Péng Yǒu & 5 Cara Lain Menyebut “Teman” dalam Bahasa Mandarin!

bahasa-mandarin-teman

Setiap orang biasanya memiliki teman baik atau seseorang yang selalu ada dalam kisah hidupnya. Teman tidak hanya orang asing yang kemudian menjadi dekat, seorang adik atau bahkan anggota keluarga lain, diam-diam  juga bisa menjadi teman baikmu. Dalam setiap bahasa di berbagai negara, sebutan atau panggilan untuk teman tentu berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan bahasa Mandarin? Kira-kira bahasa Mandarin-nya teman, apa saja ya?

Bahasa mandarin memiliki banyak sebutan untuk memanggil teman. Setidaknya ada 6 cara yang bisa kamu gunakan untuk memanggil temanmu. Kalau dia adalah teman baik atau sahabatmu, apa ya sebutan teman dalam bahasa Mandarin untuknya? Selengkapnya bisa kamu temukan dalam artikel berikut!

麻吉(Má Jí)

Photo from Pixabay

Mari awali sebutan teman dalam bahasa Mandarin yang biasa digunakan sebagai kosakata gaul. Bahasa Mandarin untuk menyebut teman yang pertama adalah má jí. Kosakata tersebut memiliki arti “teman akrab”. Sebutan tersebut umumnya digunakan di wilayah Taiwan untuk menyebut “teman baik’.

So, buat kamu yang ingin memanggil teman baikmu dalam bahasa gaul, kamu bisa menggunakan sebutan má jí.

朋友(Péng Yǒu)

Photo from Pixabay

Péng yǒu merupakan kosakata bahasa Mandarin yang berarti “teman”. Sebutan tersebut bisa kamu gunakan untuk menyebut teman biasa secara umum. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memperkenalkan teman-mu dalam bahasa Mandarin kepada orang lain.

Contoh:

他们是我的朋友 
(Tāmen shì wǒ de péngyǒu)
Mereka adalah teman-temanku.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

好朋友 / 好友 (Hǎo Péng Yǒu/ Hǎo Yǒu)

teman-bahasa-mandarin
Photo from Pexels

Jika kamu bertanya, apa ya bahasa Mandarin untuk menyebut teman baik? Maka hǎo péng yǒu adalah jawabannya. Secara harfiah, ungkapan hǎo péng yǒu memiliki arti teman terbaik.

Sebutan ini cocok untuk teman yang kamu anggap sebagai teman terbaikmu. Atau sebagai alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan kata 好友 (hǎo yǒu).

Contoh:

他永远是你最好的朋友
(Tā yǒngyuǎn shì nǐ zuì hǎo de péngyǒu)
Dia akan selalu menjadi teman terbaikmu.

哥儿们 (Gē’ er men)

Photo from Unsplash

Selanjutnya ada gē’ er men. Bahasa Mandarin untuk menyebut teman yang satu ini memiliki arti sobat. Kata sobat sendiri merupakan ragam cakapan dari kata sahabat (yang karib). Sebutan tersebut biasanya digunakan untuk menyapa antar teman laki-laki yang sangat akrab. 

Contoh:

哥儿们, 这是你的机会!
Gē’ermen, zhè shì nǐ de jīhuì!
Sobat, ini adalah kesempatanmu!

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

老兄/兄弟(Lǎo Xiōng/ Xiōng Dì)

Photo from Unsplash

Lǎo xiōng merupakan kosakata bahasa Mandarin teman yang memiliki arti hampir sama dengan gē’ er men. Lǎo xiōng dan xiōng dì secara berturut-turut memiliki arti “sobat” atau “saudara”.

Secara umum, sebutan tersebut digunakan antara dua laki-laki yang memiliki hubungan persahabatan yang sangat akrab dan kental.

Contoh:

老兄, 你能陪我吗?
Lǎoxiōng, nǐ néng péi wǒ ma?
Sobat/saudara, bisakah kamu menemaniku?

闺蜜(Guī Mì)

Photo from Pixabay

Nah, yang terakhir namun tak kalah penting ada guī mì. Guī mì merupakan sebutan teman dalam bahasa Mandarin yang digunakan untuk menyebut teman yang sangat akrab. 

Jika sebelumnya ada gē’ er men dan lǎo xiōng yang digunakan khusus untuk menyebut teman baik antar lelaki saja, maka lain halnya dengan guī mì. Guī mì bisa digunakan sebagai sebutan bahasa Mandarin teman atau sahabat yang sangat akrab antar dua wanita atau wanita dan pria.

Contoh:

从很久以前, 她是我的闺蜜好友.
Cóng hěnjiǔ yǐqián, tā shì wǒ de guīmì hǎoyǒu.
Dia adalah sahabat baikku dari dulu.

Gimana? Sekarang kamu sudah tahukan berbagai cara menyebut teman dan teman dekat dalam bahasa Mandarin? Dari enam sebutan di atas, kamu bisa menentukan sebutan mana yang paling cocok untuk menyebut teman-teman di sekitarmu!

Belajar bahasa Mandarin merupakan sesuatu yang sangat seru dan menyenangkan. Selain banyak kosakata dan ungkapan yang bisa digunakan, ada juga banyak materi lain yang bisa kamu pelajari. Yuk, makin hebat dan lancar berbahasa Mandarin bareng kursus bahasa Mandarin online di Cakap! Hanya di Cakap kamu akan menemukan kesan pembelajaran yang mudah dan fun bersama teachers-teachers professional.

Baca Juga:

 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

      #SiapaCakapDiaDapat