Gāo xìng dan 5 Ungkapan “Senang” dalam Bahasa Mandarin Lainnya

senang-bahasa-manadarin

Sedih dan bahagia merupakan dua kata sifat yang berlawanan artinya. Kedua kata tersebut menggambarkan konteks dan situasi yang sangat berbeda. Setelah sebelumnya belajar tentang kosakata dan ungkapan sedih dalam bahasa Mandarin, kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatakan bahagia atau senang dalam bahasa Mandarin.

Untuk menyatakan ekspresi senang dalam bahasa Mandarin, kamu bisa memilih satu dari enam kosakata bahasa Mandarin berikut ini!

高兴 (Gāo xìng)

bahasa-mandarin-senang
Photo by Alena from Pexels

Kosakata senang dalam bahasa Mandarin yang pertama adalah gāo xìng. Secara harfiah, ungkapan tersebut memiliki arti senang, gembira, dan riang. Biasanya digunakan untuk menggambarkan rasa senang atau bahagia sesaat. Gāo xìng juga bisa digunakan sebagai kosakata untuk menyatakan “senang” dalam bahasa Mandarinnya ungkapan “senang bertemu denganmu”.

Contoh: 
很高兴认识你 
(
Hěn gāoxìng rènshí nǐ).
Senang berkenalan dengan Anda.

我们在游乐园玩得十分高兴!
Wǒ men zài yóu lè yuán wán dé shí fèn gāo xìng!
Kami bermain dengan senang di taman bermain! 

快乐 (Kuài lè)

Photo by Julia from Pexels

Selanjutnya ada kuài lè. Selain memriliki arti gembira, bahagia, kebahagiaan, dan riang, kuài lè merupakan ungkapan senang dalam bahasa Mandarin yang juga bisa digunakan untuk mendoakan kebahagiaan orang dalam sebuah perayaan atau festival.

Contoh:

快乐能使人健康长寿。
Kuài lè néng shǐ rén jiàn kāng cháng shòu.
Kebahagiaan dapat membuat kita menjadi sehat dan umur panjang.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

开心 (Kāi xīn)

Photo by Matthias from Pexels

Dua kata yang membentuk kosakata kāi xīn memiliki arti masing-masing. Kāi berarti “terbuka” dan xīn yang berarti “hati”. Jika, dua kata tersebut digabungkan maka akan menjadi “hati terbuka”. Ungkapan senang dalam bahasa Mandarin yang satu ini lebih umum digunakan untuk menggambarkan keadaan pikiran atau karakter yang bahagia. Contoh sederhananya adalah kalimat “Aku sangat bahagia” atau “Dia sangat bahagia”.

Contoh:

丽丽开心地收下爸爸送的礼物!
Lìlì kāi xīn dì shōu xià bà ba sòng de lǐ wù.
Lili dengan senang menerima hadiah dari ayah.

幸福 (Xìng fú)

senang-bahasa-mandarin
Photo by Andrea from Pexels

Xìng fú digunakan sebagai ungkapan senang bahasa Mandarin yang menggambarkan kebahagiaan dalam waktu lama. Rasa senang yang diungkapkan dengan kosakata ini berarti bahwa rasa senang tersebut berkelanjutan. Xìng fú juga bisa berarti memberkati.

Contoh:
如果你成功了,妈妈会很幸福
(
Rúguǒ nǐ chénggōngle, Māmā huì hěn xìngfú).
Jika kamu sukses, mama akan senang.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

欢喜 (Huān xǐ)

Photo by Sam from Pexels

Ungkapan senang bahasa Mandarin selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah huān xǐ.  Huān xǐ sendiri memiliki arti senang atau sukacita. Saat hati kamu merasa sangat bahagia dan girang, maka ungkapan yang tepat untuk digunakan adalah  huān xǐ.

Contoh:
他很欢喜听到这个消息.
(
Tā hěn huānxǐ tīng dào zhège xiāoxī).
Dia senang mendengar berita itu.

双喜 (Shuāng xǐ)

Photo by Asya from Pexels

Last but not least, ada shuāng xǐ. Ungkapan senang dalam bahasa Mandarin ini digunakan untuk mengungkapkan kebahagiaan yang berlipat ganda. Jadi, jika kamu merasa sangat bahagia hingga berkali-kali lipat dibanding biasanya, ungkapan senang bahasa Mandarin yang bisa kamu ucapkan adalah shuāng xǐ.

Wah, bahasa Mandarin cukup kaya akan kosakata ya, Sobat Cakap. Untuk menggambarkan perasaan bahagia atau senang dalam bahasa Mandarin saja, kamu bisa menggunakan banyak pilihan kosakata.

Belajar bahasa baru adalah hal yang sangat menyenangkan, terlebih jika kamu belajar bersama orang yang tepat di tempat yang tepat. Cakap adalah jawaban dan solusi buat kamu yang ingin belajar bahasa asing, seperti bahasa Mandarin. Kursus bahasa Mandarin online Cakap menghadirkan teacher-teacher professional dengan kurikulum pembelajaran yang cocok untuk para muridnya. So what are you waiting for? Daftar Cakap sekarang!

Baca Juga: