Apakah Sertifikat Kursus Bisa untuk Melamar Kerja? Ini Fungsinya!

manfaat sertifikat online
Image by Freepik

Sejak pandemi Covid-19, berbagai kursus keterampilan dapat kamu ambil secara online dan kamu akan mendapatkan sertifikat. Pendidikan nonformal ini selain menambah pengetahuan dan keterampilan, kamu mungkin bertanya-tanya apakah sertifikat kursus berguna untuk melamar kerja? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus mengetahui dulu apa saja manfaat sertifikat kursus online yang akan dijabarkan dalam artikel berikut ini. Yuk, baca selengkapnya!

Table of Contents

Manfaat Sertifikat Kursus Online

Selain menyediakan materi pelatihan yang menarik mudah diterapkan, sebuah tempat kursus yang baik juga akan memberikan sertifikat. Selain berfungsi sebagai bukti bahwa kamu telah menguasai skill yang diajarkan, sertifikat tersebut juga memiliki beragam manfaat lain sebagai berikut. 

1. Melamar Kerja

Apakah sertifikat kursus berguna untuk melamar kerja? Jawabannya adalah iya. Pihak perusahaan tentunya akan memilih kandidat yang memiliki skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang dilamar. Nah, dengan adanya sertifikat kursus, perusahaan dapat meyakini bahwa kamu benar-benar memiliki skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. 

Bagi seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, memiliki sertifikat kursus akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Oleh karena itu, jika kamu memiliki sertifikat kursus yang dapat mendukung keterampilanmu, sangat disarankan untuk mencantumkannya saat melamar. 

2. Pengembangan Karier

Jika kamu sudah bekerja, maka memiliki sertifikat kursus akan sangat bermanfaat untuk perkembangan kariermu kedepannya. Dengan bertambahnya skill yang kamu miliki maka kamu tentunya dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, kamu akan berpeluang besar untuk mendapatkan kenaikan gaji, bahkan naik jabatan. 

Selain itu, mengikuti kursus juga membukakan peluang untuk berpindah atau memulai karier baru tanpa harus mengikuti pendidikan ataupun memiliki pengalaman bertahun-tahun. Terutama saat ini sudah banyak kursus singkat yang skill dan sertifikatnya bisa kamu dapatkan dalam waktu beberapa bulan saja. 

3. Memperkaya CV

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu dokumen penting yang harus disiapkan ketika akan melamar kerja. Dokumen ini memuat data-data pribadi milikmu mulai dari identitas diri, riwayat pendidikan, hingga keterampilan yang kamu miliki. Dengan mencantumkan data-data tersebut, kamu bisa meyakinkan perusahaan bahwa kamu sesuai dengan yang mereka cari. 

Lantas apakah sertifikat kursus bisa dimasukkan ke CV? Jawabannya adalah bisa. Namun kamu sebaiknya tidak asal-asalan mencantumkan sertifikat kursus ke dalam CV milikmu. Pilihlah sertifikat yang relevan dengan bidang pekerjaan yang sedang kamu lamar atau yang memang diminta oleh perusahaan sebagai syarat pendaftaran. 

4. Memperkuat Personal Branding

Penjenamaan pribadi (personal branding) adalah upaya untuk membentuk atau mempengaruhi persepsi publik terhadap dirimu sebagai sosok individu. Penjenamaan pribadi yang kuat memiliki banyak manfaat dalam dunia kerja karena membuatmu lebih terlihat dan menonjol dari kandidat lainnya. 

Sertifikat kursus online yang kamu miliki bisa membantu kamu dalam membangun penjenamaan pribadi tersebut. Terutama jika kamu ingin membangun citra sebagai orang yang ahli dalam bidang tertentu. Maka semakin banyak sertifikat kursus yang kamu miliki akan semakin kuat personal branding milikmu. 

sertifikat untuk melamar kerja
Image by yanalya on Freepik

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Sertifikat yang Berguna untuk Melamar Kerja

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, sertifikat kursus dapat kamu gunakan untuk melamar kerja. Namun demikian tidak semua sertifikat bisa kamu masukkan dalam CV milikmu. Untuk meyakinkan pihak HRD, berikut beberapa contoh sertifikat kursus yang dapat kamu cantumkan ketika melamar kerja. 

1. Sertifikat Bahasa Asing

Sertifikat bahasa asing adalah sertifikat yang paling umum diminta ketika melamar kerja. Misalnya sebagai bukti menguasai bahasa Inggris kamu harus memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Begitu pula halnya dengan bahasa asing lainnya seperti Jepang (JLPT), Mandarin (HSK), Prancis (DELF), dan lain sebagainya. 

2. Sertifikat Digital Marketing

Dalam bidang Digital Marketing ada banyak kursus bersertifikat yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. Misalnya Google Analytics Individual Qualification, HubSpot Content Marketing Certification, Sertifikasi Digital Marketing BNSP, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 13 Skill yang Dibutuhkan Digital Marketing, Penting Diketahui!

3. Sertifikat Data Science

Data Scientist merupakan profesi yang tergolong baru namun memiliki penghasilan yang amat menjanjikan sehingga memiliki banyak peminat akhir-akhir ini. Tidak hanya lulusan S1 di bidang komputer saja yang bisa berkarier di bidang sains data. Hal ini karena adanya kursus online dan juga bootcamp yang bisa kamu ambil dan selesaikan dalam waktu singkat. 

4. Sertifikat F&B

Ada banyak kursus F&B (Food and Beverage) yang dapat kamu ikuti untuk mengembangkan kariermu. Mulai dari kursus F&B untuk hotel, pelatihan barista, kursus membuat kue kering, dan lainnya. Selain untuk mendapatkan pekerjaan, kursus F&B juga memungkinkanmu untuk membuka usaha F&B sendiri nantinya. 

5. Jurnalistik

Apabila kamu tertarik bekerja dalam bidang kepenulisan khususnya jurnalistik maka kamu bisa mengikuti pelatihan jurnalistik yang diberikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Dengan adanya sertifikat jurnalistik tersebut maka kesempatanmu untuk berkarier dalam bidang jurnalistik akan lebih terbuka lebar. 

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat sertifikat kursus online serta sertifikat yang berguna untuk melamar pekerjaan. Kamu juga bisa mengambil kursus online bersertifikat di Cakap Upskill untuk menambah keterampilanmu sesuai bidang karier, lho. Yuk, daftar dan ikuti kursusnya sekarang juga! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.