Mengupas Apa Itu Complex Sentence dan Bagaimana Contohnya

Pengertian Complex Sentence

Menguasai grammar Bahasa Inggris dengan baik merupakan target yang harus dicapai. Bukan tanpa alasan, grammar yang baik dapat meningkatkan kredibilitas personal. Tidak sulit untuk menguasainya, kamu bisa mempelajari per komponen. 

Salah satu komponen grammar yang dapat dipelajari adalah complex sentence atau kalimat majemuk bertingkat. Nah, apakah kamu sudah tahu apa itu complex sentence? Yuk, cari tahu pengertian dan contoh complex sentence di bawah ini!

Apa Itu Complex Sentence?

Complex sentence adalah jenis kalimat yang di dalamnya terdapat satu independent clause serta satu atau lebih dependent clause. Perbedaannya, independent clause merupakan kalimat yang dapat berdiri sendiri, sedangkan dependent clause bergantung pada independent clause.

Dalam complex sentence, kedua jenis klausa ini biasanya dihubungkan dengan tanda koma atau kata hubung (konjungsi). Untuk lebih memahami kedua jenis klausa ini, berikut penjelasannya.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Independent Clause

Independent clause adalah jenis klausa yang sudah memiliki makna atau gagasan yang utuh sehingga dapat dikatakan sebagai kalimat lengkap. Pada complex sentence, independent clause berfungsi sebagai gagasan utama dan menjadi sebuah pondasi yang nantinya diteruskan oleh dependent clause.

Dependent Clause

Sebaliknya, dependent clause bukanlah kalimat utuh. Dilansir dari Grammarly, dependent clause biasa dikenal dengan subordinate clause. Seperti namanya, dependent clause bergantung pada independent clause untuk menjelaskan gagasannya.

Dependent clause dalam sebuah complex sentence terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya:

1. Adverbial Clause

Jenis pertama dependent clause ini menggunakan subordinate conjunction untuk menghubungkan independent clause dengan dependent clause. Contoh subordinate conjunction seperti before, after, when, since, although, because, dan lain-lain.

Adverbial clause berada di awal atau akhir complex sentence. Jika berada di awal kalimat, adverbial clause (dependent clause) dan indipendent clause dipisahkan dengan koma. Berikut contoh complex sentence yang mengandung adverbial clause:

  • You were playingwhen he left.
    Subordinate conjunction → when
    Adverbial clause → when he left
  • When he left, you were playing
    Subordinate conjunction → When
    Adverbial clause → When he left

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

2. Adjective Clause

Jenis dependent clause berikutnya menggunakan relative pronoun untuk menghubungkan independent clause dengan dependent clause. Contoh relative pronoun seperti who, which, whose, whom, that.  Berikut contoh complex sentence yang mengandung adjective clause:

  • That is the computer that was made in China
    Relative pronoun → that
    Adjective clause → that was made in China

3. Noun Clause

Noun clause adalah jenis terakhir dari dependent clause. Dalam jenis ini, dependent clause berperan sebagai kata benda. Noun clause bisa difungsikan sebagai subjek atau objek dalam sebuah klausa. Berikut contoh complex sentence yang mengandung noun clause:

  • What he eaten is tasty
    Noun clause What he eaten
    Berfungsi sebagai subjek
  • I forgot where is my car
    Noun clause What he eaten
    Berfungsi sebagai objek

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu complex sentence. Untuk menguasainya, kamu bisa belajar Bahasa Inggris onlinebersama teacher profesional Cakap. Meskipun dari rumah, kamu tetap bisa berinteraksi dengan teacher. Dengan begitu, kamu bisa cas cis cus. Yuk, daftar kursus Bahasa Inggris di Cakap!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks