Apa itu Adverb of Manner dan Bagaimana Contohnya?

adverb of manner adalah

Dalam grammar Bahasa Inggris, kamu pasti mengenal adverb atau kata keterangan. Bagian dari grammar ini acap kali digunakan dalam sebuah kalimat agar kalimat tersebut memiliki makna utuh.

Nah, adverb sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya ialah adverb of manner. Menguasai adverb of manner adalah kewajiban karena jenis ini memiliki kosakata yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis adverb lainnya. Yuk, cari tahu apa itu adverb of manner di bawah ini!

Apa itu Adverb of Manner?

Adverb of manner adalah kata keterangan dalam bahasa Inggris yang memberikan informasi tambahan terkait bagaimana suatu kegiatan, tindakan, peristiwa dapat dilakukan atau terjadi. 

Ciri utama dari adverb of manner adalah penambahan akhiran -ly pada kata sifat. Berikut contohnya:

  • Angrily
  • Carefully
  • Exactly

Namun begitu, tak semua adverb of manner berakhiran -ly. Contohnya seperti well, fast, hard, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mempelajarinya bersama teacher profesional Cakap dengan mendaftar kursus Bahasa Inggris.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Fungsi Adverb of Manner

Selain untuk menambahkan informasi pada sebuah kalimat, terutama dalam sebuah sastra, adverb of manner memiliki dua fungsi utama, diantaranya:

  1. Memberikan Penekanan
    Untuk menambahkan penekanan pada kata kerja, sang penulis akan meletakkan adverb of manner sebelum kata kerja. Contohnya seperti “She carefully lifts the painting”
  2. Menimbulkan Rasa Penasaran
    Untuk menimbulkan rasa penasaran pembaca, biasanya sang penulis meletakkan adverb of manner di awal kalimatnya. Contohnya seperti Quickly she turns her back”

Penggunaan Adverb of Manner dalam Kalimat

Setelah mengetahui apa itu adverb of manner serta fungsinya, saatnya kamu memahami bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah kalimat. Ada beberapa cara, yaitu:

Sebelum Verb dan Object

Adverb of manner diletakan sebelum verb dan object merupakan sebuah cara untuk mewujudkan fungsi pertamanya yaitu memberi penekanan. Berikut contoh adverb of manner sebelum verb dan object:

  • She greedily drank the water
  • He carefully lifts the painting
  • Lizzie calmly picked the answer

Sebelum Preposisi

Jika ada preposisi sebelum objek, kamu dapat meletakkan adverb of manner sebelum preposisi atau setelah objek. Untuk menggunakan pola ini, pastikan terlebih dahulu apakah ada preposisi atau tidak. Berikut contoh adverb of manner sebelum preposisi atau setelah objek:

  • His gaze turned enthusiastically toward the hallway. (sebelum preposisi)
  • His gaze turned toward the hallway enthusiastically. (sesudah preposisi)

Baca Juga:Memahami Apa itu Preposition dan Jenisnya dengan Mudah

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Setelah Intransitive Verb

Kata kerja intransitive merupakan bentuk kata kerja yang tidak membutuhkan objek untuk membuat kalimat menjadi masuk akal. Misalnya seperti grow, sleep, fall, laugh, dan lain sebagainya. Berikut contoh adverb of manner setelah intransitive verb:

  • Dodi lives happily
  • She laughs hard
  • He listens carefully

Di Awal Kalimat

Seperti yang sudah dijelaskan pada fungsi adverb of manner, terkadang penulis meletakkan adverb of manner di awal kalimat untuk menimbulkan rasa penasaran. Berikut contoh adverb of manner di awal kalimat:

  • Quickly she turns her back
  • Slowly he woke up his dog
  • Patiently she waits although the sky turns grey
  •  

Itu dia pengertian adverb of manner serta contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat. Kamu bisa menguasainya dengan belajar Bahasa Inggris onlinedi Cakap. Dengan durasi yang relatif singkat, kemampuanmu akan meningkat tanpa mengganggu rutinitas harianmu. Yuk, daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks