Cakap Upskill x Biznis ID: Tips Branding untuk Para Pemula di Dunia Bisnis

cakap-upskill-x-biznis.id-belajar-branding-untuk-pemula

Pada pertengahan bulan Januari lalu, Cakap mengadakan webinar Upskill bisnis forum bersama Biznis ID. Kelas webinar kali ini diisi langsung oleh Dodi Zulkifli CEO Neyma Brand Identity Expert Biznis ID dengan mengangkat topik “Tips Branding untuk Business Pemula”. 

So, buat kamu para one man show yang baru mulai menjalankan bisnis pertama, ilmu dan sharing season dalam webinar Upskill kali ini cocok banget! Let’s check it out!

Gimana sih Tips Branding untuk Pemula?

Tidak hanya perusahaan besar yang membutuhkan branding, perusahaan-perusahaan yang baru mulai dirintis juga membutuhkan branding, lho. Ini saatnya bagi kalian para one man show untuk mengevaluasi bisnis dan brand kalian. Serta memahami bagaimana mengaplikasikan dan mengeksekusi ilmu yang telah dipelajari.

Berdasarkan pengalaman Dodi Zulkifli saat masih menjalani bisnisnya secara one man show di akhir tahun 2017, ia mendapatkan sebuah pelajaran berharga. Salah satu yang diidentifikasi sebagai penghalang tumbuh adalah “one man show” itu sendiri. Baik secara proses produksi maupun dalam hal mencari klien. Kemudian standarisasi bagian produksi juga masih belum jelas, masih belum bisa mengukur kapasitas bisnisnya.

Dodi bertanya-tanya mengapa Neyma Brand Identity tidak bisa tumbuh lagi, tidak bisa memberikan omset yang lebih besar lagi. Lalu, kira-kira apa ya solusinya? Apakah harus membuat dan memulai bisnis baru? Jawaban dari pertanyaan itu adalah ternyata kamu punya masalah dengan pengembangan tim, kamu hanya terus berpikir solusinya adalah bisnis baru. Padahal, ada solusi tepat untuk para one man show yang ingin menaikkan omset penjualannya.

Hal dasar yang harus diperhatikan dan dibereskan adalah permasalahan tentang  tim, proses, dan produksinya. Fokuslah untuk membenahi bisnis proses dan menghitung kapasitas bisnis. Dengan begitu, akan terbuka jalan untuk meningkatkan penghasilan. 

Nah, untuk kamu yang masih one man show dan ingin meningkatkan bisnis dan brand, ini dia hal-hal yang harus dilakukan!

Upgrade Skill-mu! Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Bertemanlah dengan Kesulitan

Ketika kamu berteman dengan kesulitan, maka keinginanmu akan menjadi dua kali lipat dan seterusnya. Dengan kesulitan, kamu bisa bertumbuh menghadapi masalah. Saat menghadapi kesulitan dalam bisnismu, hadapi masalahnya, jangan lari karena kalau lari, suatu saat kamu akan menghadapi masalah yang lebih besar. 

Ketika tidak bisa mengatasi bisnis pertama, kadang orang berpikir bahwa solusinya adalah membangun bisnis baru (bisnis kedua). Dan jika bisnis kedua juga mengalami masalah, lalu mereka akan berpikir buka bisnis baru lagi (bisnis ketiga) dan seterusnya. Namun kenyataanya, membuka bisnis 2, 3, dan seterusnya bukan karena kamu ingin bisnismu tumbuh, tapi karena kamu tidak sanggup mengurus bisnis pertama.

Maka jadilah kamu hanya akan menduplikasi masalah dengan terus membuka bisnis baru tanpa adanya evaluasi dan pembenahan di bagian bisnis proses. 

Satu Mimpi – Satu Jalan

Jika kamu ingin menaikkan jumlah omset menjadi dua kali lipat, kunci dan amankan mimpimu. Selesaikan permasalahan dalam bisnis proses yang kamu jalani. Kesulitan yang kamu temui dalam proses bisnis merupakan gap antara mimpi saat ini dengan mimpi di masa depan. Ketika mimpimu sama dengan realita, tentu tidak akan ada masalah. Masalah dan kesulitan muncul ketika mimpimu saat ini tidak sesuai dengan realita yang dijalani. 

Untuk itu, kamu perlu mematok mimpimu, berapa kira-kira omset yang kamu inginkan. Lalu, identifikasi kesulitan teknis. Buatlah juga agenda, buat to do list, apa yang harus dilakukan dan buat juga time blocking-nya. Sehingga, hal yang ingin kamu lakukan akan berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Mengenai tips “satu jalan”, maksudnya ialah jika kamu dihadapkan dengan dilema memilih dua hal, seperti operation atau marketing. Maka pilihlah satu jalan yang ingin kamu lakukan. Lalu, fokuslah untuk menekuni jalan mana yang akan dipilih untuk mencapai mimpimu. Kemudian tetaplah fokus, konsisten, disiplin, dan istiqomah sampai kamu menemukan mimpimu lewat jalan tersebut.

Start Small

Tips membangun branding bagi bisnis pemula selanjutnya adalah “start small”. Lakukanlah dari hal yang paling kecil, yang paling ingin dieksekusi. Mulailah dari sesuatu yang paling kecil. Tidak masalah punya mimpi yang besar, tapi semua diawali dari hal yang kecil. Karena dari situlah awal bagi kamu dan perusahaanmu untuk bertumbuh lebih besar dan menjangkau pasar yang luas.

Wah, sangat menarik bukan tema webinar Cakap Upskill bersama Biznis ID? Yuk, mulai bangun bisnismu agar makin bertumbuh! Dan jangan lupa untuk terus belajar dan menggali ilmu-ilmu bermanfaat lainnya melalui Cakap Upskill. Tunggu apa lagi, cek jadwal kelas Upskill selanjutnya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.