Kamu Bisa Menjadi Lebih Cakap dengan 3 Cara Ini

Kamu Bisa Menjadi Lebih Cakap dengan 3 Cara Ini

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata “cakap” berarti “sanggup melakukan sesuatu, mampu, pandai, mahir, tangkas”. Menjadi orang yang cakap akan memudahkanmu dalam segala aspek kehidupan karena kamu mampu melakukan banyak hal. Bayangkan ketika dimintai tolong oleh teman, kamu bisa bilang “ya!” dan lansung membantunya. Atau ketika terjadi sesuatu yang di luar dugaanmu, kamu tidak mudah panik dan bisa menyelesaikannya dengan baik.

Lalu, bagaimana cara untuk menjadi orang yang cakap? Untuk menjadi orang yang cakap dibutuhkan kemauan yang keras. Tidak boleh mudah menyerah. Selain itu, ada hal lain yang harus kamu lakukan agar menjadi orang yang cakap. Apa saja? Simak artikel berikut!

Menjelajah

Kamu Bisa Menjadi Lebih Cakap dengan 3 Cara Ini
sumber: giphy

Cara pertama untuk menjadi orang yang cakap adalah dengan menjelajah. Maksudnya menjelajah di sini adalah mengeksplorasi kehidupan di sekitarmu. Perluas wawasan yang kamu miliki dan kembangkan perspektifmu dengan melakukan berbagai aktivitas berbeda. Kamu bisa memulai membaca genre buku yang baru, mendengarkan jenis musik baru, menyicipi makanan baru, mengikuti komunitas baru, atau belajar bahasa yang baru.

Perkaya pengalaman yang kamu miliki dengan menjelajah hal-hal di sekitarmu. Dimulai dari yang terdekat lalu nantinya akan meluas menjadi semakin jauh dan akhirnya secara tidak sadar, kamu telah melewati zona nyamanmu dan membuat zona nyaman baru yang lebih luas.

Usahakan untuk lebih terbuka dengan aktivitas baru karena kamu akan belajar banyak hal dari sana. Jika kamu menyukainya, kegiatan tersebut bisa menjadi hobi baru untukmu. Jika kamu tidak suka, kamu bisa berhenti dan mencari hal lain untuk dilakukan. Intinya, kamu harus mau mencoba. Mencoba hal baru tidak harus selalu berkaitan dengan kegiatan fisik. Kamu bisa mencoba untuk belajar menjahit, mendengarkan musik indie, atau memasak jenis kuliner baru.

Perluas Wawasan

Kamu Bisa Menjadi Lebih Cakap dengan 3 Cara Ini
sumber: giphy

Salah satu hal terpenting untuk menjadi orang yang cakap adalah dengan terus belajar dan memanfaatkan segala sumber yang ada. Kamu harus bisa berkembang dan meningkatkan kemampuanmu. Mengedukasi diri merupakan cara paling efektif untuk menjadi serba bisa dan mahir dalam melakukan sesuatu.

Kamu bisa memulainya dengan menyisihkanwaktu dan membaca lebih banyak buku atau berdiskusi dengan orang lain. Kamu juga bisa mengikuti kursus, pelatihan profesional, atau melanjutkan pendidikan. Mengembangkan keterampulan yang kamu miliki atau menambah keterampilan baru bisa memberimu perspektif berbeda akan suatu hal dan juga bisa membuatmu menjadi lebih cakap.

Baca Juga

Jika saat ini kamu kesulitan untuk mencari tempat belajar, kamu bisa belajar online. Misalnya kamu ingin belajar bahasa Mandarin tapi di sekitarmu tidak ada tempat kursus bahasa Mandarin, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Mandarin online. Kamu tinggal membeli paket belajar bahasa Mandarin online di internet dan kamu bisa belajar dari rumah.

Belajar bisa dari mana saja termasuk media. Hanya saja, di saat seperti ini,kamu harus pintar-pintar memilih situs web yang benar. Membaca artikel tentang apapun yang kamu suka dapat melatih otakmu dan memberikan informasi baru sehingga kamu bisa menjadi lebih cakap. Selain membaca, kamu juga bisa pergi mengunjungi museum dan pusat kebudayaan. Di sana kamu bisa melihat hal baru dan bahkan bertemu teman baru.

Keseimbangan

Kamu Bisa Menjadi Lebih Cakap dengan 3 Cara Ini
sumber: giphy

Keseimbangan hidup penting untuk menjadi orang yang cakap. Jika kamu memiliki kehidupan personal yang baik maka kehidupan profesionalmu juga akan menjadi lebih menyenangkan. Sediakan waktu untuk keluarga, diri sendiri, dan teman-teman. Hal ini untuk menjaga agar pikiranmu tetap fresh sehingga kamu dapat bekerja dan belajar dengan lebih baik.

Cintailah apa yang kamu lakukan dengan begitu kamu akan lebih menyenangi pekerjaanmu. Jangan takut untuk mengambil risiko dalam mengubah kehidupan personal dan profesional agar kamu pun menjadi lebih bahagia. Namun ini bukan berarti kamu tidak berpikir panjang dalam mengambil keputusan. Tetap perhitungkan risiko namun kamu pun harus tahu bahwa tidak ada hal yang tidak berisiko.

Jaga kesehatan fisik dan mental. Rajinlah berolahraga dan rawat kesehatan mental dengan beristirahat. Menjadi orang yang cakap bukan berarti kamu harus melakukan semuanya tanpa henti. Otakmu juga butuh waktu. Misalnya setelah belajar bahasa Jepang, kamu langsung belajar bahasa Mandarin agar kamu bisa menjadi seorang poliglot. Itu merupakan cara yang salah untuk belajar. Kamu harus menyisipkan waktu istirahat agar kamu tetap segar dan semangat belajar.

Kamu juga bisa pergi liburan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Berlibur pun dapat memperluas wawasanmu karena kamu mengunjung tempat yang baru dan mungkin melakukan aktivitas baru serta bertemu orang yang baru. Pikiranmu akan menjadi segar kembali dan kamu akan belajar banyak hal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tiga cara untuk menjadi orang yang cakap. Kamu pun harus tahu sampai mana batasan tentang dirimu, jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar hal baru. Batasanmu akan bergeser perlahan menjadi lebih luas. Misalnya setelah kursus online bahasa Jepang kamu langsung kursus online bahasa Mandarin. Itu sebenarnya tidak baik. Sediakan waktu untuk beristirahat sejenak sebelum kamu melanjutkan untuk belajar sesuatu. Otakmu juga butuh waktu.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google