Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat

Berpuasa selama bulan Ramadan adalah latihan mental seperti halnya latihan fisik. Meskipun setiap orang mungkin berbeda dalam cara mempersiapkan pikiran dan tubuh untuk berpuasa, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu tetap bersemangat saat berpuasa:

Tetap terhidrasi

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Cobalah minum cairan beberapa kali sepanjang malam, bahkan jika kamu tidak merasa terlalu haus. Pilih cairan yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein dapat mengalami dehidrasi. Ingat, berbuka puasa dengan air tidak hanya tradisional tapi juga memastikan bahwa kamu mendapatkan sumber hidrasi terbaik ke dalam tubuh sebelum menjadi terganggu dengan makanan.

Tapi, berhati-hatilah dan jangan berlebihan dengan minum terlalu banyak pada satu waktu. Mencoba minum beberapa gelas secara bersamaan dapat melarutkan elektrolit tubuh kamu, menginduksi kondisi yang berpotensi fatal (keracunan air).

Yuk bahas topik-topik ramadan menarik dan berbeda setiap harinya di Cakap Live. Download Sekarang!

Variasi adalah bumbu kehidupan

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Makanlah beragam makanan di malam hari. Sekarang, lebih dari sebelumnya, tubuh kamu membutuhkan makanan yang baik untuk mengimbangi stres saat berpuasa. Biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (lemak dari tumbuh-tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan), semuanya penting untuk memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Ukuran porsi itu penting

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Butuh waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk memberikan sinyal bahwa makanan yang kamu konsumsi sudah cukup. Jadi jangan berlebihan dengan makan saat berbuka puasa. Makan dengan penuh perhatian dan mendengarkan ketika rasa lapar kamu benar-benar membuat stres tubuh kamu berkurang dan memberi kamu lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar sekaligus.

Terus bergerak

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Meskipun puasa dapat melelahkan secara fisik, cobalah untuk tidak sepenuhnya berdiam diri. Jika kamu biasanya berolahraga di pagi hari, lihat bagaimana rasanya tubuh kamu jika kamu beralih berolahraga ke malam hari setelah berbuka puasa. Olahraga berat bukanlah ide yang baik di siang hari karena kamu dapat dengan cepat mengalami dehidrasi. Pikirkan hal yang kecil seperti jalan-jalan pendek atau beberapa peregangan bisa sangat membantu menjaga energi kamu di siang hari.

Beberapa rahasia untuk sahur yang sukses

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Komponen makanan seimbang dapat membantu gula darah kamu tetap stabil dan memberi kamu energi yang baik. Beberapa elemen untuk dimasukkan dalam menu sahur kamu:

  • Biji-bijian utuh—sereal gandum utuh, roti gandum utuh, beras merah, dan oatmeal.
  • Buah-buahan dan sayuran segar
  • Protein—susu, yogurt, telur, kacang-kacangan.
  • Lemak sehat—kacang-kacangan dan zaitun.

Cobalah kombinasi mudah ini selain air minum selama sahur:

  • Oatmeal dibuat dengan susu rendah lemak dan atasnya dengan buah dan kacang.
  • Semangkuk sereal gandum dan susu rendah lemak, atasnya dengan buah dan kacang.
  • Sepotong roti gandum, telur rebus, dan sepotong buah.
  • Sandwich selai kacang pada roti gandum dan segelas susu rendah lemak.
  • Pisang atau apel dengan selai kacang dan segelas susu rendah lemak.
  • Semangkuk sup sayuran, sepotong roti gandum, dan segelas susu rendah lemak.
  • Salad couscous gandum utuh dengan campuran sayuran, minyak zaitun, dan tuna kalengan.

Temukan apa yang cocok untuk kamu

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Tergantung pada jadwal tidurmu, kamu mungkin ingin bereksperimen dengan seberapa sering dan kapan kamu makan untuk menjaga energi kamu. Berpuasa merupakan sesuatu yang membutuhkan penyesuaian diri bagi sebagian orang. Mungkin dari sekian tips di atas kurang cocok bagimu dan ini tidak apa-apa.

Misalnya, kamu lebih suka melatih otak daripada tubuh sehingga kamu lebih memilih untuk kursus bahasa asing online daripada berolahraga, ini pun tidak masalah.

Percayai bagaimana perasaan tubuh kamu

Tips Puasa Ramadan Agar Kamu Tetap Bersemangat
sumber: giphy

Setiap orang adalah individu dan mungkin merasa terbaik dengan cara makan yang berbeda. Jika kamu mengalami masalah dengan puasa dan tips ini tidak berhasil untuk kamu, bicarakan dengan ahli gizi atau penyedia layanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik berdasarkan situasi kamu.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google