Cakap Upskill: Ini Kriteria Manajemen Perusahaan yang Baik dan Kompeten

belajar saham lebih cuan karena paham

Cakap Upskill seri Belajar Saham Lebih Cuan karena Paham kembali dengan topik yang tak kalah seru. Di webinar ketiga ini, Cakap Upskill mengundang Prima Bintang Pamungkas selaku Founder Belajar Saham Indonesia untuk membahas seputar tentang Analisa Bisnis Perusahaan dan Analisa Manajemen Perusahaan.

Kamu tentunya ingin berbisnis dengan perusahaan yang dikelola oleh orang-orang yang kompeten dan dapat dipercaya. Nah, menurut kak Prima, ada beberapa kriteria manajemen perusahaan yang kompeten, baik, dan jujur. Apa saja itu? Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini, ya!

Trustworthiness

Kriteria pertama yang menentukan kompeten tidaknya manajemen suatu perusahaan yaitu trustworthiness atau dapat dipercaya. Kamu tentunya tidak ingin berbisnis dengan manajer yang tidak berkualitas dan bermasalah secara hukum (memanipulasi laporan keuangan, permasalahan pajak, pernah terlibat kasus korupsi, dan sebagainya). 

Salah satu cara untuk memastikan komitmen manajemen adalah dengan mengukur persentase kepemilikan yang dimiliki manajer individu dalam sebuah perusahaan. Selama kepemilikan manajemen substansial (cukup besar), mereka cenderung memperlakukan bisnis perusahaan dengan serius.

Candid in Reporting

Manajemen harus memiliki komunikasi yang baik dengan pemegang saham dan memberikan laporan tahunan yang bersih. Dalam hal pelaporan, segala bentuk kesalahan harus dilaporkan secara transparan. Penting bagi manajemen untuk mengakui kesalahan dan menguraikan dampak dan solusi utama untuk memastikan kesalahan tidak terulang.

Kesalahan-kesalahan tersebut dapat diungkapkan secara transparan melalui surat laporan tahunan kepada pemegang saham, yang merupakan bagian dari laporan tahunan. Hindari manajemen yang menyembunyikan kesalahan dari investor dan mencoba melaporkan hanya secara positif setiap tahunnya. 

Aligned with Shareholders’ Interests

Kriteria ketiga yaitu manajemen harus searah dengan kepentingan pemegang saham. Secara konvensional, membeli kembali saham menggunakan kas perusahaan adalah pertanda baik bahwa manajemen memiliki kepentingan yang selaras dengan pemegang saham. Ini adalah cara yang baik untuk menghargai pemegang saham dan memaksimalkan nilai saham.

Perusahaan yang membeli kembali sejumlah besar saham dari pasar sering memberikan sinyal yang baik kepada investor bahwa saham tersebut dijual dengan harga murah. Jika memang saham sedang undervalued, seringkali menjadi daya tarik dari program buyback saham. Kemudian, saham dilepas kembali ketika harga menjadi normal. 

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Track Record/ Experience

Kredibilitas tentunya merupakan kriteria sangat penting. Untuk mengukur kredibilitas manajemen maka pertanyaannya adalah ‘apakah manajemen telah memenuhi tujuan yang disebutkan beberapa tahun yang lalu?’. Dari laporan tahunan, baca surat CEO kepada pemegang saham untuk mendapat petunjuk mengenai kualitas manajemen.

Adapun tujuan dari cara tersebut adalah untuk melihat apakah tujuan dan sasaran CEO yang ditulis di masa lalu telah dijalankan. Jika rencana yang telah dibahas benar-benar diimplementasikan, itu menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan manajemen. Sebaliknya, jika tidak, ia mengharapkan investor melupakan apa yang telah dijanjikan.

Visionary Managers

Kriteria kelima yaitu dimana manajemen harus memiliki visi dan misi untuk memajukan perusahaan dan target yang realistis. Memahami visi dan rencana manajemen untuk mengembangkan bisnis di masa depan akan menentukan apakah perusahaan yang sedang tumbuh layak dipertahankan dalam jangka panjang.

Pertumbuhan perusahaan sendiri dapat didukung melalui dua metode. Yang pertama yaitu pertumbuhan organik atau ekspansi bisnis melalui penggunaan sumber daya dan asetnya sendiri. Yang kedua yaitu akuisisi atau strategi yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan dengan membeli perusahaan yang lebih kecil.

Selain itu, perlu dilakukan pemeriksaan scuttle-butting dengan mengajukan pertanyaan kepada konsumen, pemasok, dan karyawan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang kualitas manajemen dalam hal pertumbuhan bisnis di masa depan. Kesimpulan tentang manajemen perusahaan akan didapatkan setelah melakukan proses tersebut.

Nah, itu dia beberapa kriteria manajemen perusahaan yang baik dan kompeten. Untuk tahu lebih banyak lagi seputar bisnis, kamu juga bisa ikut webinar Cakap Upskill lainnya, lho. Ada banyak pengetahuan yang bisa kamu dapat dari narasumber yang tentunya berpengalaman. Yuk, download aplikasi Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.