Cerita dari Timur: Cakap x Prakerja Offline Class Sumba

cakap prakerja sumba
Cerita dari Timur: Cakap x Prakerja Offline Class Sumba

Sebagai salah satu mitra Prakerja, Cakap dipercaya untuk memberikan pelatihan secara offline untuk pertama kalinya di Sumba akhir Oktober lalu. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 25–27 Oktober 2021 di Lelewatu Resort, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pelatihan ini diadakan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan dan pariwisata tanah air. 

Pelatihan Pariwisata oleh Cakap

cakapxprakerja-sumba1
Dokumentasi Tim Prakerja Cakap

Pada dua hari pertama, yaitu tanggal 25 dan 26 Oktober 2021, Cakap mengisi dua sesi pelatihan terkait dengan pariwisata. Kedua sesi tersebut disampaikan oleh perwakilan Trainer Cakap, Bapak Sapto Priantomo, yang merupakan ahli di bidang hospitality dan pariwisata. 

Sesi pertama bertajuk “Develop Host Community Awareness Program” berisi materi mengenai pengembangan kesadaran potensi pariwisata bagi masyarakat setempat. Pada sesi ini, peserta tidak hanya diberikan materi, tetapi juga diberi kesempatan untuk melakukan praktik dan networking

Sementara pada sesi kedua yang berjudul “Promote Tourism Products & Services”, pemberian materi dilakukan lebih mendetail mengenai produk dan layanan pariwisata. Peserta dibekali mulai dari cara menyusun paket pariwisata, hingga bagaimana melakukan promosi dan pemasarannya. 

Dihadiri Pimpinan Prakerja dan Pejabat Setempat

cakapxprakerja-sumba

Dokumentasi Tim Prakerja Cakap

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Ibu Denni Purbasari. Beliau menyampaikan apresiasi dan semangat untuk para peserta yang terdiri dari 20 calon penerima Program Kartu Prakerja dan 21 orang alumni.

“Ayo belajar terus bersama dengan Cakap dan lembaga pelatihan lainnya. Jangan berhenti belajar!” ungkap Ibu Denni menyemangati.

Selain Ibu Denni, hadir pula Wakil ketua komisi IX DPR RI, Bapak Emanuel Melkiades, dan Deputi IV Kemenko Perekonomian, Bapak Rudy Salahuddin. Selanjutnya, sejumlah pejabat kabupaten setempat juga turut hadir, salah satunya adalah Bupati Sumba Barat, Bapak Yohanis Dede.

Kerjasama Cakap x Prakerja

Cakap x Prakerja Offline Class Sumba

Dokumentasi Tim Prakerja Cakap

Sejak tahun 2020 lalu, Cakap telah menjadi salah satu platform pendidikan digital yang menjadi mitra Program Kartu Prakerja milik pemerintah. Cakap memberikan dukungan terhadap program tersebut dengan menyediakan kelas pelatihan yang bisa dibeli menggunakan saldo Prakerja. 

Pelatihan kali ini merupakan kegiatan offline pertama yang diadakan Cakap dalam kerjasama dengan Program Prakerja. Cakap juga menjadi saksi hubungan baik yang terbangun antara Program Kartu Prakerja, pemerintah daerah Sumba, serta masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program tersebut. 

Sukses selalu untuk Program Kartu Prakerja dan masyarakat Sumba!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.