5 Film Anime yang Berhasil Curi Perhatian Dunia

Anime Movie Terbaik

Anime merupakan produk animasi buatan Jepang yang sudah menjadi tontonan terpopuler masa kini. Digemari kalangan anak muda, anime menyajikan alur cerita yang menarik untuk ditonton. Genre dan karakternya yang bervariasi membuat para penggemar anime betah nonton tiada henti.

Daya tarik anime yang kian meningkat membuat industri ini mendapat banyak perhatian di berbagai belahan dunia. Ditandai dengan munculnya serial-serial anime yang masuk box office hingga menorehkan penghargaan internasional. Hal ini membuktikan bahwa anime memiliki kualitas tersendiri sebagai konsumsi publik.

Tidak melulu soal grafis, kualitas anime menyangkut pada jalan cerita yang diusung. Sehingga tidak mengherankan jika industri anime berani membentangkan sayapnya masuk ranah layar lebar.

Terjunnya Anime Movie ke box office tak tanggung-tanggung mampu mengalahkan popularitas animasi ternama hollywood sekalipun. Penasaran dengan anime-anime movie ini? Berikut adalah daftar anime movie yang mampu menorehkan prestasi di kancah internasional.

Kimi no Nawa (Your Name)

Kimi-no-Nawa source: giphy.com

Kimi no Nawa adalah anime movie Jepang bertema drama fantasi yang ditulis dan disutradari oleh Makoto Shinkai. Mengisahkan tentang Taki, seorang siswa di Tokyo dan Mitsuha, seorang siswi di pedesaan terpencil Jepang. Keduanya mengalami hal aneh tiap terbangun dari tidur, yakni saling bertukar tubuh.

Sejak kejadian itu kehidupan mereka menjadi kacau. Lantas Taki dan Mitsuha sebisa mungkin saling berkomunikasi satu sama lain dan mencari petunjuk agar keduanya bisa dipertemukan dan kejanggalan ini bisa segera terselesaikan.

Kimi no Nawa pertama kali diputar pada 6 Juli 2016 di Anime Expo Los Angeles, California. Secara komersial, Your Name sangat sukses, terutama di negaranya sendiri. Tercatat dalam waktu 3 minggu film ini telah meraup pendapatan kotor sebesar 6,29 milyar yen, dimana nominal tersebut telah melampaui perkiraan Toho selaku distributor film ini, yaitu 6 milyar yen.

Berkat kesuksesannya, Kimi no Nawa berhasil meraih penghargaan dari Los Angeles Film Critics Award sebagai film animasi terbaik tahun 2016. Penghargaan ini layak diberikan bersamaan dengan tercatatnya sejarah baru dominasi puncak tertinggi box office Jepang selama 9 minggu berturut-turut.

Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Spirited-Away source: giphy.com

Spirited away adalah anime movie yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan diproduksi di studio Ghibli, salah satu studio animasi berasal dari Jepang yang terkemuka di dunia. Anime movie ini bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Chihiro Ogino yang secara tidak sengaja masuk ke dunia arwah. 

Hal tersebut terjadi ketika Chihiro dan orang tuanya hendak mencari jalan ke rumah baru mereka. Namun ternyata mereka tersesat dan malah memasuki perlintasan antara gerbang dunia arwah dan dunia manusia.

Karena penasaran, orang tuanya terus berkeliling mencari tahu tentang tempat itu sampai pada akhirnya secara misterius mereka berubah wujud menjadi babi karena memakan makanan dari dunia tersebut.

Chihiro pun terkaget-kaget dan memberanikan diri untuk menyelamatkan kedua orang tuanya di tengah-tengah keberadaan roh-roh penghuni dunia arwah. Untungnya ada penjaga dunia tersebut bernama Haku yang senantiasa membantu Chihiro kembali ke dunia manusia. 

Dirilis di Jepang pada Juli 2001, Spirited Away berhasil mengumpulkan penonton sekitar 23 juta dan menghasilkan keuntungan sebesar 30 miliar yen. Dengan angka tersebut secara mengejutkan anime movie ini mampu mengukir sejarah di perfilman Jepang, yakni menjadi yang tersukses, mengalahkan Titanic.

Selain itu siapa yang menyangka Spirited Away menjadi anime pertama yang menorehkan prestasi di pagelaran bergengsi bidang perfilman dunia, yakni penghargaan Oscar sebagai film animasi terbaik pada tahun 2002.

Koe no Katachi (A Silent Voice)

Koe-no-Katachi source: giphy.com

Anime movie produksi Kyoto Animation ini ditulis oleh Reiko Yoshida dan disutradarai oleh Naoko Yamada. Koe no Katachi diadaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Yoshitoka Oima. Film ini diputar pertama kali di Jepang pada 17 September 2016.

Mengisahkan bocah laki-laki bernama Ishida Shouya yang dalam kesehariannya dikenal sebagai anak nakal yang sering membuat onar. Hingga suatu ketika seorang gadis tunarungu bernama Nishimiya Shouko menjadi murid baru di kelas Ishida. Pertemuan keduanya tak terelekan memancing Ishida melakukan bullying.

Ketika sudah beranjak dewasa, Ishida menyadari apa yang dilakukannya dulu kepada Nishimiya merupakan perilaku tercela. Ia menyesali perbuatannya dan berusaha menebus kesalahannya tersebut. Walau hari demi hari yang ia lewati begitu berat karena dihantui penyesalan yang mendalam hingga terlintas di benaknya untuk mengakhiri hidup. 

Koe no Katachi menjalani pemutaran perdana di Jepang pada 17 September 2016. Setelah perilisan, anime movie ini bertengger di peringkat kedua box office Jepang. Total keuntungan yang didapat dari film animasi ini berkisar 33 juta USD.

A Silent Voice meraih penghargaan sebagai Film Animasi Terbaik Tahun 2017 dari Japan Movie Critics Award. Juga terpilih sebagai salah satu dari berbagai film pilihan di Festival Film Animasi Internasional Annecy 2017.

Princess Mononoke (Mononoke Hime)

Princess-Mononoke source: giphy.com

Sebelum dirilisnya Spirited Away, Princess Mononoke lahir lebih dulu sebagai anime movie terbaik yang dipegang oleh sutradara kondang, Hayao Miyazaki dan merupakan produksi studio Jepang langganan nominasi Oscar, yakni Ghibli. Princess Mononoke sendiri adalah anime movie bergenre fantasi yang mengangkat latar akhir periode Muromachi Jepang.

Mengisahkan tentang sebuah desa yang diserang oleh makhluk supranatural berwujud babi raksasa. Seorang pangeran yang hendak melindungi desa tersebut mendapati luka di lengannya. Diketahui bahwa luka tersebut merupakan kutukan yang memunculkan kekuatan super namun dapat merenggut nyawa pemiliknya.

Cara yang dapat ditempuh untuk menyembuhkan lukanya ialah dengan pergi ke wilayah barat, tempat makhluk supranatural berwujud babi itu berasal. Dimana menurut para penduduk desa terdapat penawar kutukan tersebut disana. 

Dirilis perdana pada 12 Juli 1997, film animasi ini meraih banyak penghargaan bergengsi. Tahun 1997 Princess Mononoke mendapat penghargaan dari Mainichi Film Award di kategori Film Terbaik dan di kategori yang sama dari Japan Academy Film Prize di tahun berikutnya.

Wolf Children (Ookami Kodomo no Ame to Yuki)

Wolf-Children source: giphy.com

Wolf Children adalah anime movie tahun 2012 yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Mamoru Hosoda. Studio yang memproduksi film animasi ini pun merupakan milik Hosoda, yaitu Studio Chizu. Wolf Children mengisahkan perjuangan seorang ibu membesarkan dua anaknya yang merupakan werewolf, alias manusia setengah serigala.

Suatu ketika Hana jatuh cinta pada lelaki misterius yang mengikuti kuliah di kelasnya. Malam purnama tiba, lelaki tersebut menampakan wujud asli dan mengungkapkan jati dirinya kepada Hana bahwa dia bukanlah manusia biasa melainkan setengah serigala. 

Meskipun kenyataannya demikian, Hana tetap bersikukuh mencintainya dan memutuskan untuk membangun keluarga. Keduanya dikaruniai 2 orang anak bernama Ame dan Yuki. Tak berlangsung lama, kekasihnya terbunuh saat hendak berburu makanan untuk anak-anak. Hana pun berjuang sendirian membesarkan kedua anaknya yang merupakan werewolf.

Perilisan perdana Wolf Children diadakan di Prancis pada 25 Juni 2012. Anime movie ini meraup untung 4,2 miliar yen dan menjadikannya film animasi Jepang terlaris kelima pada tahun 2012.

Wolf Children banyak meraih penghargaan baik di dalam maupun luar negeri. Diantaranya Mainichi Film Award sebagai Best Animation Film tahun 2012, Japan Academy Film Prize dan Tokyo International Anime Fair (TAF) sebagai Animation of the Year tahun 2013. 

Dari dunia internasional penghargaan yang diraih antara lain Oslo Films from the South Festival tahun 2012 dan Home Media Magazine sebagai Best Anime Disc tahun 2014.

Itulah daftar anime movie terbaik yang mampu menorehkan prestasi di tingkat dunia. Selain anime movie tentunya banyak serial anime terbaik dari berbagai genre yang wajib kamu tonton. 

Oh iya, hanya dengan nonton anime tanpa disadari kamu bisa belajar bahasa Jepang lho. Setidaknya kamu familiar dengan kosa kata bahasa Jepang yang selalu dilontarkan karakter anime. Namun itu saja tidak cukup, jika berniat untuk mendalami bahasa Jepang kamu bisa mengikuti Cakap Japanese Club. Asyik belajar bahasa Jepang bersama teman baru dimana saja dan kapan saja.

Belajar Bahasa Jepang Online dengan Cakap App, Bisa Kapan dan Dimana Saja

Kuis Film Anime

Sekarang anime movie udah ada banyak banget yang tembus pasar internasional. Kalau kamu seorang penggemar anime, belom sah kalau belom berhasil tebak anime movie dari sinopsis!


Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google