Cakap Dukung UGM Optimalkan Metode Pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC)

seputar cakap metode belajar berbasis MOOC

Head of Education Cakap, Yoshua Yanottama menjadi pembicara dalam workshop “Pengembangan Metode Belajar Berbasis MOOC untuk Rekognisi SKS dalam Rangkaian Program MBKM” Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Kajian dan Inovasi Akademik Universitas Gadjah Mada (DKIA UGM) pada Rabu dan Kamis, 4–5 Oktober 2023 lalu. Bertempat di Gadjah Mada University Club Hotel, workshop ini dihadiri oleh tenaga pengajar dari berbagai program studi di UGM. 

Peran Lembaga Pendidikan dalam Menghasilkan SDM Berkualitas

Seiring semakin berkembangnya automasi berbasis digital, internet, dan bahkan artificial intelligence (AI), perubahan besar di dunia kerja pun semakin tidak terhindari. Banyak posisi dalam industri yang akan hilang, sementara di sisi lain akan semakin banyak pula posisi-posisi baru yang mungkin bermunculan. 

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, universitas memiliki peran penting dalam mempersiapkan tenaga kerja masa depan di tengah masifnya perkembangan teknologi informasi tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengadopsi metode pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) untuk mendobrak tantangan dan batasan belajar abad ke-21 ini. 

Pemanfaatan MOOC di Lingkup Akademik UGM

Pemanfaatan MOOC sendiri sudah berupaya diterapkan pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UGM. Demi pelaksanaan yang optimal, pemanfaatan MOOC ini tentunya membutuhkan berbagai persiapan, terutama kalangan civitas academica di lingkungan Universitas Gadjah Mada sendiri. 

Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan mempersiapkan tenaga pengajar dari berbagai program studi di UGM untuk menerapkan kelas MOOC tersebut. Workshop ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dalam perencanaan desain pembelajaran dan rekognisi SKS (credit earning) untuk program MBKM dengan memanfaatkan MOOC. 

Partisipasi Cakap dalam Mendukung MOOC di UGM

Dalam rangka mendukung inisiatif UGM, Cakap sebagai salah satu pemain dalam bidang edukasi berbasis teknologi mengambil bagian dalam memberikan dukungan yang dibutuhkan. Yoshua Yanottama sebagai pemateri dalam kegiatan ini berbagi wawasan tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan MOOC dalam pembelajaran. 

Beberapa materi yang disampaikan meliputi desain kelas efektif dengan memanfaatkan MOOC; penggunaan animasi dan video sebagai sumber daya belajar; serta teknik penyusunan skrip dan pengambilan video bahan ajar. Selain itu, ada juga sesi praktik dan pendampingan menyusun kuis, interactive assessment, case studies, dan course assignment

Melalui kontribusi Cakap, para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan esensial dalam memaksimalkan potensi MOOC di lingkungan akademik UGM. Dengan mengadopsi teknologi ke dalam proses belajar dan mengajar, UGM diharapkan dapat terus menghasilkan SDM yang mampu bersaing dalam dunia kerja ke depannya. #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.