Apa itu Job Fair? Ini Tips dan Cara Melamar Kerjanya

job fair adalah

Pernah nggak sih kamu berpikir “Nyari kerja kok rasanya susah banget ya?”. Jawaban dari pertanyaan itu adalah mungkin kamu belum mengenal apa yang namanya job fair. Padahal job fair adalah salah satu wadah buat kamu yang lagi nyari-nyari lowongan kerja yang cocok.

Memangnya apa sih job fair itu? Apa keuntungan ikut job fair? Apakah job fair berbayar? Tenang, jawaban untuk semua pertanyaan tersebut, bisa kamu dapatkan lewat artikel ini. Langsung saja yuk, bahas satu persatu!

Table of Contents

Apa Itu Job Fair?

Career Expo atau Job fair adalah acara yang menjadi wadah berkumpulnya perusahaan-perusahaan dari berbagai latar belakang industri dalam satu venue atau tempat. Job fair biasanya diadakan di berbagai tempat, bergantung dengan skala event-nya.

Seringkali job fair diadakan dalam beberapa hari penyelenggaraan, tapi durasinya cenderung singkat. Kamu juga nggak perlu khawatir soal biaya untuk mengikutinya karena job fair merupakan acara yang tidak dipungut biaya apa pun atau dengan kata lain gratis.

Tidak hanya offline, ada juga job fair online yang seperti namanya, penyelenggaraan career expo satu ini dilakukan full secara online.

Apakah job fair langsung interview?

Setiap perusahaan atau penyelenggara job fair biasanya bisa menentukan apakah akan kamu akan mengikuti walk in interview langsung atau tidak. Kamu bisa melihat arahan yang diberikan perusahaan atau menanyakan perihal interview ke tim dari perusahaan yang sedang ada di job fair tersebut. 

Cara Mengikuti Job Fair

Tertarik untuk ikut di acara satu ini, tapi masih bingung bagaimana cara mengikuti job fair? Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Cari info job fair online maupun offline di kotamu. Seringkali penyelenggara acara akan mengumumkan acara job fair di akun media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Tiktok.
  2. Jika job fair diselenggarakan oleh sekolah atau instansi pendidikan, seringkali kamu perlu mendaftarkan diri di link yang ditautkan pada poster. 
  3. Cari tahu daftar perusahaan yang mengikuti job fair tersebut, sehingga kamu bisa mendaftar berapa salinan berkas yang akan kamu bawa untuk melamar kerja.
  4. Persiapkan berkas-berkas yang bisa dibawa, seperti surat lamaran kerja, CV dan portofolio. 
  5. Persiapkan juga pakaian rapi yang akan kamu gunakan ke job fair.

Keuntungan dan Manfaat Job Fair

Seperti yang kita ketahui, job fair adalah sebuah pameran yang menghubungkan perekrut dan pelamar kerja, maka manfaat terbesar mengikuti kegiatan job fair ini tentu saja membuka peluang lebih lebar untuk mendapatkan pekerjaan  nggak cuma itu, masih ada banyak manfaat lainnya. Kira-kira apa keuntungan job fair lainnya ya? Check it out!

(1) Konsultasi Karier Gratis

Keuntungan mengikuti job fair yang pertama adalah mendapatkan konsultasi karir secara cuma-cuma. Di acara ini, biasanya perusahaan-perusahaan akan membuka sesi konsultasi karier gratis pada masyarakat umum. Selain membuatmu lebih yakin menentukan pilihan karier, kamu juga bisa mengenal profil perusahaan yang akan kamu lamar dengan baik.

(2) Melamar Kerja secara On-the-spot

Yap, pada kesempatan mengikuti job fair ini, kamu bisa melamar kerja secara on-the-spot. So, nggak perlu repot-repot kirim CV, surat lamaran, dan berkas lainnya lewat email atau kantor pos. Di event job fair kamu bisa langsung mendapatkan respon dan follow up dari perusahaan yang kamu lamar. So, waktu yang kamu miliki jadi lebih efisien, bukan?

(3) Bertemu dengan Banyak Perusahaan

Ini adalah keuntungan ikut job fair yang paling menyita daya tarik masyarakat terutama pencari kerja. Puluhan perusahaan berkumpul dalam satu lokasi yang sama. Bahkan bisa jadi kamu akan mendapatkan referensi tentang perusahaan yang sama sekali belum pernah kamu dengar namanya sebelumnya.

Tentu saja, kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin tinggi. Namun demikian, kamu perlu menyiapkan beberapa Curriculum Vitae yang sesuai dan tentunya persiapan kamu juga harus lebih matang.  

(4) Dapat Membandingkan dan Mencari Perusahaan yang Paling Cocok 

Banyaknya perusahaan yang hadir dalam job fair membuatmu dapat mengekspor lebih jauh mengenai perusahaan-perusahaan tersebut. Kamu mendapat kesempatan untuk membandingkan dan mencari perusahaan mana yang paling cocok dengan skill dan pendidikanmu.

Tips Mengikuti Job Fair agar Sukses

Sebelum berangkat ke sebuah event besar ini, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Kalau kamu mau sukses dan berhasil mendapatkan pekerjaan di job fair, ikuti cara sukses melamar kerja di job fair berikut ini!

(1) Tentukan Perusahaan yang Akan Diincar

Ketika berencana mengikuti job fair, penting bagimu untuk mencari tahu beberapa hal, seperti info job fair itu sendiri, perusahaan apa saja yang akan hadir, dan lain-lain. Ketika kamu sudah mendapatkan detail info tersebut, maka saatnya bagi kamu untuk membuat daftar perusahaan yang akan diincar.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu lowongan pekerjaan apa saja yang dibuka di perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan tepat memilih perusahaan yang memang membutuhkan skill yang kamu miliki.

(2) Siapkan CV dan Resume

Datang ke job fair tanpa bawa CV dan resume kayaknya sayang banget deh. So, mendekati acara career expo ini berlangsung pastikan untuk mempersiapkan dan membuat CV dan resume terbaik. Lengkapi juga beberapa berkas yang mungkin dibutuhkan saat melamar pekerjaan, seperti fotokopi KTP, ijazah, surat lamaran, dan portofolio bila diperlukan.

Untuk jaga-jaga, maksimalkan jumlah persediaan CV dan berkas yang kamu bawa. Usahakan untuk membawa lebih dari satu buah copy berkas untuk lamaran yang diperlukan.

(3) Latihan Wawancara

Kenapa perlu latihan wawancara atau interview? Karena di job fair, tidak menutup kemungkinan nantinya kamu akan walk-in interview. Jika kesempatan tersebut datang, sayang banget dong buat dilewatkan. Maka dari itu penting banget buat siapin dan latihan interview sebaik-baiknya. Kamu juga harus siap dengan pertanyaan-pertanyaan dadakan di sana.

Baca juga : 20 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Terbaru & Cara Jawabnya

(4) Tunjukan Antusias dan Semangatmu

Orang yang memiliki antusias dan semangat yang tinggi mampu membuat orang lain menaruh perhatian lebih terhadap mereka. Oleh karena itu, ketika event job fair berlangsung pastikan untuk memperlihatkan antusias, minat, dan semangatmu terhadap pekerjaan dan perusahaan yang akan kamu lamar.

(5) Memperluas Koneksi 

Jadikan acara job fair ini untuk memperluas koneksi. Bangun koneksi dan pertemanan yang banyak dengan orang-orang baru di sana. Pastikan kamu mendapatkan kartu nama atau setidaknya bisa berteman lewat LinkedIn. Networking yang kamu dapatkan selama acara job fair ini, bisa jadi akan sangat bermanfaat nantinya.

(6) Jangan Lupa Apply dan Follow Up

Cara melamar kerja di job fair selanjutnya adalah masukkan lamaranmu ke manajer/HR di sebuah perusahaan yang dituju. Jelaskan bagaimana pengalaman dan skill-mu adalah yang paling cocok untuk menempati posisi pekerjaan yang dibuka. Jangan lupa untuk melakukan follow-up. 

(7) Datang dengan Dresscode yang Tepat

Banyak orang terkadang melewatkan hal-hal yang dianggap kecil dan sederhana, seperti gaya berpakaian. Padahal poin ini juga sangat penting lho. Orang-orang bisa menilai karaktermu lewat pakaian atau dresscode yang kamu kenakan. So, pastikan untuk mengenakan pakain yang sopan dan formal ya saat datang ke job fair.

Lihat panduan : Panduan dan Contoh Pakaian Interview Kerja yang Profesional

Nah demikianlah pemaparan lengkap seputar job fair, manfaat yang didapat, dan tips sukses melamar pekerjaan melalui job fair. Jika kamu tertarik mengikuti acara career expo ini, yuk list dari sekarang job fair yang ingin kamu datangi di tahun ini!

Sebelum menghadiri Job Fair, ada baiknya kamu mengikuti tes kepribadian minat dan bakat untuk menentukan pekerjaan yang paling cocok untuk kamu.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.