kalimat di atas berisi ajakan untuk pergi ke kebun binatang hari Sabtu. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal nomor 15 adalah E yang menyatakan persetujuan untuk pergi ke kebun binatang.

第 16-20 题

Lengkapilah titik titik atau bagian yang kosong pada setiap soal nomor 16-20 dengan jawaban yang tersedia pada poin A-F.

A 刷牙

D 解决

B

E 会议

C 杯子

F 绿色

  1. 最近特别忙,明天我又要去参加(…..)。

Jawaban → E
Pembahasan → kalimat di atas memiliki arti “Akhir-akhir ini aku sangat sibuk, aku harus hadir lagi besok pada …”, jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 16 adalah poin E yang berarti (meeting).

  1. 昨天我想了半天,也没想出( )这个问题的办法。

Jawaban → D
Pembahasan → kalimat di atas memiliki arti “Saya memikirkannya sejak lama, tapi saya tidak dapat menemukan solusi untuk … masalah ini”. Jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 17 adalah poin D yang berarti (menyelesaikan).

  1. 这个行李箱不是我的,我的是( )的。

Jawaban → F
Pembahasan → kalimat di atas memiliki arti “Koper ini bukan milik saya, miliki saya yang …” Jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 18 adalah poin F yang berarti (warna hijau).

  1. 明天天气和今天一样,也是( )天,我们去爬山吧。

Jawaban → B
Pembahasan → kalimat di atas memiliki arti “Cuaca besok akan sama seperti hari ini, cuacanya …. Ayo mendaki!” Jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 19 adalah poin B yang berarti (cerah).

  1. 医生,我今天早上( )的时候觉得牙很疼,请帮我看看。

Jawaban → A
Pembahasan → kalimat di atas memiliki arti “Dokter, pagi ini saya merasa sakit …, mohon bantuannya untuk memeriksanya.” Jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 20 adalah poin A yang berarti (gigi).

(Contoh Soal HSK 3 Tipe Soal Writing 书写)

第 21-25 题

Susunlah penggalan-penggalan kata acak berikut menjadi satu kalimat yang padu.

  1. 蛋糕 / 去 / 我 / 超市 / 买 

Jawaban: 我去超市买蛋糕。

  1. 前面 / 出相车 / 辆 / 两 / 出现 / 突然

Jawaban: 前面突然出现两辆出租车。/突然前面出现两辆出租车。

  1. 名字 / 你 / 在 / 写 / 这儿 / 把

Jawaban: 你把名字写在这儿。

  1. 书 / 老师 / 被 / 走 / 拿 / 了

Jawaban: 书被老师拿走了。

  1. 晚上 / 没有 / 今天 / 月亮

Jawaban: 今天晚上没有月亮。

  1. 喜欢 / 我 / 拉面 / 吃

Jawaban: 我喜欢吃拉面。

  1. 很 / 他 / 美丽

Jawaban: 她很美丽。

  1. 月 / 这个 / 春天 / 是

Jawaban: 这个月是春天

  1. 欧洲 / 我 / 去 / 要

Jawaban: 我要去欧洲

  1. 海滩 / 漂亮 / 很

Jawaban: 海滩很漂亮

Itulah 30 contoh soal HSK 3 yang masing-masing terdiri dari soal listening, reading, dan writing. Buat kamu yang ingin mengambil ujian HSK 3, yuk pelajari lebih lanjut dengan mengikuti pembahasan soal dan simulasi HSK di Cakap!

Referensi: materi diberikan oleh Teacher bahasa Mandarin Cakap.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.