Cakap Buka 40 Posisi untuk Program Magang Kampus Merdeka 2022

cakap kampus merdeka 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuka program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka dengan menggandeng sejumlah institusi, terutama perusahaan rintisan. Terdapat sekitar 36 ribu lowongan magang untuk berbagai posisi dari 128 mitra dalam program yang kali ini memasuki gelombang ke-3. 

Haryo Kusuma Wibawa, Ketua program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) mengungkapkan bahwa program ini bukanlah magang biasa. Mahasiswa dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan mentor-mentor profesional serta ditempatkan di perusahaan mitra yang kredibel dan telah diseleksi sebelumnya. 

“Program ini bertujuan untuk dapat membentuk mahasiswa yang siap kerja serta memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dari industri dan dunia kerja. Nantinya di akhir program mereka akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dapat mereka gunakan ketika mereka lulus dari perguruan tinggi,” paparnya. 

Tahun 2022 ini, Cakap ikut berpartisipasi dalam program Magang Kampus Merdeka dengan membuka hingga 40 lowongan magang. Posisi yang tersedia di antaranya adalah Curriculum and Content Developer, Learning Experience Designer, Upskill Partnership Acquisition, hingga Retention. 

Jonathan Dharmasoeka, Chief of Business Cakap, menyambut baik program Magang Kampus Merdeka ini. Ia mengungkapkan, “Dengan hadirnya Program Magang bersertifikat di Cakap, kami berharap dapat membuka peluang dan kesempatan bagi para pelajar untuk mendapatkan pengalaman bekerja di perusahaan teknologi edukasi dan menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia.”

Ia juga menyampaikan komitmen Cakap untuk mempersiapkan dan mengembangkan SDM, khususnya mahasiswa Indonesia, melalui kolaborasi program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka ini. 

Peserta yang mengikuti program magang di Cakap akan mendapatkan fasilitas pelatihan formal dan teknologi secara berkala, mentor, hingga sertifikat. Program Magang Kampus Merdeka ini juga telah terkonversi menjadi 20 Satuan Kredit Semester (SKS) dalam pendidikan mereka. Selain itu, peserta magang juga nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk berkarir secara profesional di Cakap setelah menyelesaikan pendidikan. 

Pendaftaran untuk program ini sendiri telah berakhir pada tanggal 31 Juli 2022 lalu dan telah dimulai sejak tanggal 18 Agustus lalu. Sebelumnya peserta yang terpilih sudah terlebih dahulu mengikuti beberapa tahap seleksi mulai dari seleksi berkas, tes kemampuan bahasa Inggris, hingga tes studi kasus. 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.