Kenali Sertifikat BNSP dengan Cara Mendapatkan, Manfaat, dan Contoh

sertifikat bnsp adalah

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Sobat Cakap telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi atau bidang kerja tertentu.

Sertifikat BNSP diperlukan untuk menunjukkan kualifikasi dan keahlian seseorang dalam bidang tertentu. Untuk mendapatkan sertifikat BNSP, kamu bisa mengikuti pelatihan prakerja bersertifikat BNSP dari pemerintah atau lembaga tertentu.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana cara mendapatkan sertifikat BNSP, Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)?

BNSP adalah singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang merupakan sebuah lembaga yang bertugas melakukan standarisasi dan sertifikasi terhadap kompetensi dan kualifikasi seseorang dalam suatu bidang profesi atau pekerjaan.

Lembaga ini bertanggung jawab dalam menetapkan standar kompetensi dan sertifikasi untuk profesi yang diakui di Indonesia, serta mengawasi pelaksanaan sertifikasi profesi di berbagai sektor. Melalui sertifikasi BNSP, Sobat Cakap akan diakui kemampuannya secara nasional dan dapat meningkatkan profesionalisme dalam bidangnya.

Baca juga : Apa itu Sertifikasi? Ini Perbedaannya dengan Sertifikat dan Jenisnya

Pengertian Sertifikat BNSP

Lantas , apa yang dimaksud dengan sertifikat BNSP?

Sertifikat BNSP adalah sebuah sertifikat yang diberikan oleh lembaga independen yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia, yaitu BNSP. Isi sertifikat BNSP menunjukkan bahwa seseorang telah memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu bidang tertentu.

Salah satu kegunaan sertifikat BNSP adalah dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan daya saing seseorang di pasar kerja, karena sertifikat ini diakui secara nasional dan dapat digunakan sebagai bukti kompetensi dalam melamar pekerjaan atau memenuhi persyaratan dalam suatu pekerjaan.

Sertifikat BNSP Buat Apa?

Beberapa fungsi sertifikat BNSP adalah sebagai berikut.

1. Menguji Keahlian di Bidang yang Ditekuni

Salah satu fungsi sertifikat BNSP adalah mengevaluasi keahlian yang kamu tekuni. Selama proses sertifikasi ini, kamu akan melalui penilaian untuk menghasilkan keputusan lulus atau gagal. Jika kamu lulus uji kompetensi profesional BNSP, maka kompetensimu dianggap memenuhi syarat meskipun kamu tidak memiliki pelatihan formal. 

2. Memvalidasi Kemampuan

Salah satu fungsi paling ampuh dari sertifikat BNSP adalah memperkuat keterampilanmu. Bahkan, kamu mungkin memiliki validasi lain seperti portofolio, proyek, atau pengalaman kerja, baik sebagai pekerja lepas maupun sebagai karyawan penuh waktu. Namun, dengan sertifikat BNSP, kamu bisa mendapatkan pengesahan berupa sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah yang independen dan tentunya diakui secara nasional.

3. Memperkuat Profil Secara Profesional

Dalam hal mendapatkan pekerjaan, sangat penting bagi kamu untuk memiliki profil profesional yang kuat. Kamu dapat membuat profil LinkedIn dengan memasukkan berbagai pelatihan pengalaman kerja linier untuk memperkuat profil profesional kamu. Memiliki sertifikat BNSP adalah salah satu kekuatan yang menciptakan profil profesional atau merek profesional yang akan membantu kamu menemukan pekerjaan yang diinginkan. 

4. Membantu Memudahkan Mencari Pekerjaan

Screening kandidat oleh HRD perusahaan biasanya sangat bergantung pada informasi di profil atau aplikasi pelamar. Bayangkan kamu adalah HRD sebuah perusahaan dan kamu sedang mencari kandidat untuk posisi data analyst, Jika ada dua kandidat otodidak tetapi salah satunya memiliki sertifikat BNSP, kandidat mana yang lebih menarik?

Nah, kandidat yang sudah memiliki sertifikasi adalah mereka yang cenderung menarik perhatian HRD. Karena, ia tidak hanya membuktikan kompetensi dari pengalaman dan portofolio, namun keterampilannya sudah diakui oleh negara.

Cara Memperoleh Sertifikat BNSP

Untuk mendapatkan sertifikat BNSP, berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilalui:

1. Menguasai Keahlian Profesi yang Dituju

Tentunya hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan sertifikat BNSP adalah menguasai keterampilan suatu profesi. Misalnya, jika kamu ingin mendapatkan sertifikat BNSP di bidang IT seperti programmer, tentunya kamu harus menguasai teori dan praktik profesi programmer.

2. Memenuhi Dokumen Persyaratan

Setiap sertifikat memiliki persyaratannya sendiri. Misalnya, sertifikat pemasaran digital mengharuskan Anda mengisi dokumen seperti foto dan kartu identitas, gelar terbaru, resume, portofolio, dan dokumen pendukung. 

3. Menjalani Tes/Ujian

Ada dua jenis ujian yang dapat diselesaikan untuk mendapatkan sertifikat BNSP. Bagi yang belum berpengalaman, penilaian melalui observasi demonstrasi dan tes lisan. Sedangkan bagi yang berpengalaman, penilaian dilakukan melalui portofolio dan wawancara. 

4. Mendapatkan Sertifikat

Jika sudah melewati dan menyelesaikan semua tahapan, maka Sobat Cakap akan langsung mendapatkan sertifikat BNSP ketika sudah dinyatakan lulus ujian.

Ambil Kursus Bersertifikat BNSP di Upskill Cakap Sekarang!

Cara Mendapatkan Sertifikat BNSP Gratis

Apakah sertifikat BNSP gratis? Harga sertifikat BNSP tergantung dari masing-masing lembaga penyelenggaranya, namun kamu bisa lho mendapatkan sertifikat secara gratis. Untuk mendapatkan sertifikat BNSP gratis, Sobat Cakap dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Cari informasi mengenai program sertifikasi gratis yang ditawarkan oleh pemerintah atau lembaga lainnya. Kamu dapat mencari informasi tersebut di situs web BNSP atau lembaga terkait.
  • Pilih program sertifikasi yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu. Pastikan bahwa program sertifikasi tersebut juga sesuai dengan kebutuhan karir atau pekerjaan kamu.
  • Persiapkan diri dengan belajar dan mempelajari materi ujian sertifikasi. Kamu dapat mencari referensi belajar dari buku-buku, situs web, atau kursus online yang tersedia.
  • Daftar untuk mengikuti ujian sertifikasi sesuai program yang kamu pilih. Pastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga pemberi sertifikasi.
  • Ikuti ujian sertifikasi dengan baik dan lulus dengan nilai yang memadai. Jika lulus, kamu akan mendapatkan sertifikat BNSP gratis.

Perlu diingat bahwa program sertifikasi gratis tidak selalu tersedia setiap saat dan persyaratan serta prosedur dapat berbeda-beda tergantung pada lembaga pemberi sertifikasi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru sebelum memutuskan untuk mengikuti program sertifikasi gratis.

Cara Memperpanjang Sertifikat BNSP

Jangka kadaluarsa sertifikat BNSP adalah tiga tahun. Namun, pemegang sertifikat dapat meminta perpanjangan melalui lembaga penguji yang kompeten atau LSP (lembaga sertifikasi profesi). Untuk memperpanjang sertifikat kompetensi, kamu harus mengikuti ujian untuk memastikan bahwa kamu masih memiliki kualifikasi tersebut.

LSP memperbaharui sertifikat BNSP untuk memperpanjang masa berlaku sertifikat. Proses perpanjangan sertifikat kualifikasi BNSP dilakukan melalui mekanisme sertifikasi ulang. Proses sertifikasi ulang, prosedurnya, tidak jauh berbeda dengan permohonan awal. Kegiatan sertifikasi ulang untuk memastikan bahwa kompetensi peserta masih memenuhi syarat.

Keputusan sertifikasi ulang akan dibuat setelah evaluasi yang cermat terhadap sertifikat asli, dengan mempertimbangkan poin-poin berikut:

  • Penilaian di tempat kerja.
  • Pengembangan profesional.
  • Wawancara terstruktur.
  • Konfirmasi kinerja yang memuaskan secara konsisten dan pengalaman profesional.
  • Tes bakat dan ujian kebugaran fisik terkait dengan persyaratan kelayakan.

Manfaat Sertifikat BNSP

Berbagai manfaat yang diperoleh dengan memiliki sertifikat BNSP adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat pertama dari sertifikat BNSP adalah peningkatan rasa percaya diri saat mencari pekerjaan. Dengan sertifikat BNSP, kamu sebagai pelamar dapat menunjukkan bahwa peneliti yang berkualifikasi telah mengakui keahlianmu.

Hal ini pun nantinya bisa menjadi nilai tambah di mata perusahaan, meski kamu seorang fresh graduate. Adanya sertifikat BNSP juga dapat memperkuat kepercayaan dirinya terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan.

Dengan keterampilan yang telah teruji, kamu tentu akan lebih merasa percaya diri karena keterampilanmu diakui, sehingga kamu dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik. 

2. Mengukur Tingkat Kemampuan

Keunggulan lain yang dicapai melalui sertifikasi BNSP adalah sebagai acuan tingkat keahlian di bidang tertentu. Hasil tes akan memberitahu kamu seberapa banyak kompetensi yang kamu miliki. Sehingga, kamu dapat mengevaluasi secara mandiri apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dipertahankan.

3. Mendukung Pengembangan Diri

Keuntungan sertifikat BNSP selanjutnya adalah bakat kamu akan diakui secara global. Seperti yang sudah dijelaskan, sertifikat BNSP tidak hanya diakui di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat regional, lebih khusus lagi di Asia Tenggara.

Mungkin kedengarannya sepele. Namun, pengakuan ini dapat memotivasi untuk mengembangkan bakat kamu. Apalagi kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan terbaik terbuka lebar. Karena sertifikat membuat kamu merasa lebih unggul. 

4. Mempermudah Proses Screening Perusahaan

Tak hanya untuk kandidat dan pekerja individual, manfaat dari sertifikat BNSP juga bisa dinikmati oleh perusahaan. Yup, dengan sertifikasi ini, keperluan perusahaan untuk menyaring calon karyawan yang kompeten pun bakal menjadi lebih mudah. 

Selain itu, tim HR yang memiliki sertifikat BNSP juga nantinya akan lebih mudah dalam menemukan calon karyawan yang telah memenuhi kualifikasi perusahaan. Kemudian, karyawan yang sudah tersertifikasi, bisa jadi lebih mengenal bidang kerjanya, serta menunjukkan keahliannya sesuai dengan standar.

5. Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan

Manfaat terakhir dari sertifikat BNSP terbaru adalah peningkatan produktivitas kerja. Secara tidak langsung, mendapatkan sertifikat BNSP dapat membantu kamu menjadi profesional yang lebih baik.

Lalu mengapa? Karena sebelum ujian kalian akan dilatih terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna untuk menambah informasi tentang standar kerja yang baik. Jadi jika sudah teruji di fasilitas profesional, bisa meningkatkan produktivitas kerjamu.

Contoh Sertifikat BNSP

contoh sertifikat bnsp

Itulah penjelasan seputar pentingnya sertifikat BNSP dalam dunia kerja atau profesionalitas. Meski sertifikat ini tidak wajib dimiliki setiap orang, namun dengan memilikinya tentu dapat meningkatkan kredibilitas Sobat Cakap sebagai seorang pekerja.

Sobat Cakap bisa mendapatkan sertifikat BNSP melalui kursus online bersertifikat dengan kelas singkat seperti di Cakap Upskill. Cakap menyediakan kursus singkat digital marketing selama 6 hari yang telah tersertifikasi oleh BNSP.

Tunggu apa lagi? Yuk, gabung kelas Cakap Upskill sekarang juga #SiapaCakapDiaDapat!

Baca juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.