Belajar Agama Online di Bulan Ramadhan Lewat Awadah Dakwah

awadah dakwah 2020

Sebentar lagi, kita akan memasuki bulan Ramadhan 1441 H. Mulai besok, umat Muslim akan mulai menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Muslim, dimana kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, serta melakukan kebaikan. 

Namun bulan Ramadhan ini berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan Ramadhan sebelumnya. Saat ini kita tidak bisa beribadah seperti biasanya karena adanya pandemi Corona. Kegiatan keagamaan pun jadi terhambat. Yang tadinya kita bisa berkumpul bersama sanak saudara dan menjalankan ibadah bersama, sekarang jadi tidak bisa dilakukan.

Walaupun demikian, kita tentunya harus mematuhi imbauan social distancing dari pemerintah. Di sisi lain, ibadah pastinya tetap harus berjalan. Melihat masalah ini, maka Cakap bersama Awadah Group dan WIR Group berinisiatif untuk meluncurkan program Awadah Dakwah Festival 2020 untuk memfasilitasi ibadah di rumah untuk mendapatkan keutamaan bulan ramadhan. 

penandatangan kerjasama awadah

Diskusi Langsung Bersama Para Ulama

Lewat program ini, umat Muslim bisa mengikuti diskusi dan kajian Qur’an selama bulan Ramadhan. Materi yang disajikan beragam dan mewakili semua kalangan umat Islam di Indonesia. 

Tema materi yang disampaikan beragam, mulai dari pembelajaran agama, memperdalam kesilaman, dan sebagainya. Materi-materinya pun disampaikan oleh ulama-ulama yang mumpuni di bidangnya. Di antaranya ada Habib Ali Bahar, Dr. Nadirsyah Hosen, Kyai Syarif Hidayatullah, dan banyak lagi.

Menurut inisiator Awadah Group, Yenny Wahid, program ini merupakan salah satu cara membantu upaya pemerintah dalam menyediakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di bulan Ramadhan ini selagi tetap menerapkan social distancing

“Jadi diisi dengan hal-hal baik, yang tentunya akan menjadi ladang pahala,” jelasnya. Ia pun mengajak masyarakat untuk tetap patuh menjalankan social distancing.

Social distancing artinya melakukan kebaikan dengan jalan menebarkan kasih sayang kepada orang lain, mencegah agar orang lain tidak terkena virus yg sedang mewabah.”

Lewat Awadah Dakwah Festival ini, masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan para ulama seperti saat mengaji secara langsung. Jadi, pengguna yang mengakses  programnya bisa berdiksusi dan mengajukan pertanyaan langsung kepada yang membawakan materi. 

Aplikasi Online Jadi Jawaban

Untuk mengakses program Dakwah online selama bulan Ramadhan ini, masyarakat hanya tinggal mengunduh aplikasi Cakap pada smartphone mereka. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa langsung berinteraksi melalui video call dan chat dengan ulama yang membagikan ilmu. 

“Diharapkan ini dapat membuat kegiatan berbagi pengetahuan jadi lebih efektif, berkualitas, dan juga aman di tengah pandemi saat ini,” ungkap Tomy Yunus selaku CEO Cakap.

Kelas-kelasnya akan bisa diakses setiap hari selama bulan suci Ramadhan. Setiap harinya akan ada 2 kelas berbeda yang dapat diakses. Selain itu, juga akan ada tambahan fitur bagi umat Muslim yang ingin melakukan infaq. 

“Harapannya, bisa memberikan banyak kebajikan bagi masyarakat Indonesia,” lanjut Michael Budi selaku co-founder dan CEO WIR Group. Ia meneruskan, program ini merupakan respons sekaligus bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Kamu bisa mengakses program ini secara gratis di Cakap Expert lewat aplikasi Cakap, yang bisa kamu unduh di PlayStore ataupun AppStore. Jadi, kita semua tetap bisa menjalankan ibadah, mempelejari keislaman, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selamat menunaikan ibadah puasa dan mari kita sambut Ramadhan dengan memperkuat keimanan! Semoga kita semua mendapatkan keutamaan puasa ramadhan.

Baca Juga: 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google