5 Cara Mengatakan Cantik dalam Bahasa Mandarin!

bahasa-mandarin-cantik

Kata “cantik” merupakan kata sifat yang dapat diartikan sebagai “elok, rupawan, dan indah”. Umumnya, kata ini digunakan sebagai pujian terhadap seseorang atau bisa juga digunakan untuk mengungkapkan rasa kagum pada suatu benda/tempat. Dalam berbagai bahasa, ada banyak kata yang digunakan untuk mengatakan cantik, tak terkecuali bahasa Mandarin. Ada banyak ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan cantik dalam bahasa Mandarin. Lantas, apa saja ya bahasa Mandarinnya cantik? 

Biar kamu bisa melontarkan pujian “cantik” dengan cara yang berbeda, yuk simak 5 cara mengatakan cantik dalam bahasa Mandarin! Check this out!

漂 亮 (Piào liàng)

cantik-bahasa-mandarin
Photo by Andrea from Pexels

Kosakata bahasa Mandarin cantik yang pertama adalah piào liàng. Ungkapan tersebut digunakan untuk mengatakan cantik kepada wanita, bukan pria. Jika kamu ingin menekankan kepada seseorang bahwa “Kamu sangatlah cantik”, bentuk paling lazim yang digunakan untuk mengatakannya dalam bahasa Mandarin adalah 你 很 漂 亮 (Nǐ hěn piào liàng).

Contoh kalimat bahasa Mandarin cantik:

她很漂亮
(Tā hěn piàoliang)
Dia sangat cantik.

美丽的 (Měilì de)

bahasa-mandarin-cantik
Photo by John from Pexels

Kamu pasti nggak asing dong dengan nama Mei-mei, salah satu karakter perempuan keturunan Tionghoa di kartun Upin dan Ipin? Dalam bahasa Mandarin, kata 美美 (Měiměi) sendiri memiliki arti “cantik”, lho. Nah, tidak jauh berbeda dengan kata měiměi, měilì de juga memiliki arti yang sama, yaitu cantik.

Kata měilì de ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatakan “cantik’ kepada seseorang.

Contoh kalimat bahasa Mandarin cantik:

美丽的女孩
(Měilì de nǚhái)
Gadis yang cantik.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

妳 太 美 丽 了(Nǐ Tài Měilìle)

bahasa-mandarin-kamu-cantik
Photo by Andrea from Pexels

Untuk mengatakan cantik dalam bahasa Mandarin, kamu juga bisa menggunakan nǐ tài měilìle. Kalimat tersebut merupakan kalimat pujian yang digunakan untuk mengungkapkan betapa cantiknya seseorang. Arti dari kalimat itu sendiri adalah “Kamu cantik sekali”.

帅 (Shuài)

cantik-bahasa-mandarin (2)
Photo from Pexels

Kosakata yang super singkat ini juga bisa digunakan untuk mengungkapkan “cantik” dalam bahasa Mandarin, lho. Bedanya, jika ungkapan sebelumnya digunakan untuk mengatakan “cantik” kepada wanita, maka ungkapan shuài ini digunakan untuk pria. Kalau dalam bahasa Indonesia, mungkin kamu bisa menyebutnya tampan atau ganteng.

Contoh kalimat bahasa Mandarin cantik:

你很帅
(Nǐ hěn shuài)
Kamu sangat tampan.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

好 美 (Hǎo měi)

cantik-dalam-bahasa-mandarin
Photo by Jonathan from Pexels

Beberapa ungkapan cantik dalam bahasa Mandarin sebelumnya, umum digunakan untuk memuji seseorang. Nah, untuk hǎoměi sendiri, biasanya digunakan untuk mengungkapkan sesuatu. Secara harfiah, kata hǎoměi dapat diartikan sebagai “sesuatu yang sangat bagus atau pemandangan yang bagus”.

Contoh kalimat bahasa Mandarin:

哇 ,好 美. 我得拍照她!
Wa, hǎoměi. Wǒ dé pāizhào!

Wah, sangat cantik. Aku harus memotretnya!

Dari penjelasan di atas, sekarang kamu bisa menggunakan kata “cantik” sesuai dengan konteksnya masing-masing, ya! Dan jangan lupa, katakan “terima kasih” apabila kamu mendapatkan pujian tersebut.

Menguasai bahasa Mandarin di era globalisasi seperti sekarang merupakan sebuah nilai plus tersendiri. Bagi kamu yang berminat belajar bahasa Mandarin bersama teachers professional dengan cara menyenangkan, Cakap adalah solusi yang tepat. Yuk, bergabung bersama kursus bahasa Mandarin online Cakap! Hanya di Cakap kamu bisa belajar bahasa dengan fleksibel secara dua arah.

Baca juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

      #SiapaCakapDiaDapat