Walk in Interview: Arti, Teknis, Tips dan Contoh Pertanyaan Lengkap

Sudah pahamkah kamu mengenai istilah walk in interview? Para jobseeker pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Walk ini interview adalah proses perekrutan secara terbuka. Artinya, kamu bisa mengikuti interview tanpa harus mengirimkan surat lamaran terlebih dahulu.

Biasanya walk in interview dilaksanakan ketika perusahaan membutuhkan kandidat untuk berbagai posisi. Sehingga, untuk menyingkat waktu diadakan perekrutan secara terbuka yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tentu saja kesempatan ini tak boleh kamu lewatkan sebagai jobseeker. Yuk simak apa saja yang perlu diperhatikan di sini!

Table of Contents

Apa itu Walk in Interview?

Walk in interview adalah proses wawancara yang biasa dilakukan perusahaan untuk merekrut banyak kandidat dalam waktu singkat. Biasanya, perusahaan dengan banyak posisi terbuka melakukan wawancara pendahuluan. Perbedaan antara wawancara masuk dan wawancara kerja biasa adalah kamu tidak perlu mengajukan lamaran atau menjadwalkan wawancara. 

Perusahaan akan meninjau dokumen aplikasi kamu saat ini. Perusahaan akan menetapkan tanggal dan waktu kapan kandidat akan tiba di tempat wawancara dan menerima proses wawancara. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tiba di tempat wawancara tepat waktu agar mendapat giliran lebih cepat. Konsepnya mirip dengan job fair, bedanya beberapa perusahaan mengikuti job fair di satu tempat. 

Namun dalam wawancara biasa, biasanya hanya dilakukan oleh satu perusahaan. Dari segi teknis, walk in interview tidak jauh berbeda dengan wawancara biasa. Tempat wawancara dalam wawancara ini tidak selalu kantor atau perusahaan. Ini dapat dilakukan di luar gedung perusahaan, seperti aula, hotel, atau tempat berkapasitas tinggi lainnya. Wawancara dilakukan untuk proses penyaringan awal pelamar. Jika kandidat lulus wawancara, dia mengikuti opsi berikutnya.

Perbedaan Walk in Interview dan Interview

Ada perbedaan antara wawancara dan wawancara penerimaan. Meski sama-sama merekrut karyawan baru. Perbedaan tersebut adalah:

1. Direncanakan dan tidak direncanakan 

 Perbedaan wawancara dengan wawancara masuk pertama berkaitan dengan jadwal. Saat wawancara, jadwal biasanya disiapkan untuk individu. Perusahaan mengatur pertemuan formal dengan kandidat sebelum wawancara. Adapun wawancara, tidak resmi untuk individu. Ini karena perusahaan biasanya mengadakan wawancara ketika ingin merekrut beberapa orang sekaligus, biasanya di job fair. 

2. Waktu pelaksanaan

 Wawancara biasanya juga tidak berlangsung lama, karena wawancara bisa berlangsung 20-60 menit dengan pertanyaan yang berbeda. Jalan wawancara lebih pendek dan hanya beberapa pertanyaan penting yang perlu ditanyakan. Inilah perbedaan antara wawancara dan wawancara masuk. 

3. Kandidat tidak perlu menunggu respon

Dalam wawancara biasa, kandidat harus menunggu lama sebelum menerima undangan wawancara. Tidak demikian halnya dengan walk-in interview, namun jika kamu tertarik dan merasa cocok dengan posisi yang dibuka, kamu dapat langsung datang ke interview dengan membawa CV dan dokumen lainnya. Selain itu, pelamar akan sesegera mungkin mengetahui apakah mereka telah diterima atau tidak. Tidak perlu menunggu kabar pribadi yang sering hantu.

Baca juga : Perbedaan Interview User dan HRD, Pelamar Kerja Harus Tahu!

Persiapan Mengikuti Walk in Interview

Persiapan Mengikuti Walk in Interview

Beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan saat menjalani walk in interview adalah sebagai berikut.

Melakukan Riset

Pertama, kamu perlu melakukan riset tentang perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar. Pelajari tentang produk, budaya kerja, visi dan misi perusahaan, prestasi dan informasi lainnya. kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang perusahaan dari website resmi perusahaan atau dari media. 

Setelah itu tentunya kamu tidak boleh lupa untuk membiasakan diri dengan tempat yang kamu lamar. Kumpulkan informasi tentang deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, keterampilan yang dibutuhkan, tingkat gaji, dan  lainnya. kamu juga dapat menjelajahi dan membaca ulasan  di komunitas pencari kerja  atau  media sosial, seperti grup Twitter atau Telegram.

Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dalam walk in interview, wawancara kerja dilakukan secara offline atau tatap muka. berkas pekerjaan harus diserahkan dalam bentuk cetak. Jadi jangan lupa untuk memperbarui resume kamu jika perusahaan tidak menyertakan file aplikasi untuk impor, tidak ada salahnya membuat dokumen stkamur seperti surat lamaran, CV, ijazah dan surat rekomendasi. 

Pastikan semua dokumen  berada dalam satu folder atau amplop dan dalam kondisi baik. Ya, pada saat melamar pekerjaan hanya perlu melampirkan fotocopy dokumen penting seperti KTP dan ijazah. Tidak perlu mengirimkan yang asli. Ingatlah untuk berhati-hati saat menggunakan informasi pribadi.

Mempersiapkan Diri

Untuk membantu kamu menjawab pertanyaan wawancara dengan lancar, jangan lupa untuk meneliti pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh perekrut. kamu bisa berlatih dengan teman atau di depan cermin. Mempelajari pertanyaan wawancara ini akan memberimu banyak waktu untuk mempersiapkan jawaban terbaik. Jadi ketika kamu datang ke wawancara kerja, kamu sudah siap dengan pertanyaan yang telah ditentukan.

Tips Menghadapi Walk in Interview

Agar walk in interview kamu lancar, coba ikuti beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini.

Mengenakan Pakaian yang Sopan

Untuk membuat kesan pertama yang baik, pastikan datang ke wawancara kerja dengan berpakaian sopan dan pantas. Beberapa tips berpakaian untuk wawancara kerja: 

  • Kenakan kemeja untuk pria atau blus untuk wanita 
  • Pilih pakaian dengan pola sederhana atau polos 
  • Hindari memakai jeans 
  • Perhatikan warna pakaian kamu. Pilih warna yang netral atau tidak terlalu mencolok 
  • Pakailah sepatu yang menutupi seluruh kaki 
  • Pastikan pakaian rapi dan tidak kusut 
  • Pilih pakaian yang nyaman dipakai dan jangan lupa menyisir rambut dengan benar. 
  • Untuk wanita, kamu juga bisa menggunakan riasan wajah atau riasan natural agar terlihat lebih segar.

Lihat panduan : 10 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja yang Rapi dan Profesional

Memperhatikan Postur Tubuh Saat Menjawab Pertanyaan

Bahasa tubuh adalah gerakan yang dialami seseorang, biasanya dilakukan secara tidak sadar dan tanpa tipu daya. Perekrut dapat dengan mudah melihat setiap gerakan kamu. Isyarat ini termasuk ekspresi wajah, gerakan tubuh, suara, mata dan banyak lagi. 

Saat menghadiri wawancara awal, cobalah menggunakan bahasa tubuh yang positif, seperti tersenyum kepada pewawancara dan terlihat sopan. Perhatikan juga posisi duduk kamu dan duduk tegak. Postur tubuh dan bahasa tubuh dapat membantu menyampaikan ketertarikan kamu pada pekerjaan tersebut.

Membawa Alat Tulis

Jangan lupa bawa pulpen, penghapus, pensil, buku catatan. Alat – alat tulis ini biasanya diperlukan saat wawancara. Penilaian juga mencakup persiapan untuk wawancara.

Menunjukkan Rasa Percaya Diri dan Antusias

Pernahkah kamu melihat video media tentang suasana walk-in interview? Pencari kerja untuk posisi yang dibuka cukup banyak dan membutuhkan antrian yang cukup panjang. Walaupun harus antri sebentar, harus sabar dan tidak memasang wajah menyebalkan ya? 

Saat giliran kamu untuk wawancara, tunjukkan semangat kamu, jangan terlihat lemah. Di akhir wawancara, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pewawancara dan tersenyum sopan. Tinggalkan kesan positif pada perusahaan potensial tempat kamu akan bekerja selanjutnya.

Menjawab Interview dengan Jelas

Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dengan percaya diri, jujur, dan ramah, tetapi tidak berlebihan. Jangan sungkan untuk merespon jika kamu dimintai penjelasan lebih detail. Gunakan kesempatan untuk bertanya ketika pewawancara menanyakannya, dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan yang dirasa kurang jelas, seperti menanyakan kapan hasil wawancara akan diumumkan.

Contoh Pertanyaan Walk in Interview

Apa saja pertanyaan yang biasanya ditanyakan dalam walk in interview? Coba pelajari beberapa pertanyaan interview berikut ini!

Ceritakan Tentang Diri Kamu?

Kedengarannya sederhana, tetapi fakta di lapangan membingungkan banyak kandidat. Karena itu, kamu juga harus bersiap untuk menjawab pertanyaan ini. Cobalah menjawab dengan membandingkan pengalaman dan keterampilan kamu serta kesesuaian dengan pekerjaan yang kamu buka.

Kamu bisa juga memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris untuk memberikan poin plus pada perusahaan.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan?

Pastikan untuk melakukan penelitian kamu sebelum kamu datang. Cari sumber yang valid seperti website resmi perusahaan, perhatikan poin-poin penting perusahaan. Secara umum, hal-hal yang perlu kamu ketahui jauh dari bisnis, industri, dan produk. Pastikan untuk memberikan jawaban yang wajar sehingga kamu tampaknya tidak mengingat jawaban kamu.

Sebutkan Kelebihan dan Kekuranganmu?

Saat menjawab pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan, jangan berpura-pura. Pastikan kamu mencocokkan kekuatan yang terkait dengan posisi terbuka. Kemudian, ketika kamu menanggapi kekurangan tersebut, jujurlah dan jelaskan bahwa kamu memiliki solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut agar tidak terlalu mempengaruhi kinerja pekerjaan.

Kenapa Kamu Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Mereka juga akan bertanya mengapa kamu tertarik dengan perusahaan ini atau mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami. Dengan cara ini kamu dapat mengetahui apa motivasi kamu untuk melamar pekerjaan. 

Hindari menjawab pertanyaan ini karena gaji tinggi atau tunjangan besar yang ditawarkan perusahaan. Namun coba jawab pertanyaan ini dengan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis perusahaan, seperti kesesuaian jenis usaha dengan keahlian, latar belakang pendidikan atau visi dan misi perusahaan. Atau bisa juga pengalaman kerja.

Lihat selengkapnya : 27 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Lengkap Jawaban & Artinya

Itulah penjelasan mengenai apa itu walk in interview yang perlu kamu pahami, terutama jika kamu seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan. Saat ada peluang walk in interview, jangan ragu untuk mencobanya! Untuk itu, siapkan dirimu sebaik mungkin, ya. 

Agar lebih siap menghadapi interview, terlebih dengan perusahaan multinasional yang biasanya menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus online bersertifikat dengan tema Cepat Cakap Inggris Khusus Job Interview di Cakap Upskill. Kelas ini akan membantu para calon pekerja dalam menghadapi interview melalui program Cakap dengan akses selama satu bulan penuh!

Referensi

  • Glints.com
  • Majoo.com
  • Myrobin.id

Baca juga 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.