10 Kata Serapan Bahasa Jepang Paling Familiar

kata serapan bahasa jepang

Tahukah kamu bahwa bahasa Jepang memiliki banyak kata serapan yang disebut dengan gairaigo? Keberadaan kata serapan adalah sesuatu yang lazim dalam suatu bahasa karena adanya pengaruh bahasa asing. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai kata serapan yang ada dalam bahasa Jepang. Simak penjelasannya ya!

Kata Serapan 

Secara sederhana, kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa asing namun sudah terintegrasi dan diterima dengan baik oleh penutur bahasa tersebut. Biasanya, adanya kata serapan berkaitan dengan persebaran masyarakat dan budaya sehingga bahasa asing terserap ke dalam suatu bahasa. 

Dalam bahasa Jepang, kata serapan disebut 外来語 atau gairaigo yang berarti “kata bahasa asing”. Sebagian besar kata serapan dalam bahasa Jepang sendiri berasal dari bahasa negara-negara Eropa. Uniknya, beberapa gairaigo ini bikin “nggak nyangka” karena sudah terdengar “Jepang banget”

10 Kata Serapan Populer dalam Bahasa Jepang

Jika kamu penggemar film, anime atau manga Jepang, kamu pasti sering menemukan kata-kata di bawah ini. Menariknya, banyak yang tidak menyangka bahwa kata-kata tersebut merupakan kata serapan. Apa saja sih?  

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

1. Arubaito アルバイト

Arubaito berasal dari kata bahasa Jerman yaitu arbeit yang artinya bekerja. Meski demikian arubaito dalam bahasa Jepang lebih cenderung berarti “kerja paruh waktu”. 

2. Biiru ビール 

Kata biiru merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu bier yang juga berarti “bir”. Meski demikian, tidak sedikit yang mengira kata ini diserap dari bahasa Inggris yaitu beer

3. Botan ボタン

Kata botan berarti “kancing” adalah kata serapan dari bahasa Portugis yaitu botão. Kata ini juga sering dikira sebagai serapan dari kata button dalam bahasa Inggris. 

4. Dansu ダンス 

Dansu berarti menari juga sering dikira berasal dari kata dance dalam bahasa Inggris. Padahal kata ini termasuk gairaigo yang diserap dari bahasa Belanda yaitu dari kata dans.

5. Gomu ゴム 

Penghapus dalam bahasa Jepang disebut gomu yang merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu kata gom

6. Karuta かるた / 歌留多

Jepang memiliki permainan kartu yang populer yaitu karuta. Kata karuta sendiri diambil dari bahasa Portugis cartas (de jogar) yang berarti kartu permainan. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

7. Kokku コック 

Kata bahasa Belanda lainnya yang juga menjadi kata serapan dalam bahasa Jepang adalah kok yang menjadi kokku. Keduanya sama-sama berarti “koki”. 

8. Kaban カバン、鞄 

Selanjutnya, kata yang juga sudah sangat familiar yaitu kaban dari kata kabas dalam bahasa Belanda. Kata ini juga diserap ke dalam bahasa Korea dengan penyebutan yang sama, lho!

9. Pan パン

Bahasa Portugis yaitu kata pão juga diserap ke dalam bahasa Jepang menjadi pan yang berarti roti. Familiar dengan kata ini juga kan?

10. Tempura テンプラ (天ぷら, 天麩羅)

Tempura adalah makanan laut atau sayuran yang digoreng tepung khas Jepang. Siapa sangka kalau nama makanan ini berasal dari bahasa Portugis yaitu tempero yang berarti “memasak”. 

Nah, itu dia sepuluh kata serapan bahasa Jepang yang berasal dari bahasa negara-negara Eropa yang disebut gairaigo. Dalam penulisannya, kata serapan ini menggunakan huruf katakana. Meski demikian, ada pula yang sudah memiliki kanji untuk penulisannya, seperti kata tempura. Menarik sekali ya!

Buat kamu yang suka bahasa Jepang, kamu bisa mengambil kursus bahasa Jepang online bersama Cakap, lho! Aplikasinya bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore dan AppStore. Download sekarang, yuk!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks