Tingkatkan Rekrutmen Talenta Digital, Cakap Buka Innovation Hub di Yogyakarta

cakap innovation hub

Cakap telah secara resmi membuka Cakap Innovation Hub sebagai kantor cabang Cakap di Yogyakarta. Grand Opening dilakukan pada tanggal 9 Agustus lalu berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pembukaan Cakap Innovation Hub dilatarbelakangi oleh Yogyakarta sebagai Kota Pelajar di mana ada potensi besar untuk digital talent ke depannya.

Hingga saat ini, telah banyak lulusan dari berbagai kampus di Yogyakarta yang berkiprah dalam industri startup digital tanah air. Tidak sedikit pula yang berkecimpung dalam pekerjaan berbasis teknologi seperti Backend-Frontend Developer, Android Developer, dan sebagainya. 

Peresmian Innovation Hub ini disambut baik oleh Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika. Beliau menyampaikan bahwa hal tersebut sejalan dengan misi pemerintah dalam mempercepat transformasi digital. 

“Kami mengapresiasi upaya Cakap yang telah menyediakan wadah bagi anak bangsa untuk berkembang, utamanya di bidang teknologi sekaligus berkontribusi untuk pengembangan talenta digital nasional,” ungkap Johnny dalam siaran pers, Selasa 9 Agustus 2022. 

Yohan Limerta, selaku CTO sekaligus Co-founder Cakap mengatakan bahwa peresmian Innovation Hub ini merupakan komitmen Cakap dalam mewadahi potensi talenta digital di kota pelajar. 

“Yogyakarta sudah seperti rumah kedua, karena menjadi tempat para developer kami dalam mengembangkan produk sejak Cakap berdiri di tahun 2019. Kota pelajar ini juga merupakan salah satu pusat talenta berkualitas di berbagai bidang, salah satunya talenta digital yang sangat potensial dari berbagai perguruan tinggi ternama.” Yohan mengungkapkan. 

Dari kalangan akademisi, Gia Rizky, sebagai perwakilan Bidang Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) turut menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, kehadiran Cakap Innovation Hub juga sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

“Keberadaan Innovation Hub seperti ini sangat membantu dunia pendidikan, khususnya untuk persiapan tenaga kerja dalam bentuk soft skill, hard skill, dan pembekalan calon tenaga kerja untuk mempersiapkan diri secara maksimal,” ungkapnya. 

Cakap Innovation Hub Yogyakarta akan berfungsi sebagai tempat bagi karyawan di bagian teknologi informasi serta bagian kurikulum dan mengajar. Kantor cabang ini akan berjalan beriringan kantor pusat Cakap di Jakarta yang berfokus pada bisnis dan operasional. 

Selain itu, Tomy Yunus sebagai CEO dan Co-Founder Cakap menyampaikan bahwa Innovation Hub akan menjadi pusat pengembangan baru di bidang pendidikan dan teknologi. Melalui Innovation Hub ini, Cakap mengundang para inovator untuk bergabung dalam memajukan teknologi pendidikan di tanah air. 

“Kami berharap dengan diresmikannya Cakap Innovation Hub, penyerapan talenta digital di Yogyakarta dapat lebih cepat dan efektif, serta dapat menjadi tempat untuk menyalurkan segala aspek terbaik yang mereka miliki. Sesuai visi kami yakni menjadi platform upskilling dan pengayaan karier terdepan, hal ini kami mulai dari internal sumber daya kami yang kami rekrut dan tempatkan secara tepat,” tutup Tomy. 

Peresmian Cakap Innovation Hub ini juga menjadi ajang pertemuan bagi tim internal Cakap untuk penyampaian Quarterly Business Review (QBR). Perwakilan Cakap Squad dari Jakarta dan kota lainnya juga turut hadir dalam acara Grand Opening Cakap Innovation Hub. 

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.