Ini Perbedaan HSK dan TOCFL, Tes kemahiran Bahasa Mandarin!

perbedaan-hsk-dan-tocfl

Dua dari beberapa tes kemahiran berbahasa Mandarin yang cukup terkenal adalah HSK dan TOCFL. Keduanya bisa kamu coba ketika akan mengukur kemahiran bahasa Mandarinmu. Namun, sebelum memilih alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan HSK dan TOCFL.

Berikut akan dijelaskan secara rinci bentuk perbedaan kedua tes tersebut. Kira-kira untuk para pemula lebih worth it pilih tes yang mana, ya? Ikuti terus artikel ini untuk mendapatkan jawabannya!

Table of Contents

Mengenal HSK

Beberapa orang mungkin sudah sangat familiar dengan yang namanya HSK, termasuk kamu. HSK sendiri merupakan bentuk singkat dari Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì, ialah salah satu tes bahasa Mandarin berstandar internasional yang digunakan untuk menguji dan menilai seberapa mahir bahasa Mandarinmu.

Kamu dapat menggunakan tes ini untuk mendaftar beasiswa, masuk kuliah, atau ketika akan bekerja di Negeri Cina. jika dilihat padananya dengan tes kemahiran bahasa Inggris, maka akan setara dengan TOEFL dan IELTS.

Mengenal TOCFL

TOCFL merupakan bentuk singkat dari Test of Chinese as a Foreign Language, atau dalam bahasa Mandarin dikenal dengan nama Huáyǔ wén nénglì cèyàn. Test ini mengacu pada Common European Framework of Reference (CEFR). TOCFL diselenggarakan oleh Steering Committee for the Test of Proficiency-Huayu (SC-TOP).

Tes atau ujian TOCFL ini sangat tinggi dan bermutu dengan tingkat kesulitan yang sudah ditetapkan oleh Taiwan. Saat akan mendaftar TOCFL, kamu bisa memilih antara Mandarin Tradisional (Taiwan) atau Simplified (Chinese).

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Perbedaan HSK dan TOCFL

Setelah mengetahui pengertian dari HSK dan TOCFL, langsung aja yuk simak perbedaan keduanya yang dilihat dari berbagai aspek!

(1) Level pada Ujian

HSK memiliki lima level ujian, yang terdiri dari level I sampai level Vi. Pada masing-masing level, ada kualifikasi yang berbeda. Sedangkan untuk TOCFL, ada tiga level yang harus dilalui, yaitu level Band A, Band B, dan Band C. For your information, level Band A pada TOCFL sudah setara dengan level 3 pada tes HSK, dan untuk Band B sudah setara dengan level 5 HSK.

(2) Fungsi atau Tujuan

Jika dilihat dari fungsinya, akan jelas terlihat perbedaan di antara HSK dan TOCFL. HSK digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, beasiswa, atau melamar kerja di Cina. sedangkan TOCFL digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, beasiswa, atau melamar pekerjaan di Taiwan. So, sebelum kamu memilih tesnya, pastikan negara tujuanmu ya, Sobat Cakap!

(3) Pembagian Waktu Ujian

HSK menguji kemampuan dengan komposisi, mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Ketiga materi tersebut diujikan secara bersama, hanya tes untuk kemampuan berbicara saja yang dilakukan secara terpisah, yaitu melalui HSKK.

TOCFL juga mengujikan kemampuan yang sama seperti HSK. Namun, waktu tesnya dibagi secara terpisah menjadi 3 bagian, yaitu membaca dan mendengar, berbicara, serta tes menulis. 

(4) Tingkat Kesulitan

Meskipun keduanya tidak dapat diremehkan karena sama-sama sulit, namun tidak dapat dipungkiri kalau tingkat kesulitan TOCFL cukup tinggi. Untuk dapat lulus Band A dan B, diperkirakan perlu waktu belajar kira-kira 1-3 tahun. Sedangkan untuk lulus Band C, bisa mencapai waktu belajar selama 4 tahun, lho!

Tips Lolos Tes Kemampuan Bahasa Mandarin

Sebelum mengambil tes kemahiran berbahasa Mandarin, baik HSK, TOCFL, YCT, maupun tes yang lainnya. Yuk, ikuti dulu tips dan kiat di bawah ini!

(1) Hafalkan Banyak Kosakata Baru

Pastikan kamu sudah menghafal kosakata bahasa Mandarin dengan jumlah yang sesuai dengan level tes yang kamu ambil. Misalnya, kamu ingin mengikuti tes HSK level 1, maka setidaknya kamu sudah memiliki hafalan kosakata sebanyak 150 sampai 300 kosakata.

(2) Latihan Mengerjakan Soal

Semakin kamu banyak berlatih mengerjakan soal dari tes yang diujikan, maka kamu akan lebih siap ketika mengikuti tes di hari H. kamu juga dapat mengetahui kisi-kisi dan mendapatkan gambaran soal-soal yang akan keluar pada ujian.

(3) Mengikuti Kelas Pelatihan

Mengikuti kelas pelatihan dapat menambah peluangmu lulus tes kemampuan bahasa Mandarin. Biasanya, ada banyak tempat kursus yang menyediakan pelatihan sebelum mengikuti tes/ujian HSK atau TOCFL. Dengan begitu, proses belajarmu lebih terarah lagi. Kamu juga bisa bertanya pada tutor atau pengajarmu.

Sekarang kamu sudah bisa bukan membedakan antara tes HSK dan TOCFL? Dari pemaparan di atas, sudah jelas ya kapan kamu harus memilih melakukan tes kemahiran HSK dan TOCFL. Yuk, tingkatkan peluangmu untuk lulus dalam ujian HSK dan TOCFL dengan mengikuti kursus bahasa Mandarin Cakap!

Referensi:
-mandarincenter.id
-mandarinme.com
-roc-taiwan.org
-indonesiataiwanacademy.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

      #SiapaCakapDiaDapat