12 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Lagi Banyak Dicari Loh!

pekerjaan yang cocok untuk introvert

Kamu seorang introvert? Eits tidak perlu khawatir, akhir-akhir ini semakin banyak rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert yang bahkan diantaranya menawarkan gaji tinggi, loh. 

Seorang dengan karakter introvert cenderung memilih lingkungan kerja yang nyaman, tenang, dan tidak banyak interaksi agar tidak mudah kehabisan energi. Dengan begitu, ia bisa mengekspresikan diri dan melakukan pekerjaan dengan optimal.

Lantas, apa saja pekerjaan yang untuk orang introvert? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel berikut ini!

Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert

Preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan terkadang tidak hanya berdasarkan riwayat pendidikan, tetapi juga menyesuaikan kepribadiannya. Jangan sampai, Sobat Cakap memilih pekerjaan yang tidak sesuai, sehingga justru akan menyebabkan stres, bahkan depresi.

Jika kamu termasuk dalam salah satu pemilik karakter introvert, maka beberapa rekomendasi pekerjaan ini mungkin akan cocok.

1. Programmer

Programmer adalah salah satu pekerjaan yang banyak diperlukan saat ini, bahkan profesi ini digadang-gadang sebagai pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan.

Programmer menjadi pilihan pekerjaan untuk introvert karena bisa dikerjakan di rumah. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan programmer secara remote. Bekerja sebagai programmer adalah suatu profesi yang akan memungkinkan kamu untuk lebih banyak menatap layar komputer, daripada harus berinteraksi dengan orang lain.

Alasan lain mengapa pekerjaan ini banyak diminati tentu saja gajinya. Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji programmer adalah Rp6,3 juta per bulan. Angka tersebut bisa lebih tinggi apabila kamu telah menjadi seorang programmer senior, bahkan bisa mencapai belasan hingga puluhan juta per bulan.

2. Pustakawan

Kita tahu seperti apa suasana di perpustakaan, bukan? Cenderung tenang dan tidak banyak suara, sangat cocok dengan kepribadian introvert. Itulah mengapa, pustakawan menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert. Profesi ini bertugas untuk membantu pengunjung menemukan buku di perpustakaan.

Selain itu, pustakawan juga bertanggung jawab untuk memeriksa setiap kondisi buku, menyiapkan buku katalog dan majalah, serta mengelola anggaran perpustakaan.

3. Content Writer

Content writer adalah salah satu profesi yang banyak direkomendasikan untuk orang introvert.

Pekerjaan ini sangat direkomendasikan untuk seorang introvert yang gemar menulis. Apalagi, kamu bisa bekerja secara mandiri tanpa harus terikat dalam perusahaan. Misalnya, dengan menjadi blogger atau freelancer.

Alasan lain mengapa content writer cocok sebagai pekerjaan introvert dikarenakan kepribadian ini cenderung lebih mahir mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan daripada verbal.

Jika kamu seorang pemula dan ingin melatih kemampuanmu menjadi content writer, kamu mungkin dapat mulai membuat blogmu sendiri. Karena selain untuk latihan, ini juga bisa kamu jadikan portofolio di kemudian hari. 

Jika kamu bekerja secara mandiri, kamu bisa menentukan rate artikel sendiri. Semakin banyak pengalamanmu, maka bayaran untuk setiap tulisanmu akan semakin mahal.

4. Personal Chef

Sebagai seorang introvert yang gemar memasak, maka menjadi personal chef bisa menjadi pilihan pekerjaan yang menyenangkan. Berbeda dengan profesional chef yang harus bekerja di dapur berskala besar, seorang personal chef bisa berkarya di lingkungan lebih tenang.

Personal chef biasanya bekerja di dapur klien, dengan bantuan satu atau dua chef saja. Dengan begitu, kamu bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk menunjukkan kreativitasnya.

Kedua hal tersebut sangat cocok dengan kepribadian introvert, karena bisa menciptakan pekerjaan yang nyaman dan tetap berkembang dalam karirnya.

Psst, Sudah Tau Tingkat Bahasa Inggris Kamu? Cek Disini!

5. Research Analyst

Selama penelitian, peneliti dan perusahaan memerlukan bantuan research analyst untuk menganalisis sumber dan membuat rencana evaluasi.

Oleh karena itu, pekerjaan ini dianggap cocok untuk para introvert yang senang mempelajari hal-hal baru dan memiliki latar belakang penelitian yang kuat. Juga dalam bidang pekerjaan ini penekanannya adalah bekerja secara mandiri atau dalam kelompok kecil. Hal itu diterapkan untuk mengurangi perbedaan pendapat yang berlebihan.

Research analyst biasanya dapat melakukan pekerjaannya secara mandiri dan tanpa pengawasan ketat dari seorang manajer. Tentu saja, hal tersebut merupakan keuntungan bagi introvert yang biasanya memilih lingkungan yang fleksibel untuk menunjukkan bakat mereka sepenuhnya. 

6. Pengusaha

Apakah seorang introvert bisa menjadi pengusaha? Maka,jawabannya adalah bisa, bahkan sangat mungkin. Seseorang dengan kepribadian introvert mungkin tidak memiliki banyak teman atau relasi, namun bukan tak mungkin kamu bisa membangun itu jika berorientasi pada pekerjaan.

Menjadi pengusaha justru bisa membuat introvert menjadi lebih leluasa dalam berkarya. Sebagai pemula, kamu bisa mempelajari beberapa tips memulai bisnis dari nol

7. Dokter Gigi

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert berikutnya adalah dokter gigi. Ya, karena menjadi dokter gigi bisa melakukan praktek di klinik sendiri. Menjadi dokter gigi tidak mengharuskan kamu untuk banyak berbicara di depan publik. Bahkan, biasanya dokter gigi bisa membatasi kunjungan pasiennya.

Pada dunia medis, kedokteran gigi termasuk membutuhkan kemampuan analisis dan konsentrasi yang baik. Di mana, skill tersebut cenderung dimiliki oleh seorang introvert.

8. Graphic Designer

Jika kamu bertanya-tanya apakah anak introvert susah dapat kerja, maka jawabannya tentu saja tidak, apalagi jika kamu memiliki kemampuan desain grafis.

Sama halnya dengan content writer, graphic designer juga bisa dilakukan secara mandiri dengan menjadi freelancer. Kalaupun bekerja di perusahaan, seorang graphic designer tidak diharuskan untuk hadir ke kantor. Mereka bisa menyelesaikan tugas secara remote di rumah.

Kemampuan dan kreativitas seorang graphic designer umumnya juga dikuasai dengan baik oleh pemilik kepribadian introvert.

9. Penerjemah

Pekerjaan yang cocok berikutnya adalah penerjemah. Jika kamu pandai berbicara lebih dari satu bahasa dan ingin mencari pekerjaan yang memungkinkan untuk dilakukan dari rumah, penerjemah bisa menjadi pilihan yang baik.

Pekerjaan yang satu ini juga fleksibel. Penerjemah cocok untuk introvert yang suka berpikir kritis, mengikuti tren budaya, dan melakukan tugas yang menantang.

10. Manajer Akuntansi

Salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk introvert adalah manajer akuntansi. Karier ini sangat cocok dengan introvert karena memungkinkan mereka untuk mengontrol pekerjaan tanpa gangguan.

Tugas manajer akuntansi adalah menganalisis data dan angka serta menggunakan keterampilan organisasi untuk memastikan seluruh proyek berjalan dengan lancar.

Pekerjaan ini juga memungkinkan kamu untuk bekerja dari jarak jauh, sehingga kamu tidak harus sering pergi ke kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja.

Kursus Online Bersertifikat di Upskill, bantu Kamu Raih Karir Impian!

11. Arsiparis

Profesi arsiparis juga dinilai sangat cocok untuk pekerja introvert. Pekerjaan ini mendorong karyawan untuk bekerja mandiri tanpa harus sering berinteraksi dengan rekan kerja.

Para arsiparis juga harus menata dan mengelola berbagai dokumen dengan baik. Keterampilan organisasi dan manajemen dari orang yang biasanya dimiliki introvert akan cocok untuk ini.

12. Aktuaris

Aktuaris adalah bentuk profesional yang cocok untuk introvert karena proses kerjanya dipandang cocok untuk individu yang dapat berkembang di lingkungan kerja mandiri.

Seorang aktuaris juga membutuhkan kemampuan analisis dan riset yang tinggi. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh seorang introvert. Sebagai seorang aktuaris, tugas kamu adalah menganalisis risiko. Biasanya posisi ini berada di perusahaan agen asuransi atau lembaga keuangan. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Jadi, apakah ada pekerjaan yang menarik perhatianmu sebagai seorang introvert?

Namun, perlu diingat bahwa meski seorang introvert mungkin lebih cocok dengan pekerjaan di atas, mereka tetap memiliki kesempatan untuk bekerja dalam berbagai bidang. Jadi, jangan takut untuk explore lebih banyak pekerjaan sesuai passion-mu. Kamu bisa coba ikut tes kepribadian minat dan bakat untuk melihat siapa tahu ada pekerjaan lain yang lebih cocok buat kamu.

Bagaimana cara mengenali passion dan menentukan pekerjaan yang cocok? Salah satu solusinya adalah dengan mengikuti kursus online bersertifikat guna mengenali minat bakatmu untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok di Cakap Upskill.

Kelas pengembangan diri dan karir dari Cakap Upskill ini akan membantu kamu menemukan minat dan bakat diri, misalnya pada fresh graduate yang ingin terjun ke dunia kerja. Di sini, Sobat Cakap juga bisa menemukan apa jurusan kuliah yang cocok, lho

Tunggu apa lagi? Yuk ikuti kelasnya sekarang juga!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.