Mengenal Tingkatan Kemampuan Bahasa Inggris CEFR

cerf adalah
Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

Mencari tahu level bahasa Inggris adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika mempelajari bahasa Inggris. Dengan memahami kapasitas bahasa Inggrismu, kamu akan tahu kelas mana atau aspek dan materi apa yang perlu kamu pelajari dan tingkatkan. 

Ada berbagai macam tolok ukur yang menjadi acuan tingkatan kemampuan bahasa Inggris, mulai dari TOEFL, IELTS, TOEIC, hingga CEFR. Nah, artikel kali ini akan membahas seputar CEFR dan tingkatannya. Simak selengkapnya, yuk!

Apa Itu CEFR?

Photo by Compare Fibre from Unsplash

CEFR adalah singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages. Seperti namanya, CEFR merupakan standar internasional yang digunakan untuk mengukur kecakapan bahasa yang dipraktikkan dan diakui secara luas di seluruh Eropa. CEFR bukan hanya berlaku untuk bahasa Inggris tetapi juga beberapa bahasa asing lainnya. 

Ada lima keahlian dalam bahasa Inggris yang akan difokuskan dalam konsep CEFR, yaitu spoken interaction, spoken production, listening, reading, dan writing. Jadi, CEFR dapat mengukur kemampuan bahasa Inggrismu, baik secara pasif maupun aktif.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Tingkatan CEFR

Photo by Zen Chung from Pexels

Dalam CEFR, terdapat 6 tingkatan dengan kriteria yang berbeda-beda, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat mahir.

1. A1 Beginner

Tingkat ini adalah tingkat paling dasar dalam CEFR. Orang yang berada di tingkat ini memiliki kemampuan bahasa Inggris yang masih sangat dasar seperti ungkapan sehari-hari dan kalimat sederhana yang umum digunakan.

2. A2 Elementary

Level kedua pada CEFR disebut A2 Elementary dimana seseorang sudah dapat menulis dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan topik yang sederhana. Biasanya, orang yang berada pada level ini dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, namun hanya mencakup hal-hal tertentu yang sudah dikuasai.

3. B1 Intermediate

Tingkat selanjutnya yaitu B1 Intermediate dimana seseorang sudah melampaui kemampuan dasar berbahasa Inggris. Orang yang berada pada level ini dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif maupun pasif dengan topik yang lebih luas dari level sebelumnya dan biasanya lebih banyak dalam situasi informal.

4. B2 Upper-Intermediate 

Pada level ini, orang sudah dapat menggunakan bahasa Inggris secara spontan namun tidak seakurat level C1. Level ini juga ditunjukkan dengan kemampuan untuk memahami dan mempraktikkan bahasa Inggris yang relatif kompleks. Biasanya, orang yang bekerja dan belajar menggunakan bahasa Inggris setidaknya ada pada level ini.

5. C1 Advanced

Level kelima yaitu C1 Advanced atau lanjutan. Orang yang berada pada level ini dapat menggunakan bahasa Inggris dengan baik untuk kepentingan akademis dan profesional. Mereka dapat mengungkapkan gagasan secara spontan dan menggunakan bahasa Inggris secara fleksibel dan efektif.

6. C2 Proficient

Tingkat ini adalah tingkat tertinggi pada CEFR setara dengan native speaker atau penutur asli bahasa Inggris. Orang yang berada pada level ini dapat menggunakan bahasa Inggris secara aktif dan efektif dalam situasi dan kondisi apapun mulai dari kegiatan sehari-hari hingga dalam urusan akademis maupun lingkungan kerja.

Yuk Belajar Bahasa Inggris dengan Teacher Asing di Cakap!

Perbandingan Skor CEFR dengan IELTS & TOEFL

CEFR IELTS1 TOEFL iBT2
A1 Beginner n/a n/a
A2 Elementary n/a  n/a
B1 Intermediate 4.0 – 5.0 42 – 71
B2 Upper-Intermediate 5.5 – 6.0 72 – 94
C1 Advanced 6.5 – 7.5 95 – 120
C2 Proficient 8.0 – 9.0 n/a

1. IELTS and the CEFR: https://www.ielts.org/about-ielts/ielts-in-cefr-scale 

2. Compare TOEFL® Scores: https://www.ets.org/toefl/institutions/scores/compare/

Jadi, kamu sudah tahu belum ada di level yang mana? Level mana aja nggak masalah, yang penting kamu tetap terus belajar dan mengasah kemampuan bahasa Inggrismu. Kalau kamu ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, kamu bisa coba belajar di kelas bahasa Inggris Cakap. Dapatkan hasil yang maksimal di kelas yang menyenangkan! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat