Wajib Paham! Ini Bahasa Mandarin Selamat Pagi dan Malam

bahasa mandarin selamat pagi

Mengucapkan selamat pagi merupakan sikap sopan santun yang paling sering orang lakukan. Bahkan kamu bisa jadi lebih semangat jalanin hari kalau mendapat ucapan selamat pagi. Tapi, bosen nggak sih dengan ucapan selamat pagi yang gitu-gitu aja?

Nah, kalau kamu ngerasain hal itu, kamu bisa buat ucapan selamat pagi dalam bahasa Mandarin. Biar lengkap, kamu juga perlu tau ucapan selamat malam dalam bahasa Mandarin. Penasaran? Yuk kepoin penjelasannya!

Bahasa Mandarin Selamat Pagi

source: giphy.com

Ada 3 ucapan selamat pagi dalam bahasa Mandarin. Ketiganya memiliki makna yang sama, namun dengan fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya:
Zǎo
早安
Zǎoān
早上好
Zǎoshang hǎo

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, 早 (Zǎo) memiliki arti ‘pagi’. Ucapan ini merupakan kata benda dan dapat kamu gunakan untuk mengucapkan selamat pagi. Huruf karakter 早 (Zǎo) terdiri dari dua komponen karakter yaitu 日 (rì) yang artinya ‘matahari’ dan 十 (jiǎ) yang artinya pertama. Jadi, 早 (Zǎo) merupakan interpretasi dari matahari pertama.

Perbedaan 早安 (Zǎoān) dan  早上好 (Zǎoshang hǎo)

Lalu, apa perbedaan 早安 (Zǎoān) dan  早上好 (Zǎoshang hǎo)? Perbedaannya adalah 早上好 (Zǎoshang hǎo) merupakan bahasa Mandarin selamat pagi yang bersifat formal. 

Selain itu, keduanya memiliki arti harfiah yang berbeda. Karakter 安 (ān) yang mengikuti 早 (zǎo) memiliki arti ‘damai’ sehingga 早安 (Zǎoān) memiliki arti ‘pagi yang damai’. 

Sedangkan 上好 (shang hǎo), bahasa Mandarin selamat pagi versi formal, memiliki karakter 好 (hǎo) yang berarti ‘selamat’. Jadi secara harfiah 早上好  (zǎoshang hǎo) memiliki arti ‘pagi selamat’.

Fasih Bahasa Mandarin, Peluang Karir Meningkat. Mau?

Bahasa Mandarin Selamat Malam

source: giphy.com

晚上好
Wǎn shàng hǎo
Selamat Malam

Huruf 晚 (Wǎn) terdiri dari dua karakter yaitu 日 (rì) yang memiliki arti ‘matahari’ dan 免 (miǎn) yang memiliki arti ‘bebas’. Jadi, secara harfiah 晚 (Wǎn) memiliki arti ‘bebas dari matahari’. Sedangkan 上好 (shang hǎo) memiliki arti yang sama dengan sebelumnya.

Dalam ucapan bahasa Mandarin selamat pagi terdapat 早安 (Zǎoān), nah ucapan selamat juga ada yaitu 晚安 (Wǎnān). Namun, ucapan ini biasanya diucapkan untuk perpisahan dan bukan untuk mengucapkan selamat malam.

Contoh Kalimat Selamat Malam dalam Bahasa Mandarin

Biar kamu beneran paham ucapan selamat malam dalam bahasa Mandarin, kamu bisa pelajari dari contoh kalimat di bawah ini:

各位观众,晚上好! 我的名字叫卢卡斯
Gèwèi guānzhòng, wǎnshàng hǎo! Wǒ de míngzì jiào lú kǎ sī
Selamat malam semuanya! Nama saya lukas

晚上好!欢迎收看 节目
Wǎnshàng hǎo! Huānyíng shōukàn jiémù
Selamat malam! Selamat datang di acaranya

Setelah kamu memahami bahasa Mandarin selamat pagi dan selamat malam, maka kamu juga harus mengetahui ucapan dan ungkapan yang lainnya. Kamu bisa gabung kelas bahasa Mandarin online di Cakap. Kamu bakal fasih bahasa Mandarin, nggak cuman ucapan dan ungkapan doang!

cakap semi private

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks