Meraih Peluang Karier yang Lebih Luas dengan Berbahasa Mandarin

cakap for corporate pentingnya belajar bahasa mandarin

Memiliki kemampuan untuk belajar dan dapat menguasai bahasa asing memiliki banyak keuntungan, terutama untuk karier kamu di masa depan. Kita pasti sudah menyadari bahwa bahasa Inggris adalah menjadi bahasa internasional yang banyak digunakan di berbagai sektor. Namun selain bahasa Inggris, kini memiliki kemampuan berbahasa Mandarin menjadi salah satu aspek penting yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan asing. 

Hal ini tidak lepas dari peran negara Cina yang memiliki peranan besar dalam perekonomian dunia, termasuk di Indonesia. Kemajuan pembangunan di bidang infrastruktur, teknologi, maupun keuanganlah yang menjadikan Cina sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia. Faktor tersebut lah yang kemudian menjadi alasan kuat pentingnya kemampuan berbahasa Mandarin untuk penunjang karier yang lebih kompetitif. 

Kali ini salah satu Cakap Student akan berbagi pengalaman mengikuti pelatihan bahasa Mandarin di pelatihan Cakap for Corporate. 

Zico: Bahasa Mandarin Sebuah Modal Besar untuk Peningkatan Karier 

Dapat meningkatkan nilai kompetitif dan mudah menerima informasi dari dunia luar untuk dapat menambah wawasan adalah keungtungan yang didapat dari menguasai bahasa Mandarin. Kedua hal ini menjadi faktor yang penting untuk meningkatkan performa dalam berkarier. 

Hal tersebutlah yang dirasakan oleh Zico Mario Samuel Setiono yang saat ini menjabat sebagai Vice President di salah satu bagian dari perusahaan teknologi asuransi terbesar di dunia yang berada di Cina. Zico merupakan salah satu peserta pelatihan Cakap for Corporate untuk program pelatihan bahasa Mandarin. 

“Dapat berbicara bahasa Mandarin telah menjadi keunggulan kompetitif bagi saya untuk  bekerja di bagian dari perusahaan teknologi asuransi terbesar dunia di China,” ungkapnya. 

Zico juga mengungkapkan bahwa pengalamannya belajar di Cakap sangat baik bagi dia yang belum pernah mengenal bahasa Mandarin sebelumnya. Cara pengajar Cakap yang mengkombinasikan nilai-nilai dan filosofi bahasa Mandarin membuat Zico dapat memahami akar kata yang digunakan yang berhubungan dengan makna kata tersebut. 

“Didukung oleh media yang ramah pengguna, saya berharap bahwa saya akan meningkat dari hari ke hari dalam hal membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan,” lanjutnya. 

3 Alasan Pentingnya Berbahasa Mandarin 

Seperti yang diungkapkan Zico, bahasa Mandarin kini memang menjadi salah satu bahasa yang dibutuhkan banyak perusahaan asing. Memiliki kemampuan berbahasa Mandarin tentunya menjadikan Anda lebih kompetitif dan memberi banyak keuntungan. Berikut 3 alasan kenapa pentingnya berbahasa Mandarin saat ini:  

  1. Bahasa dengan penutur terbanyak di dunia

Menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, membuat bahasa Mandarin adalah bahasa yang digunakan oleh lebih dari sepermpat penduduk dunia. Hal ini juga dikarenakan oleh berbagai komunitas masyarakat perantauan dan keturunan Tionghoa yang bertempat di negara-negara besar seperti Australia, Amerika Serikat dan daratan Eropa yang menggunakan bahasa Mandarin dalam kesehariannya. 

  1. Meningkatkan value dalam berkarier 

Dilansir dari Kompas, pada tahun 2022 Cina menjadi negara kedua terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia, yakni sebesar 2,3 miliar dolar AS. Hal ini menunjukan bahwa kedepannya sumber daya manusia dengan kemampuan berbahasa Mandarin akan sangat dibutuhkan lagi dan memiliki nilai lebih di mata banyak perusahaan. 

  1. Peluang pekerjaan semakin luas 

Di era digital ini, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa memiliki kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu faktor penting untuk berkarier. Begitu juga dengan mampu berbahasa Mandarin yang dapat menambah nilai di mata perusahaan. Peranan negara Cina yang memiliki peran penting dalam sektor ekonomi pun menjadi salah satu alasan pentingnya sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dalam berbahasa Mandarin.

Cakap for Corporate 

Cakap for Corporate merupakan kelas bahasa asing untuk kebutuhan profesional bagi karyawan perusahaan maupun pemilik bisnis. Kelas bahasa asing yang tersedia di Cakap saat ini terdiri dari kelas bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan bahasa Jepang. Selain itu, ada pula kelas bahasa Indonesia untuk warga negara asing yang bekerja di Indonesia. 

Menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, kelas bahasa asing Cakap for Corporate tersedia dalam pilihan kelas privat dan grup dengan keunggulan sebagai berikut: 

  • Ruang kelas virtual yang memungkinkan komunikasi dan interaksi pembelajaran dua arah. 
  • Penetapan waktu pembayaran yang fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan kebijakan internal perusahaan/bisnis Anda.
  • Program khusus yang dibuat berdasarkan kebutuhan bidang bisnis atau industri tertentu sesuai kebutuhan Anda. 
  • Pengajar merupakan guru bersertifikasi dan ahli dalam industri tertentu dengan pengalaman yang signifikan.

Selain itu, pihak perusahaan akan diberikan akses untuk melihat proses pembelajaran karyawan yang diikutsertakan. Setiap peserta yang sudah menyelesaikan program akan mendapatkan evaluasi hasil pembelajaran dan sertifikat.

Meningkatkan kemampuan bahasa asing dapat membuka kesempatan yang lebih luas bagi karyawan maupun perusahaan untuk dapat berkembang dan bersaing secara global. Daftar Cakap for Corporate sekarang dan temukan program terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, karena #SiapaCakapDiaDapat! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.