Kumpulan Kata-Kata Perpisahan Kerja serta Cara Menulis & Menyampaikan

kata kata perpisahan kerja
Image by Freepik

Salah satu momen yang tidak dapat dihindari dalam dunia kerja adalah perpisahan. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena kamu atau rekan kerjamu memilih untuk resign, dipindahkan, atau alasan lainnya. Dalam momen ini, kamu perlu menyampaikan kata-kata perpisahan kerja secara profesional kepada rekan kerja maupun atasan. 

Lantas, gimana sih cara menyampaikan ucapan perpisahan kerja dan bagaimana tips menulisnya? Temukan penjelasan dan contoh ucapan perpisahan untuk rekan kerja dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam artikel berikut ini, yuk! 

Table of Contents

Cara Menyampaikan Perpisahan Kerja

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyampaikan kata-kata perpisahan kerja kepada rekan kerja, berikut adalah beberapa di antaranya: 

1. Secara langsung

Cara menyampaikan perpisahan kerja yang pertama adalah menyampaikannya secara langsung. Biasanya cara ini dilakukan secara informal kepada rekan kerja dalam satu tim atau rekan kerja yang terlibat dalam satu project yang sama. 

2. Mengadakan farewel party

Menyampaikan kata-kata perpisahan kerja juga bisa dilakukan dengan mengadakan pesta atau pertemuan informal anggota tim di luar jam kerja. Dalam farewel party, kamu bisa mengucapkan kata-kata perpisahan kerja secara langsung dan lebih intimate. 

3. Hadiah dan kartu ucapan

Hal ini dapat dilakukan dalam posisi kamu yang resign maupun rekan kerjamu. Beberapa orang mungkin merasa sungkan dengan rekan kerja di kantor sehingga menyampaikannya secara tertulis mungkin dapat menjadi solusi. 

4. Email perpisahan

Mengirim email perpisahan adalah cara formal untuk memberitahu rekan kerja baik yang dekat maupun tidak bahwa kamu akan meninggalkan perusahaan. Kamu dapat menyampaikan kata-kata perpisahan kerja secara profesional dan mengucapkan terima kasih. 

Cara Menulis Email Perpisahan Kerja

Seperti telah disebutkan, email adalah cara untuk mengirimkan ucapan perpisahan kerja formal yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Ketika menulis email perpisahan, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

1. Tulislah secara singkat namun berkesan

Usahakan email perpisahanmu singkat, padat, jelas, namun dengan sentuhan personal agar berkesan bagi para rekan kerja. Kamu juga bisa menyebutkan alasan positif mengenai kenapa kamu mengundurkan diri dari pekerjaan, terutama jika berkaitan dengan pengembangan karier. 

2. Sampaikan kesan yang baik dan ucapkan terima kasih

Kamu perlu mengucapkan terima kasih kepada atasan, rekan satu tim, ataupun rekan kerja lainnya atas kerjasama yang telah dilalui. Kamu juga dapat menyampaikan kesan dan pesan yang baik untuk rekan kerja maupun perusahaan. 

3. Cantumkan informasi kontak pribadi

Semua kontak yang berkaitan dengan pekerjaan biasanya akan dinonaktifkan setelah kamu meninggalkan perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu mencantumkan kontak seperti nomor ponsel atau email pribadi agar rekan kerja dapat menghubungi jika ada yang dibutuhkan. 

4. Pastikan penerima dengan benar

Kamu harus memastikan penerima email-mu dengan baik karena berisi informasi bahwa kamu tidak lagi bekerja untuk sebuah perusahaan, Pastikan tidak ada rekan kerja penting, klien, atau pihak lainnya yang terlibat secara profesional yang tidak mengetahui informasi tersebut.  

5. Perhatikan waktu untuk mengirimkan

Kamu dapat mengirimkan email perpisahan kerja satu hari sebelum atau pada hari terakhirmu bekerja. Meski demikian, pastikan kamu mengirimkannya pada jam kerja di hari kerja sehingga rekan-rekanmu dapat membacanya segera. 

kata-kata perpisahan kerja
Image by Freepik

Contoh Email Perpisahan Kerja

Agar kamu memiliki gambaran bagaimana kata-kata perpisahan kerja yang ditulis lewat email, berikut adalah beberapa contoh yang bisa jadi inspirasimu. 

Contoh Email Perpisahan Kerja Bahasa Indonesia

Kepada teman-teman di [nama perusahaan], 

Seperti yang mungkin sudah teman-teman dengar, hari ini merupakan hari terakhir saya bekerja sebagai [nama posisi] di [nama perusahaan]. Saya ingin berterima kasih atas bimbingan, bantuan, dan juga kerjasama teman-teman semua selama 3 tahun saya bekerja di sini. 

Saya telah belajar banyak selama berada di sini dalam hal pengembangan diri, baik secara profesional maupun personal. Sebagaimana bekerja di sini telah membantu saya untuk tumbuh, saya berharap ke depannya [nama perusahaan] pun dapat semakin berkembang. 

Terakhir, saya ingin minta maaf untuk segala kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan selama kita bekerja bersama. Berhubung email ini akan segera dinonaktifkan, ke depannya teman-teman dapat menghubungi saya di [alamat email] atau [nomor handphone]. 

Salam hangat, 

[nama lengkap] 

Contoh Email Perpisahan Kerja Bahasa Inggris

Dear coworkers at [company name],

As you may have heard, today is my last day in [position] at [company name]. I want to express my gratitude for your support, cooperation, and advice over my three years being part of this company. 

I have learned a lot during my time here in terms of both my professional and personal development. As working here has allowed me to improve, I hope [company name] can continue to grow in the future.

Last but not least, please accept my sincere apologies for any flaws and mistakes I may have done during our time working together. As this email will shortly deactivate, you can contact me at [email address] or [phone number] in the future. 

Yours truly, 

[your name]

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Contoh Kata-kata Perpisahan Kerja

Jika ingin perpisahan yang berkesan, berikan kata-kata perpisahan kerja yang menyentuh hati sesuai dengan situasinya. Berikut adalah ucapan perpisahan kerja dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dapat kamu gunakan. 

1. Ucapan Perpisahan Kerja (Umum)

  • Thank you for the collaboration we have had so far. I hope your new job goes well for you!
    Terima kasih atas kolaborasinya selama ini. Semoga pekerjaan yang barunya lancar, ya! 
  • Congratulations on your new position! I wish you a fruitful and enjoyable career journey.
    Selamat atas pekerjaan barumu! Aku harap kamu mendapatkan perjalanan karier yang bermanfaat dan menyenangkan. 
  • I’m hoping the experience you had while working here will help you in the future. Please stay in contact!
    Saya berharap pengalaman yang kamu dapatkan ini dapat membantumu di masa depan. Tetap kontakan, ya!
  • It’s been a real joy working with you. I have no doubt that you will quickly adapt to the new setting and continue your professional development there.
    Sungguh menyenangkan bekerja denganmu. Saya yakin kamu akan segera beradaptasi dengan lingkungan baru dan terus berkembangan secara profesional  di sana.
  • It’s sad that we no longer work together, but I’m excited for your greater opportunity in your next career journey. Good luck!
    Sedih rasanya kita tidak lagi bekerja bersama, tapi saya ikut senang atas kesempatan yang lebih besar dalam perjalanan kariermu selanjutnya. Semoga beruntung!

2. Ucapan Perpisahan Kerja untuk Atasan/Mentor

  • I want to express my gratitude for the support and guidance you have provided to me thus far. I’m grateful that you gave me the opportunity to learn, and I’m proud to be a part of the coolest team under your direction.
    Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bimbingan yang telah Anda berikan kepada saya selama ini. Saya bersyukur Anda memberi saya kesempatan untuk belajar, dan saya bangga menjadi bagian dari tim paling keren di bawah arahan Anda.
  • Thank you for teaching me many things during my time at [company name]. All of your suggestions, criticism, and advice have helped me become a better professional.
    Terima kasih telah mengajarkan saya banyak hal selama masa kerja saya di [nama perusahaan]. Semua masukan, kritik, dan saran yang saya terima dari Anda telah membantu saya untuk menjadi lebih baik secara profesional.  
  • During my time working here, I’ve received a lot of guidance, feedback, and advice from you. To that end, I’d like to express my gratitude for all of the tuition-free education that will no longer be available.
    Selama bekerja di sini, saya telah mendapatkan bimbingan, umpan balik, dan nasihat dari Anda. Untuk itu, saya ingin mengucapkan terima kasih atas pembelajaran berharga yang mungkin tidak akan saya dapatkan lagi. 

ucapan perpisahan kerja
Image by Freepik

3. Ucapan Perpisahan untuk Rekan Satu Tim

  • This team has helped me in growing both personally and professionally during this past [period of work]. Thank you for having me and for being a part of my unforgettable career journey.
    Tim ini telah membantu saya berkembang baik secara pribadi maupun profesional selama ini [masa kerja]. Terima kasih telah menerima saya dan telah menjadi bagian dari perjalanan karier saya yang tak terlupakan.
  • Thank you for the ups and downs, arguments and compromises, and, most importantly, the joy and laughter we shared over the past [working year]. I am glad to have met and worked with you guys.
    Terima kasih atas pasang surut, argumen dan kompromi, dan yang terpenting, kegembiraan dan tawa yang kita lalui bersama selama [tahun kerja] ini. Saya senang bisa bertemu dan bekerja sama dengan kalian semua.
  • I’ll never forget how much fun I had here, thanks to [manager name] and everyone on my team. I’m always proud to be a part of you, and I hope you keep rocking in the future.
    Saya tidak akan pernah melupakan betapa menyenangkannya saya di sini, terima kasih kepada [nama manajer] dan semua anggota tim saya. Saya selalu bangga menjadi bagian dari kalian, dan saya harap kalian tetap keren ke depannya.

4. Ucapan Perpisahan untuk Bawahan/Mentee

  • I really appreciate your ideas, efforts, and contributions as a member of the team in such a short period of time. I wish you the best of luck in your future endeavors.
    Saya sangat menghargai ide, upaya, dan kontribusimu sebagai anggota tim dalam waktu yang singkat ini. Saya berharap yang terbaik untukmu di masa depan. 
  • I hope that your [working period] here has taught you many valuable lessons that will help you in your future career. Thank you for your contributions to the team up to this point!
    Saya harap [masa kerja] kamu di sini telah memberi banyak pelajaran berharga yang akan membantu dalam karirmu di masa depan. Terima kasih atas kontribusimu kepada tim hingga saat ini!
  • You have done so much for the team, and I greatly appreciate and admire your dedication and creativity. With this quality, I am sure that you will shine even brighter after you graduate from here.
    Anda telah melakukan banyak hal untuk tim, dan saya sangat menghargai dan mengagumi dedikasi dan kreativitas Anda. Dengan kualitas ini, saya yakin Anda akan semakin bersinar setelah lulus dari sini.

5. Ucapan Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Resign

  • It’s difficult to say goodbye, but I wish you continued success and development in your next position. Good luck!
    Sulit untuk mengucapkan selamat tinggal, tetapi saya berharap kamu terus sukses dan berkembang di pekerjaan selanjutnya. Semoga beruntung!
  • Thank you for being such a fun and reliable work partner over the years. Best wishes on your next journey!
    Terima kasih telah menjadi mitra kerja yang menyenangkan dan dapat diandalkan selama beberapa tahun ini. Harapan terbaik untuk perjalananmu selanjutnya!
  • Congratulations and good luck on your new job! I hope you meet supportive supervisors and exciting coworkers just like here.
    Selamat dan semoga sukses di pekerjaan barunya! Semoga kamu bertemu dengan atasan yang suportif dan rekan kerja yang menyenangkan seperti di sini.  

Nah, demikianlah pembahasan mengenai kata-kata perpisahan kerja, mulai dari cara menyampaikannya, contoh email, hingga berbagai ucapan perpisahan yang menyentuh hati. Semoga bisa membantu Sobat Cakap yang sedang membutuhkan, ya! 

Bagi yang ingin menambah keterampilan baru untuk perjalanan karier selanjutnya, Sobat Cakap bisa ambil kursus di Cakap Upskill, lho! Ada beragam materi dari berbagai bidang yang disampaikan langsung oleh profesional di bidangnya. Yuk, cek sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • indeed.com
  • themuse.com
  • ekrut.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap