Cakap x AWS Indonesia: Berkolaborasi Tingkatkan Skill Digital Guru & Pelajar se-Bandung Raya

Blog-Banner_Cakap-x-ASW

Cakap senantiasa terbuka untuk melakukan kolaborasi yang mengumpulkan segudang manfaat dengan berbagai perusahaan/instansi. Pada tanggal 25-26 Juli 2023 lalu Cakap menggandeng AWS Indonesia untuk melakukan sebuah kolaborasi untuk meningkatkan skill digital guru & pelajar. Program Cakap x AWS Indonesia memilih Kota Bandung Raya sebagai target utama dari program tersebut. Simak selengkapnya rangkuman program kolaborasi Cakap dan AWS Indonesia dalam artikel berikut!

AWS Gandeng Cakap Tingkatkan Skill Digital Guru & Pelajar

Seperti diketahui, penetrasi internet di Indonesia terus naik dari tahun ke tahun. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat bahwa pada periode satu tahun ke belakang, pengguna internet Indonesia menyentuh angka sebanyak 215,63 juta orang menggunakan internet. Jika dipresentasikan, jumlah tersebut setara dengan 78,19% dari total populasi penduduk Indonesia.

Menyadari akan kebutuhan literasi digital Indonesia yang kian tinggi, sebagai perusahaan berbasis teknologi, Cakap dan Amazon Web Service (AWS) bekerja sama dalam sebuah program edukasi untuk memberikan pelatihan Cloud Computing dan Web Statis bagi guru dan pelajar di Bandung.

Dalam hal pelatihan skill digital ini, tentunya kredibilitas Cakap dan AWS Indonesia tidak perlu diragukan. Sejak 2020 AWS Indonesia telah konsisten menggelar pelatihan pengenalan cloud computing pada ribuan orang di 15 provinsi di Indonesia. Sementara Cakap, hingga 2023 telah memberi manfaat pada lebih dari 3 juta siswa di 34 provinsi di Indonesia. Baik melalui pembelajaran bahasa asing maupun berbagai keterampilan vokasi (upskilling).

Program Cakap x AWS Targetkan Kota Bandung Raya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, program ini diluncurkan di Bandung dengan menyasar 30 sekolah menengah tingkat atas (SMA dan SMK). Kami menargetkan 35 guru dan 3.000 siswa dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat untuk mendapatkan pelatihan secara daring. Pelatihan yang akan dilakukan dilengkapi dengan memberikan materi bahasa Inggris yang mendukung pengajaran (untuk guru), serta materi Listening in English (untuk siswa). 

Pembukaan program ini dilaksanakan pada 25 Juli 2023, bertempat di Balai Tikomdik Dinas Pendidikan Jawa Barat. Eksekusi pelatihan untuk program pertamanya dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2023 di SMKN 1 Cimahi. Cakap dan AWS Indonesia mendapatkan sambutan hangat dari pihak SMKN 1 CImahi yang diwakili oleh Diky Ridwan, guru Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi. Menurut beliau, selama ini banyak materi pelajaran yang tersedia dalam bahasa Inggris, begitu juga dengan penugasan yang harus dipenuhi siswa.

Apresiasi Program oleh COO Cakap

Program kolaborasi Cakap dan AWS Indonesia mendapatkan apresiasi penuh dari Cecilia Ong, Chief Operating Officer Cakap. Beliau berharap bahwa pengembangan kapasitas talenta digital dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat. “Semoga kelas bahasa Inggris bagi guru yang akan kami berikan, bisa mendorong proses belajar mengajar yang lebih baik, sehingga komunikasi dengan siswa bisa lebih efektif juga,” ujar Cecilia saat hadir dalam pembukaan program ini di Balai Tikomdik Dinas Pendidikan Jawa Barat. “Untuk siswa, Cakap akan memberikan kelas self-paced: Listening in English, agar mereka mendapatkan keterampilan yang mumpuni saat mendengarkan materi berbahasa Inggris,” tutup Cecilia.

Demikianlah rangkuman dari program pelatihan skill digital guru dan pelajar yang digelar oleh Cakap dan AWS Indonesia. Semoga kolaborasi perdana keduanya di Bandung Raya dapat memprakarsai upaya peningkatan keterampilan dua bidang yang vital di era saat ini, yakni teknologi dan bahasa.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.