Mengukur Kemampuan Bahasa Mandarin Lewat HSK, YCT, dan BCT

A Girl Studying Image

Dalam belajar bahasa, salah satu tujuan yang ingin dicapai tak lain adalah kefasihan. Kefasihan ini bisa berguna untuk melanjutkan pendidikan ataupun mengembangkan karier. Namun bagaimana cara kamu tahu apakah kamu sudah cukup fasih apa belum?

Untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris seseorang, ada ujian-ujian seperti TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Gak cuma bahasa Inggris, bahasa-bahasa lain juga memiliki tes kemampuan bahasanya masing-masing, termasuk bahasa Mandarin. HSK, YCT, dan BCT merupakan versi Cina-nya TOEFL, IELTS, dan TOEIC.

Ketiganya sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Mandarin seseorang. Namun, tiap tes memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kamu, terutama yang berencana untuk bersekolah, berkuliah, atau bekerja di luar negeri, untuk memahami perbedaannya.

HSK (汉语水平考试)

HSK, kependekan dari Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì, merupakan tes berstandar internasional yang menguji dan menilai berbahasa Mandarin. Tes ini merupakan yang paling banyak digunakan dan seringkali menjadi syarat untuk mendaftar beasiswa, masuk universitas, atau melamar kerja di Cina. Bisa dibilang, HSK ini padanannya TOEFL atau IELTS untuk bahasa Mandarin.

Ujian HSK dibagi menjadi dua bagian, ujian tertulis (笔试: bǐ shì) dan ujian lisan (口试: kǒu shì). Ujian tertulis terdiri dari 6 tingkatan, sedangkan ujian lisan terdiri dari tiga level yaitu dasar (beginner), menengah (intermediate), dan lanjut (advanced).

Berikut tabel penjelasan mengenai tingkatan level pada ujian HSK:

HSKKosakata

CLPS

(Chinese Language Proficiency Scales for Speakers of Other Languages)

CEF

(Common European Framework of Reference)

HSK Level VI5,000+Level VC2
HSK Level V2500C1
HSK Level IV1200Level IVB2
HSK Level III600Level IIIB1
HSK Level II300Level IIA2
HSK Level I150Level IA1
  • Peserta yang lulus HSK Level I mampu memahami dan menggunakan frasa bahasa Mandarin yang sangat sederhana. Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dan memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi bahasa Mandarin mereka.
  • Peserta yang lulus HSK Level II memiliki pemahaman yang sangat baik tentang bahasa Mandarin dasar dan mampu berkomunikasi untuk melakukan pekerjaan sederhana dan rutin.
  • Peserta yang lulus HSK Level III mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Mandarin dasar dalam kehidupan sehari-hari, akademik, dan profesional. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Mandarin saat sedang berpergian di Cina.
  • Peserta yang lulus HSK Level IV dapat membicarakan berbagai topik secara lancar dengan penutur asli bahasa Mandarin.
  • Peserta yang lulus HSK Level V bisa membaca koran dan majalah Cina, menikmati film dan drama Cina, serta memberikan pidao lengkap dalam bahasa Mandarin.
  • Peserta yang lulus HSK Level VI dapat memahami informasi dan mengekspresikan diri baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa Mandarin.

Rata-rata perguruan tinggi di Cina menetapkan kemampuan bahasa Mandarin pada HSK Level IV atau V sebagai syarat masuk. Hasil tes HSK bisa diambil 3 minggu setelah ujian dilaksanakan.

Yuk, Belajar Bahasa Inggris di Cakap. Atur Jadwal Kamu Sendiri. Belajar Dimana dan Kapan Saja

YCT (Youth Chinese Test)

 

Tes ini lebih ditujukan untuk para pelajar asing yang masih duduk di bangku sekolah khususnya SD dan SMP. YCT juga menjadi tolok ukur bagi siswa-siswi yang ingin berpartisipasi dalam ujian HSK.

Sama seperti HSK, ujian YCT juga dibagi menjadi dua bagian yaitu tes tertulis dan lisan. Bedanya, tes tertulis YCT hanya terdiri dari 4 level dan tes lisannya hanya terdiri dari dua (beginner dan intermediate).

YCTHSKKosakataCLPSCEF
YCT Level IVHSK III600Level IIIIB1
YCT Level IIIHSK II300Level IIA2
YCT Level IIHSK I150Level IA1
YCT Level I 80  

Sama seperti HSK, hasil tes YCT bisa diambil sekitar 3 minggu setelah tanggal ujian. 

BCT (Business Chinese Test)

BCT (Business Chinese Test)
source: giphy.com

BCT bisa dibilang merupakan ujian TOEIC untuk bahasa Mandarin. BCT digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Mandarin seseorang dalam lingkup bisnis atau lingkungan kerja.

BCT terdiri dari tes tertulis dan lisan. Tes BCT sendiri terdiri dari dua level, BCT A dan B. Hasil tes BCT bisa diambil 1 bulan setelah peserta menjalani tes.

YCTHSKBCTKosakataCLPSCEF
 HSK Level VIBCT (B)5,000+Level VC2
 HSK Level V2500C1
 HSK Level IV1200Level IVB2
YCT IVHSK Level IIIBCT (A)600Level IIIB1
YCT IIIHSK Level II300Level IIA2
YCT IIHSK Level I150Level IA1
YCT I  80  

Hasil laporan skor HSK, YCT, ataupun BCT yang akan digunakan untuk daftar masuk ke universitas dan perguruan tinggi di Cina hanya valid dalam jangka waktu dua tahun dari tanggal tes.

Kamu bisa memilih level mana yang akan kamu ikuti. Jadi sebelum mendaftar, pastikan kamu benar-benar tahu seberapa jauh kemampuan berbahasa Mandarinmu. Supaya lebih siap, kamu bisa ikutan kursus bahasa Mandarin dulu di Cakap. Dengan demikian, skor ujianmu bisa lebih memuaskan!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google