7 Ungkapan Menggambarkan Rasa Sedih dalam Bahasa Mandarin

Ungkapan Rasa Sedih dalam Bahasa Mandarin

Dalam bahasa Mandarin, kamu akan menemukan banyak kata sifat, kata benda, frasa, dan kelas kata lainnya yang mampu dijadikan sebuah pilihan untuk mengungkapkan rasa sedih. Setidaknya dalam artikel ini akan ada 7 ungkapan sedih bahasa Mandarin yang akan dijabarkan secara sederhana. So, baca terus artikel ini ya untuk menemukan jawabannya!

伤心(Shāng Xīn)

bahasa mandarin sedih

Kosakata bahasa Mandarin tentang rasa sedih yang bisa kamu gunakan adalah  伤心(shāng xīn). Hal yang perlu kamu catat adalah arti kata 伤心(shāng xīn) secara harfiah, yakni menyakitkan hati. So, jika ada perkataan atau seseorang yang menyakiti hatimu, kamu bisa menggunakan ungkapan sedih satu ini. 

Contoh kalimat : 

你这样做,真让人伤心! (Nǐ zhè yàng zuò, zhēn ràng rén shāng xīn!) Hal yang kamu lakukan, sangatlah membuatku sedih/sakit hati !                 

难过(Nán Guò)

sad in mandarin

Jika kamu bertanya, kata apa yang paling lazim dan paling sering digunakan dalam bahasa Mandarin untuk mengungkapkan sedih, maka jawabannya adalah 难过(nán guò). Gunakan ungkapan ini saat kamu sedang merasa sedih dalam definisi secara umum. 

Contoh kalimat : 

她和马修分手了,她还为此难过了好久. (Tā hé Mǎxiū fēn shǒu le, tā hái wèi cǐ nán guò le hǎo jiǔ). Dia sudah putus dengan Matthew, dan dia sedih/sakit hati dalam waktu yang lama.

悲伤 (Bēi Shāng)

suasana sedih hujan

Selanjutnya ada 悲伤 (bēi shāng). Ungkapan bahasa mandarin ini secara harfiah memiliki arti “kesedihan”. Yang mana, arti dari kata tersebut (kesedihan) merupakan merupakan bentuk kata benda dari kata “sedih” itu sendiri.

Contoh kalimat:

悲伤让他冰冷麻木. (Bēishāng ràng tā bīnglěng mámù). Kesedihan membuatnya menjadi dingin dan mati rasa.

心酸 (Xīnsuān)

seorang-perempuan-yang-tampak-sedih

Variasi lain dari kosakata bahasa Mandarin sedih adalah 心酸 (xīnsuān). Kata ini tepat digunakan untuk menggambarkan suasana hati yang sedang masam atau muram. Sebagai catatan, dalam istilah kimia, kata ini bisa digunakan sebagai kata benda dalam bahasa Mandarin yang memiliki arti asam kaprilat. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan kata ini, harus sesuai konteks.

Contoh kalimat:

今天早上,我看到他很心酸. (Jīntiān zǎoshang, wǒ kàn dào tā hěn xīnsuān). Pagi ini, aku melihatnya sangat sedih.

不开心 (Bù Kāi Xīn)

nostalgic situation

Meskipun secara harfiah berarti “tidak bahagia”, tetapi kata 不开心 (bù kāi xīn) masih relevan untuk digunakan sebagai ungkapan sedih bahasa mandarin.

Contoh kalimat:

我今天真的不开心. (Wǒ jīntiān zhēn de bù kāixīn). Saya benar-benar tidak bahagia hari ini.

郁闷 (Yùmèn)

sedih dalam bahasa mandarin

Ekspresi dan perasaan sedih bisa bermacam-macam, salah satunya adalah murung atau muram. So, ketika kamu sedang merasakan hal tersebut, gunakanlah bahasa Mandarin sedih yang satu ini,  郁闷 (yùmèn).

Contoh kalimat:

今天下午很多人看起来都很郁闷. (Jīntiān xiàwǔ hěnduō rén kàn qǐlái dōu hěn yùmèn). Banyak orang tampak murung sore ini.

难受(Nán Shòu)

ekspresi sedih

Yang terakhir adalah 难受(nán shòu). Kosakata ini sebenarnya lebih cocok untuk mengungkapkan rasa ketidaknyamanan secara fisik. So, saat kamu merasa sedih dalam situasi yang tidak nyaman, maka gunakanlah kosakata ini. 

Contoh kalimat :

  • 我没什么事,就是心里难受罢了. (Wǒ méi shén me shì, jiù shì xīn lǐ nán shòu bà le). Saya tidak apa-apa, hanya merasa tidak nyaman di hatiku.
  • 他感冒了,到现在还难受着呢.   (Tā gǎn mào le, dào xiàn zài hái nán shòu zhe ne). Dia sedang flu, sampai sekarang masih tidak enak badan.

Bahasa Mandarin untuk mengungkapkan kesedihan ternyata bervariatif ya, ada banyak ungkapkan kesedihan yang bisa digunakan sesuai dengan perasaan sedih yang dirasakan.

Tertarik belajar bahasa Mandarin lebih jauh lagi? Yuk, daftar dan jadi bagian dari kursus bahasa Mandarin online di Cakap. Selain kamu bisa belajar seputar ungkapan-ungkapan, kamu juga akan belajar tentang tata bahasa dan banyak materi lainnya. Tunggu apa lagi? Daftar Sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat