Arti How Are You dan Jawabannya Selain I’m Fine yang Anti Mainstream

apa arti how are you

How are you adalah kalimat pertanyaan yang pasti akan kamu temui dalam sebuah percakapan bahasa Inggris. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan dasar ketika bertemu dengan seseorang.

Namun begitu, masih banyak lho yang belum tahu apa arti how are you dan bagaimana cara menjawabnya. Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa arti how are you!

Daftar Isi

1. Apa Arti How Are You?

How are you artinya adalah ‘apa kabarmu’ dalam bahasa Inggris. Pertanyaan yang kerap dianggap basa-basi ini umumnya dilontarkan ketika bertemu dengan seseorang. Jika kamu berada di luar negeri, kamu akan sering mendengar pertanyaan ini.

2. Penggunaan Kata How Are You

How are you berfungsi menanyakan kabarmu secara personal, seperti kondisi emosionalmu. Sedangkan how are you doing cenderung menanyakan kabar di sekitarmu, seperti aktivitasmu selama satu hari. How are you doing juga biasa dipakai ketika bertemu teman yang sudah lama tak berjumpa.

3. Cara Lain Mengatakan How Are You

Selain how are you, ada pula how are you doing. Keduanya memiliki maksud yang sama yakni menanyakan kabar dalam bahasa Inggris, namun fungsinya berbeda. Keduanya dibedakan oleh konteks percakapan antara kamu dengan lawan bicaramu.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kalimat what’s up. Kalimat ini lebih pas digunakan untuk informal greeting seperti untuk teman atau pun keluarga dekat yang sebaya. 

Baca juga: Cara Terbaik Bilang ‘Bodo Amat’ dalam Bahasa Inggris

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis Cakap Club 14 Hari

4. Jawaban dari How Are You

Ketika seseorang menanyakan how are you padamu, mungkin yang terlintas di otak pertama kali adalah i’m okay. Padahal, masih ada banyak kosakata Bahasa Inggris yang dapat menjawab pertanyaan ini, seperti berikut:

I’m Fine

I’m fine merupakan respon dari pertanyaan how are you yang paling umum diucapkan ketika kamu baik-baik saja. Kamu juga dapat mempersingkatnya menjadi ‘fine’  dan tetap memiliki arti yang sama. Berikut contoh kalimatnya:

Lizzie: How are you, Rudy? (Apa kabarmu, Rudy?)

Rudy: I’m fine, thank you. (Aku baik-baik saja)

Very Well

Ketika kamu sedang merasa bersemangat, kamu bisa menjawab dengan very well. Jawaban dari how are you ini memiliki arti sangat baik. Berikut contoh kalimatnya:

Lizzie: How are you, Rudy? (Apa kabarmu, Rudy?)

Rudy: Very well. How about you? (Sangat baik, bagaimana denganmu?)

Lizzie: Me too. (Aku juga)

I’m Great

I’m great merupakan respon yang artinya tidak jauh berbeda dengan very well. Bedanya hanya kesan yang ditimbulkan ketika kamu mengucapkannya di mana akan terlihat lebih antusias atau bersemangat. Berikut contoh kalimatnya:

Lizzie: How are you today, Rudy? (Apa kabarmu hari ini, Rudy?)

Rudy: I’m great. How about you? (Kabar baik, bagaimana denganmu?)

Lizzie: Me too. (Aku juga)

Baca juga: Apa itu Interjection dan Fungsinya dalam Sebuah Kalimat?

Psst, Ini Cara Mudah Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

Not Bad

Berbeda dari jawaban untuk how are you sebelumnya, not bad memiliki arti ‘lumayan’ atau ‘tidak buruk’. Kamu dapat menggunakannya ketika kabarmu berada diantara baik dan buruk. Berikut contoh kalimatnya:

Lizzie: How are you today, Rudy? (Apa kabarmu hari ini, Rudy?)

Rudy: Not bad. How about you? (Lumayan lah, bagaimana denganmu?)

Lizzie: I’m great. (Kabar baik)

So-so

So-so memiliki arti yang sama dengan not bad, tidak terlalu baik dan tidak terlalu buruk. 

I’m Hanging in There

Ketika kamu masih bertahan di hari yang berat dan melelahkan, kamu dapat menggunakan frasa ini saat temanmu bertanya apa kabarmu. 

I’ve Been Better

I’ve been better dapat kamu ucapkan ketika kamu keadaanmu sedang tidak baik-baik saja. Secara harfiah I’ve been better memiliki arti ‘aku pernah lebih baik’. Ketika kamu menjawab dengan frasa ini, bersiaplah untuk bercerita.

Selain itu, jika kamu sedang dalam keadaan sakit, kamu bisa menjawab dengan variasi bahasa Inggris sakit yang bisa kamu pelajari di sini: Wajib Tahu! 3 Cara Menyatakan Sakit dalam Bahasa Inggris

Itu dia penjelasan mengenai apa arti how are you serta jawaban dari how are you. Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu, kamu bisa daftar kursus Bahasa Inggris di Cakap. Dengan kelas yang relatif singkat, kamu dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris tanpa mengganggu rutinitasmu.

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 4+ years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat