Merintis Bisnis Kecantikan: Apa Saja yang Diperlukan?

Merintis Bisnis Kecantikan: Apa Saja yang Diperlukan?
cakap-upskill-x-hebe-bisnis-kecantikan

Dunia kecantikan telah menjadi obsesi dan diminati oleh berbagai kalangan. Dunia kecantikan merupakan dunia yang sangat dinamis dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, banyak sekali orang yang ingin memulai bisnis kecantikan, namun belum memiliki pengetahuan yang memadai seputar industri kecantikan.

Cakap berkolaborasi bersama Hebe menghadirkan webinar bertema ‘Inovasi dan Peluang Bangun Bisnis Kecantikan’ pada 30 Januari lalu. Webinar ini dibawakan oleh kak Dewi Kauw yang merupakan formulator dan co-founder brand lokal Skin Dewi. Yuk, simak rangkuman selengkapnya!

Hal yang Diperlukan Saat Merintis Bisnis

Menurut kak Dewi, hal terpenting ketika kamu ingin memulai bisnis adalah mengetahui apa visi dan misimu. Kamu harus memiliki visi dan misi yang jelas untuk menjadi acuan dalam berbisnis. Tidak perlu khawatir jika kamu belum mengetahui segalanya di awal, jika kamu sudah memiliki acuan, kamu bisa belajar dan beradaptasi seiring waktu berjalan. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki alasan mengapa kamu harus memulai bisnis kecantikan. Alasan yang kuat akan menjadi fondasi yang kuat untuk bisnismu. Ketika kamu menemui masalah atau tantangan di tengah jalan, alasan-alasan tersebut akan membantumu untuk tetap berada di jalur yang tepat.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Menentukan Target Pasar yang Tepat

Setelah kamu memiliki visi dan misi yang jelas, langkah selanjutnya yaitu menentukan target pasar yang tepat. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menentukan target pasar tentunya yaitu memikirkan target klien idealmu. Setiap produk memiliki klien ideal yang berbeda, begitupun brand yang satu dengan brand yang lainnya.

Jika kamu sudah mengetahui klien idealmu, kamu juga akan mengetahui cara marketing yang tepat untuk produkmu. Hal ini karena saat kamu melakukan riset terhadap klien, kamu akan menemukan apa yang klienmu butuhkan. Kamu harus mengerti kebutuhan klienmu agar kamu tahu masalah yang mereka miliki dan bagaimana produkmu dapat membantu mereka menyelesaikan masalah tersebut.

Memulai Bisnis Kecantikan

Nah, jika kamu sudah memiliki visi, misi, dan target pasar yang jelas, saatnya kamu memulai bisnismu dengan mendefinisikan identitas brand yang akan kamu buat. Berikut beberapa tips dari kak Dewi dalam memulai bisnis produk kecantikan:

  1. Product formulations: tentukan produk ingin dirancang seperti apa.
  2. Brand Identity and values: tentukan apa yang membedakan produk dari brand-mu dengan produk brand yang lain.
  3. Adapt and grow as needed: mendengar feedback dari customer dan melakukan riset untuk mengembangkan kualitas produk.
  4. Identify your ideal market: tentukan pasar ideal-mu seperti apa.

Itu dia rangkuman dari webinar seputar bisnis di dunia kecantikan bersama kak Dewi Kauw. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis kecantikan, kamu juga bisa belajar tips-tips dalam  berbisnis di webinar-webinar Cakap Upskill lainnya, lho. Disana kamu bisa berdiskusi langsung dengan narasumber yang telah berpengalaman di bidang bisnis. Yuk, unduh aplikasi Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.