Mengenal COA dan COC, Dua Jenis Sertifikat yang Dikeluarkan Cakap

sertifikat-cakap

Sebagai lembaga kursus yang kredibel, Cakap memiliki dua jenis sertifikat yang diberikan pada Sobat Cakap yang telah berhasil lulus dari Cakap. Baik lulus dari kursus bahasa, maupun kursus Upskill. 

Artikel ini akan mengajakmu lebih mengenal tentang jenis-jenis sertifikat Cakap, syarat mendapatkan, dan cara mendownload-nya. Stay tuned ya untuk informasi selengkapnya!

Table of Contents

Apa Itu Sertifikat dan Sertifikasi?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sertifikat Cakap. Mari telusuri terlebih dahulu pengertian dari sertifikat dan sertifikasi, serta perbedaan di antara keduanya.

Sertifikat adalah dokumen atau surat keterangan tertulis yang memberikan pengakuan resmi terhadap keberhasilan atau keahlian seseorang dalam suatu bidang tertentu. Sertifikat sering diberikan setelah individu atau organisasi menjalani pelatihan, pendidikan, atau mengikuti program tertentu yang memenuhi standar yang ditetapkan.

Sedangkan sertifikasi adalah penyertifikatan atau proses di mana individu atau organisasi diuji dan dievaluasi terhadap standar tertentu yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi independen. Sertifikasi menjadi bukti bahwa seseorang atau suatu lembaga telah berhasil lulus ujian maupun sebuah kompetensi. 

Secara umum, sertifikat memberikan pengakuan terhadap keberhasilan atau keahlian setelah menyelesaikan suatu program atau pelatihan. Sementara sertifikasi merupakan proses evaluasi yang independen untuk memastikan bahwa individu atau organisasi memenuhi standar tertentu dalam bidang yang diuji. Untuk mengetahui perbedaan sertifikat dan sertifikasi secara lengkap, lihat di artikel ini ya. 

Sertifikat Cakap

Apa sih sertifikat Cakap itu? Dan seperti apa bentuknya? Sertifikat Cakap adalah dokumen yang diberikan oleh Cakap kepada siswa yang telah menyelesaikan proses belajar di Cakap. Serta telah menyelesaikan tugas yang diberikan dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan program belajar yang diikuti oleh mereka.

Untuk mendapatkan sertifikat Cakap, kamu dapat mengikuti course atau program Privat, Semi-privat, Grup, Kelas Tatap Muka, Live Webinar, Upskill, Prakerja, dan kegiatan offline dari Cakap. 

Jenis-Jenis Sertifikat Cakap

Seperti disebutkan pada bab judul, Cakap memiliki dua sertifikat yang dikeluarkan secara resmi, yaitu sertifikat COA dan sertifikat COC. Yuk, simak perbedaannya!

COA (Certificate of Attendance)

COA adalah adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Cakap dan diberikan kepada siswa yang telah “mengikuti” kegiatan belajar di Cakap selama kurun waktu tertentu. Sertifikat ini terbagi dalam dua jenis, yaitu:

(1) COA Kelas Bahasa

COA Kelas Bahasa diberikan untuk siswa yang sudah “mengikuti” kursus bahasa di Cakap. Isi yang tertera dalam COA Kelas Bahasa bisa kamu lihat dalam contoh sertifikat berikut;

(2) COA Upskill

Jika COA Kelas Bahasa untuk siswa yang mengikuti kursus bahasa, maka COA Upskill ditujukan untuk siswa yang sudah “mengikuti” kelas pelatihan Upskill di Cakap. Isi yang tertera dalam COA Upskill bisa kamu lihat dalam contoh sertifikat berikut:

COC (Certificate of Completion)

COC adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Cakap dan diberikan kepada siswa yang telah “menyelesaikan” tugas dan kegiatan belajar di Cakap dalam kurun waktu tertentu. COC juga terbagi dalam dua jenis, yaitu COC Kelas Bahasa dan COC Upskill.

(1) COC Kelas Bahasa

COC Kelas Bahasa diberikan kepada siswa bahasa yang sudah “menyelesaikan” kursusnya di Cakap. Isi yang tertera dalam COC Kelas Bahasa bisa kamu lihat dalam contoh sertifikat berikut:

(Front Page)


(Evaluation Page)


 

(2) COC Upskill

COC Upskill diberikan pada siswa yang sudah “menyelesaikan” kursus Upskill di Cakap dalam kurun waktu tertentu. Isi yang tertera dalam COC Upskill bisa kamu lihat dalam contoh sertifikat berikut:

(Front Page)

(Evaluation Page)


Syarat Mendapatkan Sertifikat Cakap

Untuk mendapatkan sertifikat Cakap, para siswa harus memenuhi persyaratan-persyaratan berikut ini;

(1) Syarat Mendapatkan Sertifikat COA Kelas Bahasa

  • Mengikuti sesi kelas/materi umum yang memenuhi syarat
  • Memenuhi minimum 50% kehadiran belajar dari paket yang dimiliki

(2) Syarat Mendapatkan Sertifikat COA Upskill

  • Mengikuti sesi kelas/materi umum yang memenuhi syarat (live webinar / event offline)
  • Mengikuti sesi pembelajaran hingga selesai

** Sesi webinar recording tidak akan mendapatkan sertifikat Cakap

(3) Syarat Mendapatkan Sertifikat COC Kelas Bahasa

  • Mengikuti sesi kelas/materi umum yang memenuhi syarat
  • Memenuhi minimal kehadiran yang ditentukan
  • Mengikuti ujian akhir/final exam (writing & speaking)
  • Memenuhi syarat kelulusan

 

(4) Syarat Mendapatkan Sertifikat COC Upskill

  • Mengikuti seluruh rangkaian pelatihan Upskill
  • Menyelesaikan tes akhir pada LMS Upskill Cakap

 

(5) Syarat Mendapatkan Sertifikat COC Kelas Prakerja

  • Mengikuti seluruh rangkaian pelatihan Prakerja
  • Menyelesaikan post test dan tugas unjuk keterampilan
  • Mengisi review pelatihan

Cara Melihat dan Mendownload Sertifikat Cakap

Gimana sih cara melihat dan mendownload sertifikat Cakap? Sertifikat akan dikirim melalui email kamu yang sudah terdaftar di Cakap. Sertifikat akan dikirim melalui akun Cakap, yaitu ([email protected]) dengan subject  “Certificate of Completion / Certificate of Attendance”

Sertifikat diberikan dalam bentuk PDF dengan rentang waktu maksimal 1 bulan setelah dinyatakan naik ke level selanjutnya. So, pastikan kamu selalu mengecek semua folder inbox secara berkala untuk mengetahui email diterima dengan baik.

Setelah menerima email dari Cakap, kamu bisa melakukan validasi sertifikat dengan cara masuk ke halaman link  https://cakap.com/sertifikat/, lalu masukan nomor yang tertera di bawah QR code sertifikat-mu.

Cakap juga meluncurkan fitur baru yang bisa bantu kamu akses dan share sertifikat Cakap di berbagai platform social media.

Ada beberapa fitur terbaru yang bisa kamu coba, seperti:

  • Add Menu → fitur ini dikhususkan untuk sertifikat yang sudah diterima oleh pengguna
  • Seamless Flow → fitur yang memungkinkanmu untuk membagikan sertifikat ke media sosial dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol “Share Your Achievement”
  • Fitur Download  → lewat fitur ini, pengguna bisa mengunduh sertifikat dengan sekali klik tombol “Download Certificate”
  • Public Page →  fitur ini memungkinkan pengguna publik dapat melihat pencapaian atau kompetensi kamu lewat halaman publik.

Keren banget kan fitur-fitur yang Cakap miliki untuk mengakses sertifikat Cakap? Yuk, coba satu persatu fitur terbarunya!

Manfaat Memiliki Sertifikat Cakap

Secara umum, sertifikat pelatihan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kerja modern. Mereka memberikan bukti konkret tentang pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi seseorang dalam bidang tertentu. 

Dalam lingkungan yang sangat kompetitif, memiliki sertifikat pelatihan dapat menjadi salah satu keuntungan signifikan karena dapat membedakan diri dari pesaing. Selain itu sertifikat juga menjadi bukti bahwa keterampilan kita diakui oleh institusi atau lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut. 

Nah kamu juga bisa menggunakan sertifikat Cakap kamu untuk penggunaan di media sosial, seperti LinkedIn atau digunakan untuk memperkuat kredibilitas dan kemampuan kamu dalam dunia pendidikan dan pekerjaan lho. Misalnya, saat kamu ingin melanjutkan pendidikan atau melamar pekerjaan. Bermanfaat banget, bukan?

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.