6 Fakta Unik Soal Pendidikan di China, Penasaran?

fakta unik sistem pendidikan di china

Cina dikenal punya murid-murid yang cerdas, kompetitif dan disiplin. Berdasarkan tingkat kemampuan membacanya, murid-murid di Beijing, Cina berada di peringkat paling atas dibandingkan dengan murid-murid di negara lain. Tingkat literasi anak muda di Cina bahkan mencapai 99,4%. Tinggi sekali ya! 

Apa sih yang membuat banyak murid dari Cina ini unggul dan berprestasi? Salah satu alasannya adalah karena sistem pendidikannya yang memiliki karakter yang kuat. Pendidikan memang salah satu aspek yang menjadi perhatian pemerintah Cina. Bahkan, Cina punya ‘Ivy League’ versi mereka sendiri. 

Kira-kira apa yang membedakan sistem pendidikan di Cina dengan di Indonesia? Nah, buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Cina baik itu di jenjang sekolah ataupun perkuliahan fakta-fakta di bawah ini bisa jadi referensi nih buat tahu lebih lanjut soal sistem pendidikan di Cina.

Jadi begitu kamu ke sana, kamu gak mengalami culture shock. Namun sebelum kamu ke Cina, yuk cari tahu terlebih dulu 5 do’s and don’ts saat melancong ke negeri bambu.

Berikut 6 fakta menarik soal pendidikan di Cina yang berbeda dengan di Indonesia!

Pemanasan setiap hari

Ya, setiap pagi sebelum mulai belajar murid-murid di Cina akan melakukan pemanasan dengan mengikuti instruksi guru olahraga.

Tujuannya gak lain supaya tubuh tetap sehat dan lebih semangat untuk menjalani hari. Setelah itu, ada pemanasan kedua yang itu di jam 2 siang. Bedanya, pemanasan yang ini diiringi musik. 

Kini Mandarin Club Bebas Akses di Cakap Upskill!

Bersih-bersih sekolah

Kalo di Indonesia ada yang namanya piket, di Cina juga ada. Murid-murid biasanya berkumpul untuk bersih-bersih seluruh sekolah.

Ada yang menyapu, ada yang ngepel, ada yang membersihkan jendela, lorong, toilet, meja, dan sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan kebersihan dan kerjasama. 

Belajar lebih dari 8 jam

Kalo di Indonesia sekolah biasanya berlangsung selama kurang lebih 8 jam, di Cina jam belajarnya lebih panjang dari itu. Biasa mereka mulai sekolah pukul 7.30 atau jam 8 pagi, kemudian pulang sekitar jam 4-5 sore.

Tapi setelah itu, banyak murid khususnya murid SMA yang tidak langsung pulang melainkan lanjut belajar atau mengerjakan tugas di sekolah hingga jam 8-10 malam.

Karena kompetisinya tinggi, banyak orang tua yang juga memasukkan anaknya ke berbagai les. Apalagi di Cina performa akademik sangat menentukan apakah kamu bisa masuk perguruan tinggi top atau tidak. 

Sesi belajar mandiri

Beda dengan di Indonesia, di Cina ada yang namanya sesi belajar mandiri. Jadi dari pagi hingga sore, murid akan belajar berbagai materi pelajaran dengan guru. Setelahnya, murid akan lanjut belajar secara mandiri. 

Ada sekolah yang mewajibkan muridnya untuk mengikuti sesi belajar mandiri ini di sekolah, tapi ada juga yang memperbolehkan muridnya untuk lanjut belajar di rumah. Selain itu ada juga sekolah yang menerapkan sesi belajar mandiri ini di pagi hari.

Jam tidur siang

Karena jam belajar yang panjang, biasanya murid-murid di China diberikan kesempatan untuk tidur siang sebelum pelajaran setelah makan siang dimulai.

Tapi, budaya ini gak cuma di sekolah doang, lho. Beberapa perusahaan di China juga menerapkan jam tidur siang. Cocok banget buat kamu yang suka ngantuk abis jam makan siang!

Bangun Peluang Karier dengan Belajar Bahasa Mandarin!

Ada grafik ranking

Kalo di Indonesia biasanya ranking diumumkan per semester atau per tahun ajaran, di Cina ranking di-update terus setiap harinya. Tujuannya untuk memotivasi murid-murid agar semangat belajar dan kompetitif. 

Ranking umumnya didasarkan pada nilai dan keaktifan. Misalnya, jika murid menjawab pertanyaan dengan benar di kelas, ia akan mendapat bintang. Kalau dia ngobrol dengan temannya, bintangnya akan berkurang.

Ranking ini diperbarui terus setiap harinya di papan sehingga semua murid bisa melihat pencapaian satu sama lain.

Menarik ya sistem pendidikan di Cina! Gimana, jadi semakin semangat untuk lanjut studi di sana gak, Sobat Cakap? Sekarang semakin banyak orang yang lanjut sekolah di Cina lho. Baik itu untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun belajar bahasa. 

Saat ini juga ada banyak beasiswa kuliah di Cina yang tersedia untuk orang asing yang ingin belajar ke sana. Yang pasti untuk bisa bertahan dan sukses belajar di sana, kamu harus bisa bahasa Mandarin dong.

Makanya, latih terus bahasa Mandarinmu dengan ikut Kursus Bahasa Mandarin Cakap supaya makin lancar dan mimpimu untuk belajar di Cina bisa tercapai deh! Yuk, baca juga mengapa belajar bahasa mandarin itu penting?

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks