Cerita Kanya: Siswa SMP yang Lulus Ujian HSK pada Percobaan Pertama

student-testimonial-kanya

Belajar di Cakap beneran bisa membantu meningkatkan skor tes kemahiran bahasa asing nggak sih? Kali ini Cakap akan mengajak kamu untuk kenalan dengan Kanya, seorang siswa yang baru-baru ini berhasil lulus Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) atau ujian kemahiran bahasa Mandarin Level 2. Penasaran apa kata Kanya soal belajar di Cakap? Yuk, simak ceritanya! 

Motivasi Belajar Bahasa Mandarin

Kali ini Cakap berkesempatan untuk ngobrol dengan Kanya Kanya Dwanikanti, Cakap Student yang masih duduk di kelas IX SMP. Gadis berusia 14 tahun yang berasal dari Jakarta ini katanya sedang sibuk belajar bahasa Mandarin dengan mengambil Kelas Persiapan HSK Online di Cakap. 

Menurut Kanya, alasannya belajar bahasa Mandarin adalah karena belajar bahasa Mandarin itu sudah menjadi bahasa yang universal selain bahasa Inggris. Ia sendiri sempat belajar bahasa Mandarin di bangku sekolah dasar sehingga 

“Setelah lulus SMP, saya ingin masuk ke SMA yang ada full bahasa Mandarin jadi saya nggak ingin ketinggalan sama anak lain di sana,” ungkapnya.

Kanya ternyata juga memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di negeri tirai bambu Tiongkok sehingga semakin termotivasi belajar bahasa Mandarin. 

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Terkesan dengan Fleksibilitas Cakap

Tahu Cakap dari ibunya, Kanya menjelaskan bagaimana dirinya yang ingin mengambil kursus bahasa Mandarin dan menemukan Cakap saat browsing. 

“Untuk kursus online, kualitas Cakap itu udah bagus dan pelaksanaannya lumayan fleksibel untuk jadwal saya yang lumayan sibuk dengan ekskul dan les-les lainnya,” tutur Kanya soal kenapa ia memilih Cakap.

Kanya juga menjelaskan tentang pengajar favoritnya di Cakap, yaitu Laoshi Felia yang sudah mengajar Kanya sejak awal. Menurut Kanya, pembelajaran dengan Felia Laoshi menyenangkan serta sangat membantunya untuk memahami materi lebih cepat. 

Lulus HSK setelah Kursus di Cakap

Kanya mengambil Kursus Persiapan HSK di Cakap sebelum mengambil ujian HSK pada bulan September 2022 lalu. Setelah mengambil kursus tersebut, Kanya berhasil lulus HSK Level 2 dengan nilai 150 dari skor minimal kelulusan 120. 

Menurut Kanya, mengambil Kursus Persiapan HSK relatif cepat dan efektif baginya untuk belajar bahasa Mandarin dan mempersiapkan HSK. 

“Laoshi-laoshinya aware dan fokus pada kelemahan saya dalam tes HSK, jadi bisa dilatih lagi agar nggak masalah saat ujian,” ungkapnya. 

Nah, demikianlah cerita Kanya, siswa SMP yang lulus HSK setelah mengambil kursus di Cakap. Kanya juga merekomendasikan Cakap buat teman-teman karena praktis untuk belajar bahasa asing serta guru-gurunya menyenangkan dan sangat membantu. Yuk, ambil kursus bahasa Mandarin di Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat