Bincang Bersama TVRI World: Cakap di Tengah Perkembangan Teknologi Edukasi

cakap tvri world

Sebagai sebuah platform pendidikan inovatif, Cakap terus membuat kemajuan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa dan peningkatan keterampilan vokasional. Beberapa waktu lalu, Chief of Operating Officer Cakap, Cecillia Ong berbincang dengan TVRI World dalam pembahasan “Digital Education: Development of Educational Technology”. Dalam sesi bincang-bincang tersebut, Cecillia berbagi tentang bagaimana Cakap sebagai platform Edtech mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas. 

Menjembatani Kesenjangan

Fokus utama Cakap sebagai platform Edtech adalah untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa dan pengembangan keterampilan vokasional. Oleh karena itu, Cakap juga menawarkan kursus yang sesuai dengan permintaan pasar kerja, misalnya seperti “English for Hospitality” dan “English for Finance”. Dengan demikian, pembelajaran yang ditawarkan sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan karier. 

Pendidikan Mudah Diakses untuk Semua

Aspek penting dari misi Cakap adalah memberikan akses pendidikan yang setara, terutama di daerah terpencil dan daerah kurang beruntung di Indonesia. Cakap telah berkolaborasi dengan masyarakat lokal, seperti kursus “English for Hospitality” di Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan pariwisata dan bisnis lokal. Dengan menawarkan kesempatan pendidikan di wilayah-wilayah ini, Cakap bertujuan untuk menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat.

Pembelajaran yang Dapat Dipersonalisasi

Cakap mengakomodasi preferensi pembelajaran yang beragam dengan menawarkan beberapa metode pembelajaran. Siswa dapat memilih untuk mengambil metode pembelajaran Private, Semi-private atau Self-paced Learning sesuai dengan preferensi. Fleksibilitas ini memungkinkan siswa untuk memilih pendekatan pembelajaran yang paling sesuai dengan tujuan mereka masing-masing. 

Sertifikasi Internasional yang Diakui

Komitmen Cakap terhadap keunggulan juga tercermin dalam kemitraan dengan lembaga-lembaga bergengsi di seluruh dunia. Siswa dapat memperoleh kualifikasi yang diakui secara global dan meningkatkan prospek karier mereka dengan menyelesaikan kursus di Cakap. Salah satunya adalah sertifikat bahasa Mandarin yang akan didapatkan langsung dari Beijing, Tiongkok, meskipun mengambil kursus online

Beragam Demografi Siswa dan Edukator

Cakap telah membantu beragam jenis siswa, termasuk anak-anak, lulusan baru, dan profesional yang mencari kemajuan karier. Dengan menawarkan kursus-kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap kelompok, Cakap memberdayakan siswa dari berbagai latar belakang untuk mencapai tujuan pendidikan mereka. Dalam hal ini, Cakap juga dibantu oleh 1.800 tutor dari 11 negara yang melayani kursus bahasa maupun vokasional. 

Metode Blended Learning 

Sebagai respons terhadap pandemi, Cakap beradaptasi dengan tren dan kebutuhan pendidikan pasca pandemi. Dengan memperkenalkan metode Blended Learning atau pembelajaran gabungan, yang menggabungkan elemen online dan offline, Cakap bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran yang komprehensif dan efektif bagi siswa. 

Pengakuan dan Pencapaian

Komitmen Cakap terhadap keunggulan telah mengantarkan Cakap mendapatkan pengakuan, termasuk terdaftar dalam daftar “100 to Watch” 2022 dari Forbes Asia. Selain itu, Cakap juga telah mewakili Indonesia dalam G20 Digital Innovation Network (DIN) 2022 dan Startup20 Summit India 2023. Pengakuan tersebut adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi Cakap dalam memberdayakan lebih dari tiga juta siswa di seluruh negeri.

Dedikasi dalam mengubah kehidupan melalui pendidikan menjadikan Cakap sebagai salah satu pemain utama di lanskap Edtech. Dengan fokus pada pembelajaran bahasa dan peningkatan keterampilan vokasional, Cakap menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan daya saing kerja. 

Sebagai penutup, Cecillia mengundang semua pihak untuk berkolaborasi bersama dalam rangka memberikan dampak sosial bagi siswa dan seluruh masyarakat Indonesia. Cecillia juga berharap kita dapat bersama-sama mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan keberdayaan sosial ekonomi dalam rangka elevating peoples’ live. #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.