Job Fair: Mengenal Arti, Manfaat, dan Cara Melamar Kerjanya

job fair adalah

Pernah nggak sih kamu berpikir “Nyari kerja kok rasanya susah banget ya?”. Jawaban dari pertanyaan itu adalah mungkin kamu belum mengenal apa yang namanya job fair. Padahal job fair adalah salah satu wadah buat kamu yang lagi nyari-nyari lowongan kerja yang cocok.

Memangnya apa sih job fair itu? Apa keuntungan ikut job fair? Apakah job fair berbayar? Tenang, jawaban untuk semua pertanyaan tersebut, bisa kamu dapatkan lewat artikel ini. Langsung saja yuk, bahas satu persatu!

Table of Contents

Apa Itu Job Fair?

Job fair atau juga sering disebut dengan career expo merupakan momen yang paling ditunggu oleh banyak pencari kerja terutama para fresh graduate. Pengertian dari job fair sendiri adalah acara yang menjadi wadah berkumpulnya perusahaan-perusahaan dari berbagai latar belakang industri dalam satu venue atau tempat.

Kebayang nggak sih, kamu bisa mendatangi dan bertemu langsung dengan perwakilan dari perusahaan yang ingin kamu lamar. Lalu, apakah di job fair bisa langsung interview? Job fair memberikanmu kesempatan untuk menyerahkan CV yang kamu miliki atau bahkan mengikuti walk in interview langsung.

Di mana job fair diadakan? Apakah job fair berbayar? Job fair biasanya diadakan di berbagai tempat, bergantung dengan skala event-nya. Kamu juga nggak perlu khawatir soal biaya untuk mengikutinya karena job fair merupakan acara yang tidak dipungut biaya apa pun atau dengan kata lain gratis.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat kamu mengikuti job fair adalah dresscode. Kamu nggak perlu bingung job fair harus pakai baju apa, dengan berpenampilan secara formal dan rapi saja sudah cukup.

Manfaat dan Keuntungan Mengikuti Job Fair

Seperti yang kita ketahui, job fair adalah sebuah pameran yang menghubungkan perekrut dan pelamar kerja, maka manfaat terbesar mengikuti kegiatan job fair ini tentu saja membuka peluang lebih lebar untuk mendapatkan pekerjaan  nggak cuma itu, masih ada banyak manfaat lainnya. Kira-kira apa keuntungan job fair lainnya ya? Check it out!

(1) Konsultasi Karier Gratis

Keuntungan mengikuti job fair yang pertama adalah mendapatkan konsultasi karir secara cuma-cuma. Di acara ini, biasanya perusahaan-perusahaan akan membuka sesi konsultasi karier gratis pada masyarakat umum. Selain membuatmu lebih yakin menentukan pilihan karier, kamu juga bisa mengenal profil perusahaan yang akan kamu lamar dengan baik.

(2) Melamar Kerja secara On-the-spot

Yap, pada kesempatan mengikuti job fair ini, kamu bisa melamar kerja secara on-the-spot. So, nggak perlu repot-repot kirim CV, surat lamaran, dan berkas lainnya lewat email atau kantor pos. Di event job fair kamu bisa langsung mendapatkan respon dan follow up dari perusahaan yang kamu lamar. So, waktu yang kamu miliki jadi lebih efisien, bukan?

(3) Bertemu dengan Banyak Perusahaan

Ini adalah keuntungan ikut job fair yang paling menyita daya tarik masyarakat terutama pencari kerja. Puluhan perusahaan berkumpul dalam satu lokasi yang sama. Bahkan bisa jadi kamu akan mendapatkan referensi tentang perusahaan yang sama sekali belum pernah kamu dengar namanya sebelumnya.

Tentu saja, kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin tinggi. Namun demikian, kamu perlu menyiapkan beberapa Curriculum Vitae yang sesuai dan tentunya persiapan kamu juga harus lebih matang.  

(4) Dapat Membandingkan dan Mencari Perusahaan yang Paling Cocok 

Banyaknya perusahaan yang hadir dalam job fair membuatmu dapat mengekspor lebih jauh mengenai perusahaan-perusahaan tersebut. Kamu mendapat kesempatan untuk membandingkan dan mencari perusahaan mana yang paling cocok dengan skill dan pendidikanmu.

Tips Sukses Melamar Kerja di Job Fair

Sebelum berangkat ke sebuah event besar ini, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Kalau kamu mau sukses dan berhasil mendapatkan pekerjaan di job fair, ikuti cara sukses melamar kerja di job fair berikut ini!

(1) Tentukan Perusahaan yang Akan Diincar

Ketika berencana mengikuti job fair, penting bagimu untuk mencari tahu beberapa hal, seperti info job fair itu sendiri, perusahaan apa saja yang akan hadir, dan lain-lain. Ketika kamu sudah mendapatkan detail info tersebut, maka saatnya bagi kamu untuk membuat daftar perusahaan yang akan diincar.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu lowongan pekerjaan apa saja yang dibuka di perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan tepat memilih perusahaan yang memang membutuhkan skill yang kamu miliki.

(2) Siapkan CV dan Resume

Datang ke job fair tanpa bawa CV dan resume kayaknya sayang banget deh. So, mendekati acara career expo ini berlangsung pastikan untuk mempersiapkan dan membuat CV dan resume terbaik. Lengkapi juga beberapa berkas yang mungkin dibutuhkan saat melamar pekerjaan, seperti fotokopi KTP, ijazah, surat lamaran, dan portofolio bila diperlukan.

Untuk jaga-jaga, maksimalkan jumlah persediaan CV dan berkas yang kamu bawa. Usahakan untuk membawa lebih dari satu buah copy berkas untuk lamaran yang diperlukan.

(3) Latihan Wawancara

Kenapa perlu latihan wawancara atau interview? Karena di job fair, tidak menutup kemungkinan nantinya kamu akan walk-in interview. Jika kesempatan tersebut datang, sayang banget dong buat dilewatkan. Maka dari itu penting banget buat siapin dan latihan interview sebaik-baiknya. Kamu juga harus siap dengan pertanyaan-pertanyaan dadakan di sana.

Baca juga : 20 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Terbaru & Cara Jawabnya

(4) Tunjukan Antusias dan Semangatmu

Orang yang memiliki antusias dan semangat yang tinggi mampu membuat orang lain menaruh perhatian lebih terhadap mereka. Oleh karena itu, ketika event job fair berlangsung pastikan untuk memperlihatkan antusias, minat, dan semangatmu terhadap pekerjaan dan perusahaan yang akan kamu lamar.

(5) Memperluas Koneksi 

Jadikan acara job fair ini untuk memperluas koneksi. Bangun koneksi dan pertemanan yang banyak dengan orang-orang baru di sana. Pastikan kamu mendapatkan kartu nama atau setidaknya bisa berteman lewat LinkedIn. Networking yang kamu dapatkan selama acara job fair ini, bisa jadi akan sangat bermanfaat nantinya.

(6) Jangan Lupa Apply dan Follow Up

Cara melamar kerja di job fair selanjutnya adalah masukkan lamaranmu ke manajer/HR di sebuah perusahaan yang dituju. Jelaskan bagaimana pengalaman dan skill-mu adalah yang paling cocok untuk menempati posisi pekerjaan yang dibuka. Jangan lupa untuk melakukan follow-up. 

(7) Datang dengan Dresscode yang Tepat

Banyak orang terkadang melewatkan hal-hal yang dianggap kecil dan sederhana, seperti gaya berpakaian. Padahal poin ini juga sangat penting lho. Orang-orang bisa menilai karaktermu lewat pakaian atau dresscode yang kamu kenakan. So, pastikan untuk mengenakan pakain yang sopan dan formal ya saat datang ke job fair.

Lihat panduan : Panduan dan Contoh Pakaian Interview Kerja yang Profesional

Nah demikianlah pemaparan lengkap seputar job fair, manfaat yang didapat, dan tips sukses melamar pekerjaan melalui job fair. Jika kamu tertarik mengikuti acara career expo ini, yuk list dari sekarang job fair yang ingin kamu datangi di tahun 2023 ini!

Sebelum menghadiri Job Fair, ada baiknya kamu mengikuti tes kepribadian minat dan bakat untuk menentukan pekerjaan yang paling cocok untuk kamu.

Referensi:
-disnakerstrans.ntbprov.go.id
-topkarir.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.