Mengenal Macam-Macam Musim di Eropa

musim di eropa

Berlibur ke Benua Eropa pasti membutuhkan banyak persiapan. Mulai dari segi finansial hingga dokumen-dokumen yang dibutuhkan perlu memiliki persiapan yang matang. Tak ketinggalan, fashion menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan saat berlibur ke luar negeri.

Persiapan fashion untuk kamu yang ingin berwisata ke Benua Eropa perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah memperhatikan musim yang sedang berlangsung. Jangan sampai kamu membawa pakaian yang tidak sesuai dengan musim di Benua Eropa.

Agar persiapan bepergianmu sesuai dengan musim yang sedang berlangsung, yuk perhatikan 4 musim di Eropa yang terjadi setiap tahunnya di bawah ini!

Musim di Eropa

Letak geografis menjadi salah satu faktor Benua Eropa mengalami musim sebanyak 4 macam. Tidak hanya terjadi di Benua Eropa, namun 4 macam musim ini juga terjadi pada setiap negara dengan iklim subtropis.

4 musim yang terjadi di Eropa tersebut adalah musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Setiap musim terjadi selama kurang lebih tiga bulan dalam satu tahun. Namun, sudahkah kamu tahu pembagian setiap bulan pada masing-masing musim? Simak penjelasan 4 musim di Eropa dan bulannya selengkapnya di bawah ini!

Musim Dingin (Winter)

Musim dingin di Eropa merupakan salah satu dari 4 musim di Eropa yang digemari oleh banyak masyarakat dunia. Jika kamu pergi ke Eropa pada musim dingin, jangan lupakan pakaian musim dingin milikmu seperti jaket atau coat, sweater, sarung tangan, kaos kaki, ataupun kupluk untuk menjaga kehangatan tubuhmu.

Musim dingin di Eropa terjadi pada bulan Desember – Januari – Februari. Pada ketiga bulan ini, kamu bisa merasakan sensasi serunya bermain salju di berbagai sudut jalan. Kamu juga bisa bermain ski atau berseluncur di tumpukan salju.

Negara rekomendasi yang bisa kamu datangi saat musim salju seperti Austria, Swiss, dan Perancis. Di Austria, kamu dapat menemukan butiran-butiran salju halus dan terawat dengan sangat baik. Saat berada di musim salju, kamu dapat mengatakan beberapa kalimat ini.

  • It’s snowing heavily now.
    (Salju turun dengan lebat sekarang.)

  • A good winter brings a good summer.
    (Musim dingin yang baik membawa musim panas yang baik.)

  • The snow has fallen, it is all on the ground.
    (Salju telah turun, semuanya ada di tanah.)

Musim Semi (Spring)

Berlibur ke benua Eropa di musim semi dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu yang mencintai keindahan pemandangan dengan banyak bunga bermekaran. Musim semi di Eropa merupakan salah satu dari 4 musim yang berlangsung dengan sangat cantik.

Untuk kamu yang ingin berlibur saat musim semi di Eropa berlangsung, kamu dapat berlibur pada bulan Maret – April – Mei. Pada ketiga bulan ini, seluruh daratan di Eropa dapat tumbuh tunas daun baru dan bunga-bunga yang bermekaran dengan suhu 6-13°C.

Kamu dapat menikmati indahnya musim semi di negara-negara Eropa seperti di Norwegia, Portugal, dan tentu saja negara yang terkenal dengan Bunga Tulipnya, yaitu Belanda. Di Keukenhof, Belanda, kamu dapat menemukan hamparan bunga tulip indah yang sedang mekar. Cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto cantik, asalkan jangan di rusak, ya!

Kalimat yang dapat kamu gunakan saat berada di musim semi adalah sebagai berikut.

  • It feels like spring.
    (Rasanya seperti musim semi.)

  • The weather is warm and nice.
    (Cuacanya hangat dan menyenangkan.)

  • All the flowers are blooming marvelous.
    (Semua bunga bermekaran luar biasa.)

Musim Panas (Summer)

Setelah menyelesaikan musim semi yang memanjakan mata, saatnya melakukan aktivitas yang menyenangkan di musim panas. Musim ke 3 dari 4 musim di Eropa ini merupakan waktu yang tepat jika kamu ingin melakukan piknik atau sekedar bersenang-senang ke taman bermain.

Di Eropa, musim panas berlangsung pada bulan Juni – Juli – Agustus dengan tingkat suhu sekitar 12-20°C. Berbeda dengan musim panas di Indonesia, musim panas yang berlangsung di Benua Eropa ditandai dengan matahari yang bersinar terik sepanjang hari namun udara  yang ada tetap sejuk dan nyaman.

Kamu dapat menikmati serunya berjemur di pantai atau melaksanakan summercamp di beberapa negara Benua Eropa. Negara yang cocok untuk didatangi saat musim panas adalah negara Italia, Spanyol, Swedia, maupun Yunani. Di negara Yunani, kamu dapat mendapati banyak pantai indah yang menyajikan pemandangan yang tak kalah memanjakan mata.

Saat berada di musim panas, kamu dapat menggunakan kalimat ini.

  • It’s been a hot summer.
    (Ini adalah musim panas yang panas.)

  • I’m looking forward to a long summer.
    (Saya menantikan musim panas yang panjang.)

  • It was warm and sweet, like summer rain.
    (Itu hangat dan manis, seperti hujan musim panas.)

Musim Gugur (Autumn)

Musim terakhir dari 4 musim di Eropa adalah musim gugur atau yang biasa dikenal dengan autumn. Setelah musim panas yang menyenangkan dengan banyak aktivitas, kamu akan disambut dengan musim gugur yang menenangkan.

Musim gugur yang terjadi di Eropa berlangsung pada bulan September – Oktober – November dengan tingkat suhu menurun dari 15° menjadi 5°C setiap harinya. Pada musim peralihan dari musim panas ke musim dingin ini, kamu bisa menemukan jalan dan tanah di setiap sudut kota di Eropa dipenuhi daun-daun tua yang berguguran.

Selain menemukan daun-daun yang berguguran, kamu juga dapat bertemu binatang-binatang seperti tupai yang mulai berkeliaran untuk mengumpulkan makanan selama musim dingin. Kamu dapat berlibur ke negara-negara yang menyajikan pemandangan indah selama musim gugur seperti Jerman, Austria, maupun Belanda. 

Kalimat yang bisa kamu gunakan saat musim gugur adalah sebagai berikut.

  • The leaves turn crimson in autumn.
    (Daun berubah merah di musim gugur.)

  • It’s often cloudy and windy, but I like it.
    (Sering berawan dan berangin, tapi saya menyukainya.)

  • Nature is most colorful in autumn.
    (Alam paling berwarna di musim gugur.)

Setelah kamu mengenal 4 musim di Eropa dan bulannya, sekarang kamu dapat menentukan jadwal kamu berwisata di Eropa. Selain itu, kamu dapat mempersiapkan segala hal dengan matang dan dapat bepergian dengan tenang.

Namun, kamu juga perlu mempersiapkan bahasa Inggrismu apabila ingin bepergian ke luar negeri. Bahasa Inggris sebagai bahasa dasar yang perlu kamu kuasai. Jangan khawatir, kamu dapat memperdalam kecakapan berbahasa Inggrismu di Cakap. Ikuti kelas bahasa Inggris online di Cakap dan rasakan asyiknya belajar Bahasa Inggris dengan beragam cara.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks