Pengertian Adverbial Clause Lengkap dengan Jenis & Contohnya

adverb clause

Pada tataran linguistik, clause berada di antara frasa dan kalimat. Berbicara tentang klausa, pasti berbicara pula dengan jenis-jenisnya yang tak sedikit. Salah satu jenis clause yang memiliki peranan penting dalam memberi keterangan tambahan adalah adverb clause.

Setelah sebelumnya membahas mengenai adverb dalam tataran kelas kata, sekarang saatnya mengupas apa itu adverb clause beserta jenis dan contohnya. For details, let’s check this article out!

Definisi Adverb Clause?

source: giphy.com

Adverb clause adalah dependent clause yang brfungsi sebagai adverb atau kata keterangan. Kata keterangan di sini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai verb, adjective, atau bisa juga memberi informasi pada adverb yang termasuk independent clause.

Adverb clause ini memiliki kapasitas untuk menjawab pertanyaan seperti, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Penerapannya dalam penulisan, biasanya didahului dengan subordinate conjunction, yaitu when, after, because, dan though. Subordinate conjunction akan menghubungkan antara adverbial clause dengan independent clause sehingga terciptalah complex sentence.

Rumus Adverb Clause

Sebelum beranjak pada jenis-jenis adverbial clause, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu rumusnya agar dapat mengaplikasikannya dan membuat contoh kalimatnya dengan tepat.

Rumus Adverb Clause

Subordinate Conjunction + S + V +/-…


Rumus Complex Sentence

Independent Clause + Adverbial clause

 

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Jenis-Jenis Adverb Clause

Secara spesifik, adverbial clause ini memiliki enam jenis. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak ulasan jenis-jenis adverb clause di bawah ini:

Adverbial Clause of Time

Jenis adverb clause yang pertama adalah ‘time’ atau ‘waktu’. Seperti Namanya, adverbial clause ini berfungsi untuk menerangkan waktu. Contoh kata hubung yang digunakan adalah after, before, when, until.

Contoh:

  • He will move to Batam after he finishes the final exam.
  • Jack goes to the market when Maria comes home.

Adverbial Clause of Place

Adverbial clause of place ini berfungsi untuk memberi keterangan tempat. Kata yang digunakan sebagai cirinya adalah where, wherever, anywhere, and everywhere.

Contoh:

  • Wherever you go, I’ll never forget you.
  • She didn’t tell me where she bought the beautiful ring.

Adverbial Clause of Purpose

Jenis adverbial clause ini berfungsi untuk menginformasikan tujuan atau cita-cita. Biasanya kata hubung yang sering digunakan untuk adverb clause ini adalah so, so that, lest, in the hope that.

Contoh:

  • You have to go to Germany so you can meet your grandpa there.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Adverbial Clause of Cause and Effect

Adverbial clause ini berfungsi untuk memberikan keterangan sebab akibat ‘Cause and effect’. Kata hubung yang sering digunakan adalah because, since, in order that.

Contoh:

  • Rochan will be late because of the traffic jam.
  • Since Adsy didn’t go to the camp, I didn’t go either.

Adverbial Clause of Manner

Jenis dari adverb clause selanjutnya adalah manner’. Fungsi utama dari adverb clause ini untuk menambahkan keterangan dalam kalimat yang menunjukkan cara. Biasanya, jenis adverb clause ini menggunakan kata hubung as, as if, how, the way, dan like.

Contoh:

  • As if nothing happened.
  • I love the way you love me.

Adverbial Clause of Condition

Adverbial clause ini berfungsi untuk menambahkan keterangan yang menjelaskan sebuah kejadian bersyarat dengan kondisi tertentu. Kata penghubung yang digunakan dalam adverb clause ini adalah if, as long as, only if, dan otherwise.

Contoh:

  • If you don’t come home, I will tell your mother.
  • As long as you practice hard, you can definitely win.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai adverb clause dan jenis-jenisnya. Sekarang kamu bisa membuat kalimat dengan adverb clause dan kata penghubung yang tepat sesuai jenisnya.

Menarik dan tertarik untuk belajar materi Bahasa Inggris lainnya? Jangan khawatir, Cakap bisa menjadi pilihan terbaik untuk pencarianmu. Di Cakap kamu bisa mengikuti Kursus Bahasa Inggris online yang interaktif dan nggak bikin bosen. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks