Apa itu FMCG? Pengertian, Jenis Produk, dan Contoh Perusahaannya

fmcg adalah

Kepanjangan FMCG adalah Fast Moving Consumer Good, yaitu industri yang memiliki potensi cukup besar di Indonesia. Selain itu, profit yang dihasilkan cenderung stabil dengan prospek jangka panjang. Apa yang kamu ketahui tentang FMCG?

Jadi, FMCG adalah bidang industri yang menawarkan barang terjangkau dengan sirkulasi penjualan yang cukup cepat. Perusahaan FMCG umumnya memiliki target pasar sangat luas, tergantung dari jenis produk apa saja yang dijual.

Meski memiliki banyak keuntungan, namun menjalankan perusahaan FMCG tidak bisa dikatakan mudah. Ada banyak tantangan, mulai dari penyediaan bahan baku hingga pendistribusian produk. Ketahui selengkapnya tentang apa itu FMCG di sini!

Apa itu FMCG?

FMCG adalah industri yang menawarkan produk sehari-hari untuk dijual dalam jumlah banyak dengan harga yang relatif murah. Pasokan barangnya biasanya tidak bertahan lama dan harus segera dijual. Karakteristik barang yang dijual adalah yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. 

Misalnya, minuman ringan atau susu dan jenis produk olahannya (keju, mentega), yang biasanya harus tersedia di rumah setiap minggunya. Karena sebagian besar masyarakat membutuhkannya, perusahaan FMCG di Indonesia dan luar negeri biasanya mendistribusikan produknya ke banyak tempat. Dengan begitu, konsumen lebih mudah menemukannya.

Kamu bisa menemukan produk FMCG di supermarket, apotek, swalayan dan masih banyak lagi. Selain minuman ringan dan produk susu yang  disebutkan sebelumnya, kategori ini juga mencakup buah-buahan dan sayuran, kertas tisu atau bahkan vitamin dan obat-obatan umum.

Karakteristik Perusahaan FMCG

 

Freepik

Produk yang termasuk dalam kategori FMCG memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik tersebut dapat ditentukan dari sudut pandang konsumen dan produsen. Berikut masing-masing penjelasannya.

Karakteristik FMCG dari sudut pandang konsumen 

Dari sudut pandang konsumen, produk FMCG memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Konsumen cukup sering membeli produk tersebut. Bahkan seringkali bersifat rutin, seperti seminggu sekali, sebulan sekali atau enam bulan sekali. 
  • Ketertarikan rendah. Artinya, konsumen tidak terlalu terikat dengan citra salah satu merek atau produk.
  • Harga terjangkau. Ini adalah yang terpenting, yaitu harga produk murah dan mudah dijangkau. Nyatanya, banyak versi produk sering kali dibuat dalam bentuk berbeda untuk menjangkau segmen masyarakat yang lebih luas. 

Karakteristik FMCG dari Sudut Pandang Produsen 

Perusahaan sebagai produsen memiliki sudut pandang yang berbeda dengan konsumen. Karakteristik produk FMCG dari sudut produsen adalah sebagai berikut: 

  • Volume tinggi. Produsen membutuhkan bahan baku dalam jumlah banyak untuk memproduksi sebanyak-banyaknya. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun pabrik secara besar-besaran dan menyebarkan lokasi produksi di banyak lokasi. 
  • Distribusi dengan jaringan yang luas. Jaringan distribusi produk biasanya merupakan jaringan yang luas. Sehingga pendistribusian produk bisa sampai ke pelosok daerah sekalipun. 
  • Perputaran persediaan produk tinggi. Perputaran (turnover) produksi cukup cepat dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan persediaan di lapangan. Oleh karena itu membutuhkan supply chain management yang baik. 

Jenis-Jenis Produk FMCG

Seperti  disebutkan sebelumnya, FMCG adalah bisnis yang menjual produk sehari-hari dengan cepat. Oleh karena itu, kategori FMCG mencakup berbagai macam produk. Perusahaan FMCG Indonesia umumnya memproduksi produk dengan kategori sebagai berikut:

  • Makanan olahan (sereal, pasta instan) 
  • Minuman (air, soda, jus kemasan) 
  • Kue kering (kue, makanan ringan manis) 
  • Beku dan segar (buah dan sayuran, goreng beku makanan) 
  • Obat-obatan (vitamin dan obat bebas)
  • Produk pembersih (pembersih pel, sabun mandi) 
  • kosmetik dan produk kebersihan (shampoo, pasta gigi, sabun mandi) 
  • Perlengkapan kantor (bolpoin) 

Selain beberapa jenis di atas, masih ada beberapa kategori lain dan produk dari FMCG, tapi itulah gambaran besarnya. Produk FMCG pada dasarnya diproduksi secara massal, tidak bertahan lama (maksimal 1-2 tahun) dan dijual dengan harga yang relatif murah.

Tantangan Industri FMCG

Produk FMCG adalah produk yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Bahkan hampir semua strata ekonomi dan sosial dapat menggunakan merek yang sama. Namun, di sisi lain hal ini menghadirkan tantangan tersendiri. 

Misalnya, karena produknya  mudah terjual dan mudah dicari, maka margin keuntungannya kecil. Dengan demikian, produsen harus terus berproduksi sebanyak-banyaknya dan seefisien mungkin untuk mencapai target.

Selain itu, persaingan pasar juga cukup ketat, karena konsumen lebih mudah mengingat produk inovatif. Misalnya, apa pun produk air mineral yang dibeli, konsumen biasanya menyebutkan satu merek yang melekat pada mereka untuk sementara waktu. Oleh karena itu produsen harus terus berinovasi untuk menemukan pembeda yang unik untuk produk mereka.

Skill yang Dibutuhkan

Berkarir di perusahaan FMCG memiliki prospek karir yang cukup baik. Lantas, apa saja skill yang dibutuhkan agar bisa bekerja di perusahaan tersebut? Simak berikut ini.

1. Data Analyst

Data analis di perusahaan FMCG adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan. Meskipun posisi kamu bukan seorang analis data, kamu harus bisa membaca dan melakukan analisis data untuk membantu mencari solusi dari masalah yang ada. Keterampilan ini akan membantu kamu membuat keputusan nanti.

2. Market Research

Skill kedua yang harus dimiliki jika ingin bekerja di perusahaan FMCG adalah riset pasar. Artinya, kamu perlu mengetahui cara mengumpulkan informasi dari pelanggan, mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, dan mencari solusi untuk produk yang kamu jual.

3. Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing di perusahaan FMCG itu penting, bahkan bisa dibilang wajib. Keterampilan ini akan berguna jika kamu dipindahkan ke departemen lain atau dipindahkan ke kantor asing. Dengan pengetahuan bahasa asing, tidak akan ada kendala dalam berkomunikasi, apalagi dengan bahasa Inggris.

4. Cross Functional Skills

Keterampilan yang nantinya akan kamu peroleh di perusahaan FMCG adalah keterampilan pengetahuan lintas fungsi atau interdisipliner. Karena di perusahaan FMCG kamu selalu harus berkembang dan belajar banyak hal baru setiap harinya.

5. Kecerdasan Emosional

Keterampilan selanjutnya yang dibutuhkan perusahaan FMCG adalah kecerdasan emosional. Kemampuan ini digunakan untuk mengidentifikasi, memahami, mengelola, mengatur, dan mengekspresikan emosi. Terutama membangun hubungan dengan orang lain dan beradaptasi dengan cepat.

Keuntungan Bekerja di Perusahaan FMCG

 

Freepik

Meski kamu dituntut untuk menguasai beberapa kemampuan, nyatanya bekerja di perusahaan FMCG juga memberikan banyak keuntungan, lho.

1. Upah Tinggi dan Fasilitas Lengkap

Keuntungan pertama bekerja di perusahaan FMCG adalah gaji dan fasilitas yang menggiurkan. Gaji rata-rata yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja di perusahaan FMCG adalah sekitar 6-8 juta rupiah. Selain itu, layanan yang ditawarkan selama bekerja di FMCG meliputi asuransi, makan siang gratis, keanggotaan gym, transportasi, dan akomodasi. Menarik, bukan?

2. Fast-paced Environment

Lingkungan kerja perusahaan FMCG dituntut untuk bergerak cepat. Artinya selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk. Inovasi ini dapat diperkenalkan melalui kampanye produk atau kreativitas kemasan. Di perusahaan FMCG, kamu harus bekerja cepat dan kreatif agar menghasilkan produk yang dibutuhkan pelanggan. Dalam hal ini, kamu juga perlu mengetahui informasi terkait perkembangan bisnis, perilaku pelanggan, dan pemasaran.

3. Posisi yang Beragam

Keuntungan selanjutnya bekerja di perusahaan FMCG adalah kamu bisa melamar berbagai posisi. Perusahaan FMCG tidak hanya fokus pada penjualan, tapi terbuka untuk semua bidang.

4. Kesempatan Bekerja di Luar Negeri

Manfaat berikutnya bekerja di perusahaan FMCG adalah kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Beberapa perusahaan FMCG Indonesia memiliki cabang di banyak negara, sehingga tak jarang mereka menawarkan kesempatan untuk berkarir di luar negeri. Kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk belajar banyak dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda. Cukup menyenangkan, bukan?

Daftar Perusahaan FMCG di Indonesia

Beberapa contoh perusahaan FMCG di Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Nestle

Salah satu contoh perusahaan FMCG Indonesia yang tak kalah populer adalah Nestle. Perusahaan ini terkenal dengan produk susu dan serealnya seperti coco crisp, bear, milo, dancow, dan sebagainya. Nestle termasuk perusahaan yang hanya memproduksi makanan dan minuman.

2. Indofood

Pastinya kalian tahu kan produk mie instan indomie yang  banyak diminati? Produk ini diolah oleh Indofood FMCG. Kepopuleran mie instan ini membuat Indofood melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri. Namun tidak hanya memproduksi mie instan saja, Indofood juga menjual berbagai produk yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, makanan, rempah-rempah, susu, sirup, kebutuhan bayi, dan lain-lain.

3. Mayora Indah

Contoh lain dari perusahaan FMCG adalah Mayora Indah. Mayora Indah terkenal dengan produk kuenya. Namun nyatanya produk Mayora justru lebih bervariasi lagi, seperti permen, kopi dan makanan ringan lainnya. Seperti Nestle, produk Mayora hanya berkaitan dengan makanan dan minuman.

4. Wings Corporation

Perusahaan FMCG Indonesia selanjutnya yaitu Wings Corporation. Wings Corporation adalah perusahaan FMCG Indonesia seperti Indofood. Perusahaan ini memproduksi berbagai kebutuhan sehari-hari seperti sampo, sabun, minuman, makanan, rempah-rempah, dan sebagainya.

5. Unilever Indonesia

Unilever bukan hanya perusahaan multinasional terbesar di Indonesia, namun produk yang ditawarkan sangat beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, Unilever Indonesia memproduksi produk bermerek seperti lifebuoy, royco, rinse dan molto.

Demikian penjelasan mengenai pengertian hingga beberapa contoh produk FMCG yang sering ditemui di Indonesia. Kesimpulannya, FMCG adalah industri yang menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan produk yang sangat bervariasi.

Ingin melatih kemampuan dalam berbagai bidang sesuai minatmu? Yuk, ikuti kursus online bersertifikat yang ditawarkan oleh Cakap Upskill! Di Cakap, kamu dapat menemukan bermacam-macam program pelatihan dalam bidang tertentu, termasuk mempelajari beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan FMCG. Daftarkan dirimu sekarang, karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi

  • investopedia.com
  • Landx.id 
  • stoodnt.com

Baca juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.